STUDI
KELAKAYAKAN BISNIS BROSS HANDMADE BONAMANA
COLLECTION
Makalah
Disusun
guna memenuhi tugas UAS
Mata
kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen
Pengampu : Danang Kurniawan, SE.MM
Disusun
oleh:
Ema
Rokhmawati (212 464)
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH
DAN EKONOMI ISLAM/ MBS
TAHUN 2015
BAB l
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Semakin tingginya angka pengangguran di Indonesia
selain karena kualitas sumber daya manusianya yang rendah juga disebabkan lebih
sedikitnya jumlah lapangan pekerjaan dibandingkan jumlah tenaga kerja yang ada.
Untuk mengantisipasi masalah tersebut sebagai
mahasiswa saya berpikir bahwa sudah saatnya setiap mahasiswa sudah harus
mempersiapkan diri dari dini. Tidak ada salahnya menjadi mahasiswa sekaligus
pengusaha, walaupun berskala kecil. saya berencana untuk membuat suatu usaha
yang saya yakin memiliki prospek yang cerah nantinya yaitu usaha aksesoris
bross handmade.
Wanita atau remaja putri memang selalu ingin tampil
mempesona, modis dan cantik setiap suasana. Salah satunya yaitu dengan
pemakaian aksesoris-aksesoris yang trendi dan kelihatan menarik. Aksesoris
sifatnya hanya sebagai penunjang busana bagi wanita, akan tetapi menjadi sangat
penting ketika wanita yang memakainya.
Apa lagi sekarang sudah banyak orang yang berhijab,
trand hijabers juga semakin berkembang dengan pesat. model hijab dijaman
sekarang juga bermacam-macam dan cantik, tidak seperti jaman dahulu yang
modelnya itu-itu saja. Dan bross handmade ini, dengan berbagai model, warna dan
bahan ini bisa mempercantik krudung yang mereka pakai.
Konsumen produk bross handmade ini sudah bisa
ditebak, kebanyakan adalah para pelajar, mahasiswi, maupun para orang-orang
dewasa yang tentunya berhijab. Sehingga sasaran utama saya yang khususnya di tujukan ke para wanita
ini adalah para pelajar dan mahasiswa yang dominan cenderung ingin memakai
berbagai macam bross yang tidak biasa.
Untuk menjaga kelangsungan bisnis seperti ini, saya
harus selalu mencoba untuk menghasilkan desain bross dengan kreatifitas baru
dan unik. Sehingga para konsumen tidak cepat bosan dengan produk yang di
hasilkan. Disamping itu untuk menjalankan bisnis bross handmade, sebaiknya kita
jeli melihat minat pasar untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk yang
desainnya selalu mengikuti model baru.
Usaha penjualan bross handmade yang merupakan
peluang usaha yang menarik dikembangkan. Walaupun usaha ini sudah cukup banyak
namun tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan berhasil dengan didukung desain
yang unik dan bahan yang berkwalitas produk ini dapat bersaing dengan produk
yang ada diluaran sana.
BAB ll
ASPEKMANAJEMEN, YUDIRIS, DAN SUMBER
DAYA MANUSIA
A.
Nama
Unit Usaha
Unit
usaha ini diberi nama “BONAMANA Collection”
Nama
organisasi : Bonamana Collection
Jenis
organisasi : ini merupakan bisnis rumahan
Pemilik
: Ema rahmawati
Alamat
: jln. Sulatan fatah no 11 demak
(depan alun-alun demak)
Nomor telp : 089671972766
B.
Legalitas
usaha
Dari segi legalitas usaha, beberapa dokumen badan
hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang
dilaksanakan berjalan lancar dikemudian hari adalah:
a. Badan
hukum
Karna
BONAMANA hanya sekedar toko yang sifatnya merupakan usaha sendiri dengan modal
sendiri , jadi BONAMANA tidak mempunyai badan hukum
b. Tanda
daftar usaha dan surat ijin usaha
Wajib
daftar perusahaan, perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan
setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta
berkedudukan dalam wilayah negara indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan
/ laba.
Bonamana
memiliki ijin usaha berupa surat ijin peusahaan (SIUP) dengan nomor:
994/04.05/PK/X2015 dan tanda daftar perusahaan (TDP) Nomor: 11.04.5.94.00766
c. NPWP
Sebagai
unit bisnis, saya juga mendaftarkan nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas aktiva
usaha saya ke departemen perpajakan setempat. NPWP merupakan nomor yang
diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang
dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam
melaksakan hak dan kewajiban perpajakan.
Adapun
NPWP BONAMANA collection adalah : 04.667.978.1.406.001
d. Ijin
Domisili dan IMB
Karna
BONAMANA Collection tidak mendirikan bangunan secara khusus, melainkan menyewa bangunan
untuk usaha jadi BONAMANA tidak memerlukan ijin domisili maupun IMB.
e. Bukti
Diri
Karna
BONAMANA Collection merupakan usaha yang baru berdiri dan merupakan usaha yang
berskala kecil jadi tidak memerlukan bukti diri dengan membuat akte ke notaris.
C.
Organisasi
a. Badan
organisasi
Untuk
masalah badan organisasi tidak memerlukan bagan organisasi yang rumit, karna
badan organisasi di toko BONAMANA ini
hanya sebatas pemilik dan karyawan nya.
b. Tingkat
jabatan
- Pemilik bisa
merangkap sebagai manajer
- karyawan
D.
Personalia
a. Kebutuhan
tenaga kerja
Agar
kegiatan usaha berjalan dengan baik, maka BONAMANA memerlukan tenaga kerja dan
tingkat kebutuhan sebagai berikut:
1. Penjaga
toko 1 orang
2. Staf
produksi 5 orang
Jumlah 6 orang
b. Tingka
balas jasa
Tingkat balas jasa berupa gaji,
jenjang karir, training, dan memberikan THR pada saat lebaran.
BAB lll
ASPEK PEMASARAN
A.
Segmentasi,
targeting, dan positioning
a. Segmentasi
Yang
menjadi segmen dari bonamana adalah semua elemen masyarakat yang ada di daerah
demak.
b. Targeting
Target
pemasarannya yaitu semua golongan usia mulai dari anak-anak, sampai orang tua,
tapi saya lebih berfokus pada anak-anak muda. Sasaran saya adalah para pelajar
dan mahasiswa yang mempunyai perekonomian menengah kebawah sampai menengah
keatas, jadi mencakup semua golongan ekonomi mengingat produk saya mempunyai
harga yang variatif dari yang murah sampai yang mahal.
c. Positioning
Saya
ingin menciptakan image atau citra sebagai toko yang memiliki kualitas dan mutu
yang baik, tidak hanya itu saya juga ingin menciptakan citra terhadap
masyarakat bahwa barang- barang yang saya produksi mempunyai harga yang bisa
dijangkau semua kalangan.
B.
Permintaan
a. Perkembangan
permintaan saat ini
Semakin
pesatnya perkembangan fashion hijabers pada saat ini berpengaruh pada minat masyarakat
terhadap aksesoris-aksesoris hijab. Bayak masyarakat terutama bagi wanita yang
berhijab mereka berlomba-lomba agar terlihat cantik dengan hijabnya. Karna itu
minat kaum wanita yang berhijab terhadap aksesoris ini sangat tinggi.
b. Prospek
permintaan dimasa yang akan datang
Melihat
begitu pesatnya perkembangan fashion hijaber pada saat ini, peluang untuk bross
ini mempunyai peluang yang menjajikan. Banyak sekali permintaan akan
produk-produk yang unik dan berkualitas dengan harga yang terjangkau, Dan karna
ini merupakan produk handmade jadi modelnya tidak sama dengan yang beredar yang
disaran, jadi ini menambah nilai plus untuk produk ini, karena beda denga yang
lain.
C.
Penawaran
a. Perkembangan
penawaran saat ini
Perkembangan
penawaran disektor ini, khususnya pada aksesoris hijab tersebar disemua wilayah
indonesia. Mulai dari paasar, mall, toko semuanya memiliki produk yang serupa.
Tetapi dengan inovasi-inovasi dan ide-ide yang kreatif dari saya, dan dengan
memberikan kualitas yang bermutu dengan harga yang terjangkau BONAMANA
Collection optimis untuk dapat memberikan penawaran yang terbaik dibanding
dengan toko-toko yang lain yang ada diwilayah-wilayah lain khususnya di demak.
b. Prospek
penawaran dimasa yang akan datang
Mengingta
adanya peluang yang cukup menjanjikan dalam usaha bisnis ini pada masa yang
akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan
manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif maupun lebih
kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang
memberikan kemudahan bagi penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi atau
sebatas bertukar informasi penawaran yang inovatif untuk menarik konsumen.
D.
Analisis
kelayakan pemasaran
Dalam
melakukan analisis permintaan, saya menggunakan model matrik pembobotan
berskala 1-5
Keterangan
:
Sangat
lemah : 1
Lemah : 2
Sedang : 3
Kuat : 4
Sangat
kuat : 5
No
|
Item
yang dinilai
|
Kriteria
penilaian
|
||||
Sangat
lemah
|
lemah
|
sedang
|
kuat
|
Sangat
kuat
|
||
1
|
SDM
|
ü
|
||||
2
|
Pesaing
|
ü
|
||||
3
|
Konsumen
|
ü
|
||||
4
|
Teknologi
|
ü
|
||||
5
|
Model
/ tren
|
ü
|
||||
6
|
Harga
|
ü
|
||||
7
|
Promosi
|
ü
|
||||
8
|
Mutu
produk
|
ü
|
||||
9
|
Lingkungan
bisnis
|
|||||
10
|
Bahan
baku
|
ü
|
||||
11
|
Rencana
pemasaran
|
ü
|
||||
12
|
Margin
laba
|
ü
|
||||
13
|
Ketersediaan
Modal
|
ü
|
||||
14
|
Pangsa
pasar
|
ü
|
||||
Total
Bobot
|
0
|
0
|
6
|
21
|
20
|
Interval = nilai tertinggi dari
interval – nilai terendah interval
Jumlah
kelas
=
=
0,8
1,00-1,80
= sangat tidak layal
1,81-2,60
= tidak layak
2,61-3,40
= sedang
3,41-4,20
= layak
4,21-5,00
= sangat layak
Untuk
mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan
rumus :
Kelayakan
usaha =
=
= 3,35
Berdasarkan
hasil yang diperoleh sebesar 3,35 maka usaha Bonamana dari sisi pemasaran
dikatakan layak karena masuk pada range 3,41- 4,20.
E.
Program
pemasaran
a. Tingkat
pelayanan
Kepuasan
pelanggan sangat ditentukan oleh bagaimana kita memberikan pelayanan yang
memenuhi harapan mereka, dengan prinsip “ costomer is the king ‘n Queen”
karyawan dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik yang dapat memenuhi
harapan costomer.
b. Penetapan
harga
Penetapan
harga yang akan saya lakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat
kesulitan pembuatan dan bahan apa saja yang dipakai. Adapun kisaran harganya
yaitu mulai dari Rp.5.000 sampai ratusan ribu rupiah.
c. Pelayan
pembelian lewat online
Karna
Bonamana Collection juga membuka pesanan secara online, jadi para konsumen yang
tinggalnya diluar kota demak juga bisa memesan secara online dengan berkunjung
di sosial media yang Bonamana buat, misalnya di FB, Twitter, web dan lainnya.
d. Membership
atau Dropship
Yaitu
pembeli atau pelanggan yang melakukan pendaftaran untuk menjadi member Bonamana
Colletion. Beberapa kelebihan menjadi member adalah mendapatkan diskon 10%
setiap pembelian minimal 10 pcs. Dan untuk dropship akan mendapatka potongan
harga setiap pembelian satu lusin model, ini menguntungkan sekali karna dapat
dijual kembali oleh member. Jadi member bisa juga menjadi reseller produk kami
dengan potongan harga yang ditentukan pada setiap reseller.
e. Kegiatan
promosi
Beberapa
kegiatan promosi yang akan dilakukan adalah dengan brosur-brosur dan
sejenisnya. Tapi mengingat perkembangan media sosial yang sangat pesat, saya
akan menfokuskan kegiatan promosi secara on line melalui Facebook, Twitter, BBM
dan WEB.
f. Kegiatan
distribusi
Untuk
kegiatan distribusi saya tidak prlu kendaraan atau apapun, karna tempat
pembuatannya terletak jadi satu ditoko, jadi setelah barang jadi langsung
ditata ditoko ddan sisanya disimpan digudang.
BAB IV
ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI
A.
Rencana
pengembangan
a. Evaluasi
lokasi
Lokasi yang saya pilih
untuk mendirikan usaha ini yaitu terletak di jln. Sulatan
fatah no 11 demak (depan alun-alun demak).
b. Sarana
dan prasarana
Sarana yang akan saya
gunakan untuk menunjang kegiatan usaha saya adalah dengan menfaatkan barang
yang ada ditoko dengan semaksimal mungkin. Karna Bonamana merupaka toko yang
berskala kecil mungkin barang-barang yang bisa dimanffatkan yaitu barang-barang
sederhana misalnya TV, kipas angin, meja,kursi dll.
Sedangkan untuk
prasarananya saya menggunakan gedung seluas 5x10 meter.
c. Tenaga
ahli dan tenaga biasa
Tenaga
ahli yang saya pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha saya adalah ibu-ibu
rumah tangga atau anak muda yang memiliki keahlian dibidang menjahit atau
merancang bross.
d. Bahan-bahan
utama
Bahan
utama yang digunakan dalam menjalankan bisnis ini yaitu berbagai macam produk
yang ada ditoko bahan matrial kain atau paied-paiaed. Dengan bahan yang
berkualitas sedang sampai bahan-bahan yang berkualitas tinggi.
e. Bangunan
dan tata letak bangunan
Berkaitan
dengan bangunan yang digunakan untuk usaha ini yaitu sebuah ruko yang berukuran
5x10 meter yang terletak di jln.Sulatan fatah no 11 demak (depan alun-alun
demak). Bentuk bangunan dibentuk dengan 2 ruang yang terpisah yang depan untuk
memajang barang-barang yang telah kami produksi, sedangkan dibagian belakang
yaitu untuk tempat para karyawan bekerja membuat bross.
f. Jadwal
pelaksanaan
BONAMANA Collection
akan memproduksi barang-barnang yang akan dijual dan diperkenalkan pada konsumen
atau masyarakat mulai tanggal 17 juni 2015. Dan akan mulai operasional
penjualannya pada saat setelah lebaran yaitu pada tanggal 27 juli 2015.
B.
Rencana
pengoprasian usaha
a. Proses
operasi usaha
Proses
operasi usaha meliputi rencana penjualan, rencana persediaan barang atau
produk, penjadwalan pegawai dan sistem penggajian, pengawasan kualitas, dan
pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
b. Kebutuhan
bahan operasi
Kebutuhan
bahan operasi Bonamana Collection dikelola oleh masing-masing bagian dan
nantinya dikoordinasikan denga seya selaku pemilik usaha mengenai kebutuhan
bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk, model produk, kualitas
produk serta kegiatan pemasaran.
c. Kegiatan
perawatan mesin
Karna
saya bergerak di bidang bisnis bross handmade yang semua kegiatan produksi
dilakuan denga cara manual, jadi saya tidak mempunyai mesin yang memerlukan
perawatan khusu. Haya saja cukup
menyimpan barang dengan baik agar tidak terkena debu dan berkarat.
BAB V
ASPEK KEUANGAN
A.
Kebutuhan
dana investasi
a. Dana
aktiva tetap
No
|
Jenis
|
jumlah
|
harga
|
1
|
Rak
|
2
|
140.000
|
2
|
Lem
tembak
|
5
|
175.000
|
3
|
Gunting
|
5
|
30.000
|
4
|
Wadah
mote-mote
|
6
|
180.000
|
5
|
Jarum
|
1
wadah
|
5.000
|
Total
|
530.000
|
b. Biaya
produksi per bulan
Karna
ini merupakan produk handmade, jadi untuk pembilian bahan bakunya dilakukan
sebulan sekali dengan rincian:
Renda 80 meter
700.000
Renda bunga putih 2
50.000
Mutiara 10 warna 450.000
Pita 10 warna 270.000
Peniti bross 10 pak 100.000
Benang 10 warna 25.000
Bunga varias
250.000
Mata-mata 10 pak 75.000
Kain satin 12 warna 300.000
Kain kertas 10 meter 100.000
kain kaca 12 meter
300.000
Kain branjangwarna 150.000
Plastik
kemasan 10 pak 50.000
+
Rp. 3.020.000
c. Biaya
operasional per bulan
Biaya bahan baku Rp. 3.020.000
Gaji karyawan Rp. 5.400.000
Internet dan prommosi Rp.
100.000
Jadi total biaya
operasional per bulan yaitu Rp. 8.120.000
d. Modal
kerja
Biaya aktiva tetap Rp.530.000
Biaya bahan baku Rp. 3.020.000
Gaji karyawan Rp. 5.400.000
Internet, listrik dan
promosi Rp.100.000
Sewa gedung 1 tahun Rp.6.000.000
Jadi total kebutuhan
dana adalah Rp. 14.650.000
B.
Struktur
pembiayaan ( sumber dana )
a. Modal
sendiri
Modal sendiri = 14.650.000
C.
Proyeksi
keuangan
a. Proyeksi
pendapatan
Ø Pendapatan
per Rp. 560.000
Ø Pendapatan
per bulan Rp. 16.800.000
Ø Pendapatan
per tahun Rp. 201.600.000
b. Proyeksi
biaya per tahun
Ø Pengadaan
barang dagang Rp.36.240.000
Ø Gaji
karyawan Rp.64.800.000
Ø Biaya
listrik
Rp.1.200.000
Ø Perlengkapan
kebersihan Rp.50.000
Ø Sewa
bangunan Rp.6.000.000
Jumlah Rp.
108.290.000
c. Proyeksi
tugi / laba
Investasi Rp.14.650.000
Pendapatan Rp.201.600.000
Biaya operasional Rp.108.290.000
Pajak Rp.10.080.000
Aliran kas bersih
d.
Penilaian
kelayakan investasi
·
Metode payback period
Akhir
tahun ke
|
Aliran
kas masuk
|
Investasi
awal
|
Sisa
investasi
|
0
|
-
|
14.650.000
|
14.650.000
|
1
|
104.160.000
|
14.650.000
|
0
|
Jadi
investasi akan kembali dalam watu kurang dari setahun atau lebih tepatnya
investasi akan kembali dalam waktu sebulan.
·
Metode Average Rate of
Return (ARR)
AAR = Rata-rata net cash flow /
investasi
ARR = 104.160.000 / 14.600.000
ARR = 7,10
Investasi layak diterima karna nilai Average Rate of
Return (ARR) nya lebih besar dari 0 atau 7,10 %
BAB Vl
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
A.
Penambahan
devisa
Tidak adanya investasi dalam bisnis ini, karna saya
menggunakan modal sendiri jadi bisnis ini tidak membawa dampak terhadap devisa
negara. Hanya saja pendapatan pemerintah bisa meningkat melalui pajak
penghasilan yang harus dibayarkan oleh Bonamana.
B.
Penyerapan
tenaga kerja
Usaha bonamana ini memberikan kontribusi terhadap
penyerapan tenaga kerja sebanyak 6 orang dan tentunya dapat memperkecil angka
pengangguran di masyarakat sekitar.
C.
Dampak
terhadap lingkungan masyarakat
a. Adanya
peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pada karyawan.
b. Adanya
lapangan pekerjaan baru.
D.
Dampak
terhadap industri lain
Bagi
usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
BAB
Vll
KESIMPULAN
A.
Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, teryata
Bonamana mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk
dijalankan, tingkat persaingan diwilayah demak yang belum terlalu kompetetitif
bahkan bisa dikatakan belum ada sebuah toko yang khusus membuat bross handmade
, memberikan peluang yang baik untuk dijadikan peluang usaha.
Peluang tersebut memberikan rasa optimis terhadap
saya untuk menjalankan usaha ini.
B.
Saran
Dalam menjalankan usaha bross handmade ini, yang
perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga stabilitas produk yang
kami buat, menjaga dan mengontrol kualitas dengan baik dan mencari segmen yang
tepat. Penentuan lokasi juga sangat berpengaruh dalam bisnis ini.
No comments:
Post a Comment