“UTAMA
FUTSAL STADIUM”
Rencana Bisnis
Disusun Guna Memenuhi Tugas UAS
Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan, SE, MM
Disusun Oleh :
Eko Setyo Utomo
212470
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH/MBS
TAHUN 2015
Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah
SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, para penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini tepat pada
waktunya. Tak lupa shalawat
berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad
SAW, yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh
dengan ilmu pengetahuan.
Adapun latar
belakang penulis membuat proposal usaha
“Utama Futsal Stadium” ini. Para Penulis ingin mengucapkan terima kasih
kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain
itu kerja sama yang baik diantara para penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah
ditentukan.
Penulis
menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang
kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya. Harapan
penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru
bagi kita semua. Amin.
Pati, 24 April 2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Meningkatnya prestasi dalam olahraga merupakan sebuah
fenomena yang menarik bagi masyarakat dan pecinta olahraga. Pencapaian prestasi
olahraga yang baik perlu didukung oleh adanya prasarana dan sarana yang
menunjang. Untuk itu perlu adanya persiapan dana yang cukup besar guna mencapai
prestasi yang maksimal. Selain daripada itu peningkatan prestasi olahraga tidak
hanya di dukung oleh adanya dana, namun perlu adanya pelatihan secara rutin
dari tingkat SD hingga SMA bahkan jika perlu intensitas penyelenggaraan
kejuaraan / even – even kegiatan di daerah lebih ditingkatkan. Hal ini
belum cukup namun perlu adanya perhatian dan campur tangan pihak pemerintah.
Maka dari itu tepatlah kiranya bila pemerintah mencanangkan program yang
berbunyi “Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat.“
Pencanangan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali semangat dalam melakukan
olahraga. Selain itu juga dapat digunakan untuk menggali potensi yang ada dan
tersebar di seluruh wilayah nusantara pada umumnya dan di kota Samarinda
khususnya.
Di Indonesia olahraga Futsal saat ini sangat digemari oleh
semua kalangan masyarakat dari mulai usia anak-anak, dewasa hingga orang tua.
Keterbatasan lapangan sepak bola di Indonesia, di sisi lain minat masyarakat
akan olahraga bola semakin meningkat, Hal ini mengakibatkan terjadinya
kesenjangan antara ketersediaan lapangan bola dengan permintaan dari para
pengguna lapangan olahraga bola.
Lapangan Futsal hadir untuk menjembatani kesenjangan
tersebut, bahkan di tahun-tahun terakhir ini olahraga futsal sangat booming di
Indonesia dan tentunya memberikan konstribusi keuntungan yang menggiurkan bagi
mereka yang berada di bisnis ini sebagai Pemilik Lapangan Futsal. Sehingga kami
memutuskan mendirikan sebuah lapangan futsal dengan keistimewaan lapangan
rumput sintetis dan lapangan biasa yang kami namakan “Utama Futsal
Stadium”.
Futsal
mulai digemari sekitar tahun 2005 meski sejak tahun 1999 hingga 2000 sudah
mulai banyak dirintis. Futsal dapat dikatakan sebagai sepak bola mini sebab
meski aturan permainan hampir sama dengan sepak bola, namun lapangan yang
digunakan lebih kecil dan pemainnya lebih sedikit. Bagi masyarakat yang tinggal
diperkotaan sulit mendapatkan lapangan cukup luas untuk bermain bola, futsal
dirasa dapat menjadi alternatif olahraga yang tepat. Tak heran bila futsal
tidak hanya digemari dari kalangan pelajar, mahasiswa, tapi juga karyawan dan
selebritis. Olahraga mampu menghilangkan stress mulai banyak dipertandingkan,
baik secara lokal, regional maupun tingkat dunia.
Dalam pembuatan Arena Futsal, kami mempunyai kompetensi
khusus dalam pelayanan terhadap konsumen. Kita akan membentuk anggota
club futsal yang anggotanya adalah pelanggan. Setiap tiga bulan diadakan
pertandingan antar anggota club. Apabila berjalan dengan lancar, maka skop
pertandingan akan ditingkatkan mencakup pertandingan tingkat propinsi.
Selain itu kami juga menyediakan kartu member untuk menarik
para pelanggan kami dan akan diberi discount sebesar 10%. Tentu kami berharap
dari sepak bola mini ini, akan hadir generasi penerus bangsa yang dapat
mengharumkan nama Indonesia di kancah sepakbola internasional.
1.2 Visi dan Misi
Visi
: Membentuk anak-anak muda yang berkarakter, bermental kuat, berjiwa sportif
dalam suasana kebersamaaan dalam rangka meraih prestasi tinggi. Menjadikan
olahraga futsal sebagai pelayanan olahraga yang membawa dampak positif buat
banyak orang.
Misi:
Ø Adanya saling mendukung di pelayanan
futsal
Ø Menjadikan komunitas futsal sebagai
keluarga
Ø Menjadikan arena futsal berskala
nasional
Ø Menjalin persaudaraan yang kokoh di
antara anggota club
Ø Menerapkan mode pelatihan futsal
yang baik dan terarah
Ø Memajukan futsal sebagai penyalur
hobi yang baik
Ø Mempunyai perusahaan futsal
1.3 Tujuan
Studi
ini dimaksudkan untuk menganalisa secara jelas dan detail semua aspek dari
segala bidang guna mencari tahu kelayakan dan manfaat bagi masyarakat dalam
usaha pendirian sebuah usaha bisnis futsal, dan mengetahui apakah bisnis ini
adalah investasi yang menguntungkan atau tidak. Tujuan dari studi kelayakan ini
adalah untuk menghindari terjadinya risiko kegagalan atau mengurangi
kemungkinan keterlanjutan investasi yang merugikan. Dan tujuan lainnya dibuat
usaha futsal ini adalah untuk penyediaan sarana olahraga dan tempat
kumpul untuk meningkatkan kesehatan dengan harga dan tempat yang mudah
dijangkau. Disamping itu dapat juga untuk menjalin silaturahmi antar divisi dan
mempererat kekeluargaan.
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Analisa Kecenderungan
Dalam kondisi pasar, ada
faktor-faktor yang berubah dalam lingkungan sekitar. Faktor-faktor yang berubah
dalam lingkungan ini bisa dilihat seperti di bawah ini :
a. Ekonomi
Kondisi
ekonomi negara akan mempengaruhi tarif yang akan ditetapkan untuk konsumen dan
juga akan mempengaruhi banyaknya konsumen yang akan menyewa lapangan. Kondisi
ekonomi berpengaruh langsung terhadap pendapatan masyarakat mengakibatkan
konsumen menyewa lapangan akan berubah, apabila ekonomi negara menurun, maka
konsumen juga akan menurun dan sebaliknya.
Dalam menanggapinya, Utama Futsal menyesuaikan
keadaan dengan kondisi yang terjadi pada saat itu. Apabila perubahan ekonomi
yang menurun dan pendapatan masyarakat ikut turun, maka harga sewa lapangan
juga ikut turun dan sebaliknya.
b. Teknologi.
Perkembangan
teknologi berpengaruh terhadap minat konsumen untuk menyewa lapangan.
Masyarakat akan mencari lebih berkembang dari yang ada. Apabila ada pemain baru
atau pesaing baru yang mempunyai peralatan yang berteknologi lebih berkembang
dari pada bisnis yang kita jalankan, maka kecenderungan akan penurunan
pendapatan, tetapi peurunan yang terjadi tidak besar, karena Utama Futsal juga akan mengikuti teknologi
perkembangan di tengah masyarakat.
c. Lingkungan
Perubahan
lingkungan juga akan mempengaruhi jumlah konsumen. Apabila cuaca buruk atau
hari hujan dan banjir, maka konsumen yang akan datang akan berkurang dan
apabila cuaca baik maka konsumen akan meningkat. Perubahan lingkungan juga
mempengaruhi kondisi fisik lapangan futsal.
2.2 Analisa kebutuhan pasar
Analisa kebutuhan pasar, data yang
diambil berdasarkan tempat yang terdapat bisnis penyewaan lapangan futsal. Data yang
diambil adalah di kota Pati yaitu Global futsal.
Dari data
tempat usaha yang ada di Kota Pati, adanya peningkatan peminat dalam
permainan futsal dari bulan ke bulan berikutnya. Peningkatan ini menunjukkan
prospek yang sangat menarik dalam bidang bisnis penyewaan lapangan futsal.
Ø Permintaan dan penawaran
Ø Permintaan dan penawaran
Data permintaan
pada penyewaan lapangan futsal.
No.
|
Bulan (2014)
|
Permintaan
/ jam
|
1.
|
Agustus
|
389
|
2.
|
September
|
409
|
3.
|
Oktober
|
370
|
4.
|
November
|
429
|
5.
|
Desember
|
498
|
Sumber : Global
Futsal
Data penawaran pada penyewaan
lapangan futsal
No.
|
Bulan (2014)
|
Penawaran
/ jam
|
1.
|
Agustus
|
372
|
2.
|
September
|
360
|
3.
|
Oktober
|
372
|
4.
|
November
|
360
|
5.
|
Desember
|
372
|
Sumber : Global
Futsal
Dari
data di atas dapat dilihat permintaan dari bisnis ini tinggi. Dapat
dilihat dari kekurangan penawaran terhadap permintaan pasar yang sangat banyak.
Sehingga bisnis
ini akan dapat berjalan hingga tahun-tahun seterusnya.
2.3 Analisis kompetitor
Dalam
pembuatan lapangan futsal di kota Samarinda, sekarang hanya ada tiga pesaing di
dalam pasar, yaitu Global Futsal dan Glory Futsal.
Nama Perusahaan Pesaing
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
Global Futsal
|
Menggunakan lapangan rumput sintetis
|
Lokasi jauh dari pusat kota/sulit dijangkau
Lapangan Standar
|
Glory Futsal
|
Menggunakan lapangan rumput sintetis
|
Daya cengkeram permukaan tidak terlalu kuat
|
2.4 Analisis SWOT
Faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap bisnis apabila adanya pesaing :
Ø Strength
Dalam mencapai profit, Utama Futsal mempunyai kelebihan-kelebihan yang
tidak kalah oleh para pebisnis penyewaan lapangan futsal yang ada seperti :
a. Utama Futsal menyewakan lapangan dengan fasilitas
yang lengkap, nyaman dan lantai tempat bermain merupakan rumput sintesis yang
belum banyak dimiliki oleh lapangan futsal ada di tempat lain.
b. Utama Futsal mempunyai anggota dalam penyewaan
lapangan sehingga kami mempunyai pelanggan tetap.
c. Kami akan mengadakan pertandingan
antar anggota, apabila berjalan lancar maka skop pertandingan akan ditingkatkan
menjadi pertandingan tingkat propinsi.
d. Utama Futsal berada pada lokasi sangat strategis
yang dilalui oleh jalur angkutan kota. serta berdiri di atas tanah yang berada
di area perkantoran, sekolah, kampus dan perumahan.
Ø Weaknesses
Kelemahan yang ditemui adalah harga tanah yang mahal di
daerah di perkotaan,
biaya pembangunan gedung, pengadaan fasilitas yang besar dan pencarian lokasi
bebas banjir.
Ø Opportunities
Kesempatan terjadi dilingkungan eksternal adalah peningkatan minat
konsumen terhadap olahraga futsal, seperti bisnis futsal di Kota Pati
yang kian hari kian bertambah. Apabila Kesempatan ini terlewatkan
maka besar kemungkinan pesaing akan memanfaatkannya.
Ø
Threath
Banyak saingan yang namanya sudah lebih populer dan dikenal konsumen terutama di Kota Pati, harga penyewaan yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan penyewaan lapangan futsal yang dapat mengurangi pembeli.
2.5 Analisa Keunggulan Bersaing
Ø Potensi
keunggulan bersaing
Utama Futsal memiliki
keunggulan bersaing. Produk/lapangan yang disewakan, kami menyewakan lapangan
dengan menggunakan rumput sintesis, tingkat kerataan yang baik, permukaan yang
tidak licin Selain itu, Player Futsal menyediakan kartu member dengan
penawaran khusus untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Harga yang
ditawarkan pun cukup bersaing. Selain itu lokasi pendirian lapangan strategis dan mudah
dijangkau, yakni terletak di kota.
Ø Kinerja yang dihasilkan
Dalam kinerja yang
dihasilkan oleh bisnis ini, diharapkan kepuasan dan loyalitas konsumen tinggi, market
share dan keunggulan yang didapatkan juga besar. Selain itu,
prospek bisnis ini ke depan sangat bagus karena minat masyarakat terhadap olah
raga tidak akan hilang.
BAB III
ASPEK TEKNIS DAN OPERASIONAL
3.1
Alat yang Digunakan
Adapun alat yang digunakan dalam pendirian Utama Futsal lapangan Futsal dengan fasilitas
yang memadai, termasuk sarana dan prasarana penunjang seperti locker &
ruang ganti, musholla, toilet, washtafel dan lapangan parkir.
Ukuran
lapangan yang diberikan :
- Ukuran: panjang 25 m x lebar 15 m.
- Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan.
- Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos.
- Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang.
- Garis penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang.
- Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
- Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m.
Lapangan berlantai biasa dan rumput sintesis agar pemain
tidak mengalami cidera saat terjatuh di lapangan dan di desain supaya pantulan
bola baik, ukuran lapangan dibuat sesuai dengan standar internasional. Lampu lapangan
di desain khusus agar lapangan terang dan nyaman untuk digunakan pada malam
hari. Selain itu, Utama Futsal Stadium menyediakan soft drink agar pemain
dengan mudah mendapatkan minuman.
Selain itu, kami juga akan membuat club futsal yang
anggotanya dari pelanggan sendiri. Tim yang terbentuk adalah anggota tetap yang
berlangganan dalam menyewa lapangan. Sehingga kami mempunyai pelanggan tetap
dalam penyewaan lapangan. Setiap enam bulan diadakan pertandingan antar tim dan
tim yang menjadi pemenang akan diberi hadiah uang tunai.
3.2 Lokasi Usaha
Lokasi untuk membuka usaha Utama Futsal Stadium adalah di jalan Panglima Sudirman No. 24 Pati.
Alasan mengapa kami memilih lokasi di daerah tersebut antara lain
karena: Lokasi yang terletak di kota, sehingga memudahkan para pelanggan
untuk mencapainya, kemudahan akses transportasi ke lokasi, dimana lokasi
tersebut cukup mudah aksesnya ditandai dengan angkutan transportasi yang dapat
digunakan untuk menuju ke lokasi. Lokasi yang dekat dengan area perkantoran, universitas,
sekolah-sekolah, dan
pemukiman masyarakat sehingga memudahkan para pegawai perkantoran dan mahasiswa juga masyarakat umum untuk dapat menikmati fasilitas permainan di Utama Futsal.
3.3. Desain Player Futsal
Konsep desain ruangan yang direncanakan dari Utama Futsal adalah
indoor dengan rumput sintetis, jaring,
alas Rumput (Backing Foundation), tiang Gawang dan karpet penyambung rumput.
3.4. Proses Bisnis
Ada
sejumlah proses bisnis yang dilaksanakan oleh Utama Futsal. Pihak eksternal yang terlibat
dalam proses bisnis di Utama Futsal adalah:
- Pelanggan/Customer. Pelanggan Player Futsal yang datang untuk berolahraga dan refreshing dari rutinitas sehari-hari.
- Dengan pihak sponsor. Pihak sponsor yang datang untuk mengadakan sebuah turnamen pertandingan.
- Pemasok/Suplier (bahan, perlengkapan dan peralatan). Perusahaan atau individu yang menyediakan bahan, peralatan, dan barang-barang untuk proses pembangunan gedung sarana dan prasarana futsal.
BAB IV
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Mengingat semakin bertambahnya minat masyarakat terhadap olahraga,
sementara sarana olah raga untuk memenuhinya terbatas, khususnya di kota
Samarinda, maka bisnis yang kami bidik adalah penyewaan lapangan futsal.
Berikut keterangan usaha yang akan dibuat.
- Profil perusahaan
Nama usaha : Utama Futsal Stadium
Nama pemilik/pimpinan usaha : Eko Setyo Utomo
Alamat kantor/tempat usaha : Jl. P.Sudirman No. 24 Pati
No. Telp
: (0295) 242424
Jam Buka :
09.00 – 23.00
- Penggunaan Lapangan Futsal
Dalam pemakaian jasa yang diberikan kepada konsumen, pihak
pengusaha menyewakan lapangan futsal dengan fasilitas futsal yang lengkap.
- Prospek pengembangan usaha dan rencana pengembangan usaha
Dalam pengembangan usaha, kita akan melakukan pembuatan
lapangan futsal
dengan fasilitas yang lebih lengkap dan harga yang kompetitif. Kita akan
melakukan pertandingan-pertandingan futsal setiap tiga bulan untuk lebih
menarik konsumen dan meningkatkan profit usaha.
Pihak usaha juga akan melakukan promosi
usaha. Dalam promosi usaha dilakukan penyebaran brosur-brosur yang disebarkan
langsung ke konsumen dan via jejaring sosial.
- Rencana penggunaan dana
Dalam realisasinya, dana yang didapat akan digunakan untuk
pembelian dan pembangunan ruangan futsal sekaligus lapangannya beserta kantor
dan pembelian inventaris kantor.
- Jangka waktu pengembalian modal.
Apabila prospek usaha berkembang dengan cepat, sesuai dengan
prediksi modal akan kembali dalam jangka waktu 21 bulan. Hanya biaya
operasional dan gaji karyawan yang dikeluarkan dari keuntungan usaha.
Karyawan yang direkrut bertugas dalam bidang penjaga dan
bidang administrasi. Dalam bidang administrasi, karyawan yang direkrut wanita
atau pria tamatan SMK jurusan akuntansi dan karyawan penjaga, merupakan pria
tamatan SLTA.
BAB V
ASPEK KEUANGAN
Pehitungan Biaya Investasi
- Biaya Sipil (Fondasi, Lantai dan dinding) Rp. 220.000.000,
- Biaya Konstruksi Tiang Baja WF dan Atap Rp. 180.000.000,-
- Biaya Lapangan Rumput sintetis dan biasa, jaring, dll Rp. 150.000.000,-
- Harga Tanah Rp. 600.000.000,-
Total
Biaya Investasi
(dibulatkan)
Rp. 1.150.000.000,-
Sumber
Modal yaitu dari orang tua.
Perhitungan
Perkiraan BEP
Estimasi
pemasukan apabila rata-rata 10 jam/hari @ Rp. 65.000,- dan Rp. 115.000.-
Total
Pemasukan Lapangan 10 jam x 180.000 x 30 hari = 54.000.000,-
Pemasukan dari Penjualan Minuman = 6.000.000,-
Total = 60.000.000,-
Pemasukan dari Penjualan Minuman = 6.000.000,-
Total = 60.000.000,-
Estimasi
Biaya :
Gaji
Pegawai 3 orang @ Rp.1.000.000,-
= 3.000.000,-
Listrik = 700.000,-
Maintenance Rumput, Bola dll = 700.000,-
Listrik = 700.000,-
Maintenance Rumput, Bola dll = 700.000,-
Telepon
/ Internet
=
500.000,-
Drink =
500.000’-
Lain-Lain
= 600.000,-
Total = 6.000.000,-
Total = 6.000.000,-
Total
Pemasukan Rp. 60.000.000,- dikurangi Biaya Rp. 6.000.000,- = Rp.
54.000.000,-/bulan
Biaya Investasi 1.150.000.000 / 54.000.000 BEP ± 21 Bulan.
Biaya Investasi 1.150.000.000 / 54.000.000 BEP ± 21 Bulan.
PBP (Pay Back Periode)
PBP = Rp 280.415.135,87 X 12 = 1,64
Rp 2.047.666.000,00
6.5 IRR (Internal Rate of Return)
BAB VI
KESIMPULAN
Berdasarkan
uraian dan analisa studi kelayakan yang telah dijabarkan pada bab-bab
sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa:
1.
Segi pasar, peminat terhadap olahraga terus meningkat setiap tahunnya,
sehingga Utama Futsal menyediakan vasilitas yang lengkap guna memenuhi
animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap olahraga ini. Sejumlah karyawan dan
mahasiswa adalah merupakan target utama yang terus mengalami peningkatan setiap
tahunnya.
2.
Segi perekonomian, pembukaan futsal kami ini dapat membantu
peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga, hal ini berarti membantu negara
mewujudkan masyarakat yang sehat, sehingga jika masyarakat sehat akan
meningkatkan kualitas kerjanya. Sehingga dapat mendorong perkembangan
perekonomian di Indonesia, juga dapat mendorong Indonesia menjadi negara yang
melahirkan pesepakbola yang handal.
4.
Segi teknologi, kami menyediakan 2 lapangan yang terdiri dari lapangan
biasa dan lapangan rumput sintetik dengan ukuran lapangan mengikuti standar
international.
5.
Segi lokasi, lokasi yang kami gunakan letaknya sangat strategis karena Lokasi
yang terletak di kota, sehingga memudahkan para pelanggan untuk mencapainya.
6.
Segi manajemen SDM, memperkerjakan mereka yang telah ahli di bidangnya
dengan gaji yang telah disesuaikan dengan latar belakang, pengalaman dan juga
budget perusahaan.
7.
Segi penawaran, tingkat permintaan masih jauh lebih tinggi daripada
tingkat penawaran yang ada di Indonesia.
8.
Segi promosi dan service yang ditawarkan. Utama Futsal memberikan
penawaran yang menarik dengan menyediakan dua lapangan dan pendirian tempat di
lokasi yang strategis.
9. Segi keuangan, biaya-biaya,
kewajiban-kewajiban dan harta yang kami gunakan balance dengan modal yang ada.
Modal yang kami gunakan adalah modal modal dari investor
Sehubungan dengan hal-hal tersebut, maka kami mempunyai keyakinan bahwa Utama Futsal Stadium dengan berlokasi di Jln.P.Sudirman No.24 Pati akan dapat berkembang dengan baik.
No comments:
Post a Comment