UNITED CAFE
Proposal usaha
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang
Kurniawan SE,MM
Disusun
Oleh:
Danar Nurdiansyah (212453)
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH
DAN EKONOMI ISLAM/ MBS
TAHUN 2015
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Saat
ini kampus STAIN kudus sedang dalam masa perkembangan yang pesat, total kurang
lebih 10,000 mahasiswa berjuang menempa ilmu disini. Namun, meningkatnya jumlah
mahasiswa STAIN kudus tidak diikuti dengan fasilitas tempat bersosialisasi antar
mahasiswa yang memadai. Gedung-gedung, taman, perpustkaan, kantin yang semula
menjadi tempat-tempat sosoalisasi ataupun diskusi antar mahasiswa, kini tak
mampu menampung bertambahnya jumlah mahasiswa yang berada di STAIN.
Dengan
melihat keadaan sekitar kampus STAIN Kudus yang semakin ramai dan tak disertai
dengan ketersediaan tempat untuk bersosialisasi antar mahasiswa dan terbatasnya
tempat tempat nongkrong atau diskusi yang asik, maka penulis mempunyai ide
untuk membuat tempat nongkrong yang sekaligus asik untuk dibuat sebagai tempat
sosialisasi/diskusi mahasiswa STAIN Kudus berupa cafe. Cafe tersebut akan
diberi nama sesuai tujuan pendirian usaha Cafe ini yaitu menjadikan tempat
berkumpul yang asik bagi mahasiswa, maka dari itu cafe ini saya beri nama “
United Cafe”.
Alasan memilih usaha cafe :
- Kurangnya tempat bersosialisasi bagi para mahasiswa
- Tidak tersedianya tempat yang nyaman untuk membahas kegiatan kampus
- Minimnya tempat nongkrong yang nyaman dan menyenangkan bagi mahasiswa yang ngekost di sekitar kampus
BAB II
PEMBAHASAN
- KONSEP USAHA DAN VISI/MISI
United
Cafe akan didesain simple namun nyaman
sehingga cocok sebagai tempat untuk nongkrong. Berbagai fasilitas
disediakan di cafe ini seperti hotspot area, full music, tempat lesehan yang nyaman, dan yang tak
ketinggalan tersedianya LED TV yang bisa dibuat nonton bareng. Karena status owner masih mahasiswa sehingga United cafe buka pada pukul 13.00 – 23.00. Pada jam
ini biasanya mahasiswa sudah selesai kuliah, membahas tugas kuliah,
nongkrong bersama teman-temannya ataupun masih membahas acara
kampus. United café menerapkan sistem green marketing yang ramah
lingkungan dalam pelaksanaan bisnisnya, sistem ini diimplikasikan secara
konkrit melalui daur ulang sisa limbah produksi, misalnya : sisa bungkus kopi
dijadikan kerajinan tangan untuk dibuat tempat sampah, sisa botol kecap dibuat
asbak atau hiasan meja.
.
Sistem ini
menjadi keunggulan United Café dibandingkan dengan usaha sejenis disekitar STAIN Kudus mengingat pada masa sekarang kesadaran
mahasiswa akan lingkungan hidup semakin tinggi sehingga mempengaruhi
proses pengambilan keputusan dalam memilih produk atau jasa yang akan
digunakan.
VISI
Menyediakan tempat
nongkrong yang nyaman dan murah sesuai dengan kantong mahasiswa
MISI
- Menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga standar tapi kualitas maksimal
- Menyediakan tempat diskusi dan nongkrong bagi mahasiswa secara hemat
- Menjaga suasana cafe yang hommy serta nyaman untuk belajar
- ASPEK PASAR
- Analisis 4P
Product :
Makanan:
Gorengan Sambel
Gorengan Bakar
Snack ( macroni, stik keju,mie lidi, chiki)
Kentang goreng
Roti bakar
Mie instant
Nasi Goreng
Minuman:
Kopi khas
Kopi susu
Kopi jahe
Kopi hitam
Cappucino
Milk shake
Coklat
Es teh
Es jeruk
Price
MENU HARGA
Makanan
- Pisang Bakar Rp 3.000
- Kentang goreng Rp 5.000
- Mie instant (polos) Rp 4000
- Mie instan special Rp 6.000
- Gorengan Sambel Rp 3.500/porsi
- Snack Rp. 1000- 5000
- Roti bakar Rp 6.000-10.000
- Nasi goreng Rp. 5.000
Minuman
1.
Kopi susu Rp 3.500
2.
Kopi hitam Rp 2.000
3.
Coklat Rp 6.000
4.
Kopi joss Rp 4.000
5.
Kopi jahe Rp 3.500
6.
Cappucino Rp 3.000
7.
Es teh Rp 1.500
8.
Es jeruk Rp 2.000
9.
Milk shake Rp. 4000
10.
Minuman sachset Rp. 2000-3500
Sesuai dengan
visi misi United
cafe yang memberikan produk dan pelayanan sesuai kantong
mahasiswa. Maka harga-harga yang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Untuk
minuman harga dibawah Rp 5,000. Untuk makanan berkisar dua puluh
ribuan, dan untuk cemilan dibawah Rp 10,000,-. Ini sangat pas untuk
kalangan mahasiswa terutama para mahasiswa yang kos dan merantau.
Place
Karena sasaran
dari United café
ini adalah
mahasiswa STAIN Kudus, maka tempatnya di sekitar kampus, . Selain itu juga memberikan
suasana baru bagi kampus dan mahasiswa karena United cafe akan memberikan kenyamanan bagi mahasiswa.
Dengan sasaran dan target mahasiswa aktif dan mayarakat
yang tinggal di daerah STAIN kudus, maka letak cafe ini sangat strategis karena mudah
dijangkau oleh mahasiswa.
Promotion
Promosi
dilakukan dengan banyak cara:
Promosi Penjualan
- Makanan dan minuman Berdiskon 20-30 % ( minggu pertama )
- Memberikan vocer kepada pelanggan
- Diskon dalam jumlah pembelian tertentu (diatas 30 ribu diskon 10%) berlaku setelah diskon minggu pertama
Promosi Iklan
- Brosur dan daftar harga
- Penyebaran pamlet di mading- mading kampus
- Promosi melalui jejaring sosial ( bbm, facebook, twitter )
- Analisis STP
Segmenting
Segmenting United café berada dikota Kudus, tepatnya
di sekitar daerah kampus STAIN kudus. Anak muda baik perempuan maupun laki – laki yang
memiliki uang saku sekitar Rp 500.000,- per bulan la dilihat dari komponen
psikografis, United café memiliki segmen dari semua kalangan khususnya kelas
menengah ke bawah dengan memiliki gaya hidup yang suka nongkrong, suka
membahas masalah kampus bersama teman- temannya.
Sedangkan bila dilihat dari
komponen perilaku, manfaat yang dicari adalah kenyamanan, keceriaan,
kesenangan. kuran segmen anakmuda menengah kebawah yang memiliki gaya
hidup suka nongkrong, suka membahas masalah kampus bersama teman –
temannya diprediksi akan bertambah dari tahun ke tahun khusunya di STAIN Kudus mengingat semakin diminatinya
organisasi kemahasiswaan di lingkungan STAIN Kudus.
Targeting
Sasaran
yang menguntungkan bagi United Café adalah mahasiswa, khususnya mahasiswa STAIN
Kudus yang suka nongkrong dan mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi
kemahasiswaan yang butuh tempat nyaman untuk membahas masalah.
Potitioning
keunggulan kompetitif yang
ditawarkan :
- Kenyamanan suatu tempat untuk berkumpul yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, serta cemilan bagi para pengunjung yang hanya ingin bersantai. Serta memberikan fasilitas WiFi, full music dan TV.
- Pelayanan yang santai namun tetap bersahaja sehingga pengunjung puas.
- Tempat yang berada di dalam kampus Perbedaan harga dengan cafe-cafe lain yang menyediakan fasilitas sejenis membedakan United Cafe dengan cafe lainnya, karena harga di cafe ini sesuai standar kemampuan mahasiswa ( disesuaikan dengan porsi )
- United café mencoba menerapkan sistem green marketing yang ramah lingkungan dalam pelaksanaan bisnisnya, sistem ini diimplikasikan secara konkrit melalui daur ulang sisa limbah produksi, misalnya : sisa bungkus kopi dijadikan kerajinan tangan untuk dibuat tempat sampah, sisa botol kecap dibuat asbak atau hiasan meja,
- ASPEK MANAJEMEN DAN SDM
Manajemen
Karena
United Cafe merupakan usaha yng baru di rintis, maka menggunakan manajemen
skala industri rumahan. Dimana hanya ada pemilik yang menjabat sebagai direktur
utama sekaligus manajer dan ada 3 pegawai( kasir, waitres, koki).
Aspek SDM
Karyawan yang
bekerja di United Cafe setiap hari harus berhubungan langsung dengan konsumen sehingga harus memenuhi 5S (Sopan,
Santun, Sapa, Senyum, dan Salam). Dan para karyawan diharuskan ramah
dan memiliki
kesabaran dalam melayani konsumen. Kriteria umum yang harus dimiliki oleh para
karyawan QIBIL CAFE adalah :
- Berpenampilan menarik
- Mau bekerja keras
- Memiliki loyalitas yang tinggi
- Bertanggung jawab
- Memiliki sopan santun dan ramah
Job
Description Sumber Daya Manusia
Perlu adanya
pembagian tugas (job description) yang jelas, agar para pegawai mampu melakukan
tugas mereka masing-masing dengan baik.
Pembagian tugas
(job description) di United Cafe antara lain.
- Kasir / waiter
- Menerima pembayaran dari transaksi yang dilakukan dengan pelanggan
- Mengatur pemasukan dan pengeluaran
- Mencatat semua pesanan yang diinginkan konsumen Memastikan konsumen sudah mendapatkan pesanan mereka
- Memastikan agar konsumen merasa puas dengan pesanannya
- Mengantar pesanan konsumen ke meja konsumen
- Koki
- membuatkan pesanan yang telah dipesan konsumen
- mengatur kegiatan di dapur agar pesanan konsumen dapat terhidang tepat pada waktunya.
- Pemilik / Owner
- merencanakan dan mengkoordinir kebutuhan SDM.
- bertanggung jawab terhadap terselenggaranya peraturan perusahaan dengan baik.
- melakukan perhitungan gaji.
- melakukan hubungan instansi yang terkait untuk kepentingan bisnis perusahaan.
- melaksanakan seluruh fungsi pencatatan keuangan dan akuntansi.
- mengamankan system serta prosedur operasional dan harta perusahaan.
- mengawasi hutang dan piutang yang telah jatuh tempo.
- bertanggung jawab atas pelaksanaan system kerja di semua bagian.
- bersama dengan koki melakukan percobaan-percobaan atas inovasi produk baru.
- melakukan kontrol dan perbaikan- perbaikan atas kualitas produk.
- ASPEK KEUANGAN
- Modal Awal
PERALATAN
CAFFE
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Piring
|
5 lusin
|
Rp.90.000/lusin
|
Rp.450.000
|
Mug/cangkir
|
5 lusin
|
Rp.130.000/lusin
|
Rp.650.000
|
Gelas besar
|
5 lusin
|
Rp.120.000/lusin
|
Rp.600.000
|
Sendok
|
5 lusin
|
Rp.30.000/lusin
|
Rp.150.000
|
Garpu
|
5 lusin
|
Rp.30.000/lusin
|
Rp.150.000
|
Meja
|
10 buah
|
Rp.200.000
|
Rp. 2.000.000
|
Tikar
|
10 buah
|
Rp.40.000
|
Rp.400.000
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp.300.000
|
Rp.300.000
|
Tisue
|
10 buah
|
Rp.7000
|
Rp.70.000
|
Tempat tisue
|
10 buah
|
Rp.10.000
|
Rp.100.000
|
Tv LED 32”
|
1 buah
|
Rp. 3.200.000
|
Rp. 3.200.000
|
Speaker Set
|
Rp. 1000.000
|
||
Kabel
|
30 meter
|
Rp.5000
|
Rp.150.000
|
Wifi
|
Rp.300.000
|
||
Pisau dapur
|
2
|
Rp. 50.000
|
|
Gunting
|
Rp 10.000
|
||
Meja kecil
|
10 buah
|
Rp. 75000
|
Rp. 750000
|
Rp. 10.330.000
|
BAHAN MAKANAN/MINUMAN
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga
|
Total
|
Kopi saset
|
1000
|
Rp.800
|
Rp.800.000
|
Kopi Tubruk
|
Rp.300.000
|
||
Susu
|
3 box
|
Rp.28.000
|
Rp.84.000
|
Gula
|
10 kg`
|
Rp.12.000
|
Rp.120.000
|
Beras
|
10 kg
|
Rp.10.000
|
Rp.100.000
|
Mie Instan
|
2 kardus
|
Rp.42.000
|
Rp.82.000
|
Bumbu dapur, sayur- sayuran
|
Rp.100.000
|
||
Kecap
|
3 botol
|
Rp.10,000
|
Rp.30.000
|
Saus
|
3 botol
|
Rp.10.000
|
Rp.30.000
|
Roti tawar
|
15
|
Rp.6000
|
Rp.90.000
|
Aneka Selai
|
7 buah
|
Rp.15.000
|
Rp.105.000
|
Coklat
|
2 box
|
Rp.24.000
|
Rp.48.000
|
Margarin
|
10 buah
|
Rp.7000
|
Rp.70.000
|
Rp.1.929.000
|
SEWA TEMPAT 1 thn Rp 7.000.000
GAJI KARYAWAN Rp. 750.000 x 2 = Rp. 1.500.000
TOTAL MODAL AWAL =
12.259.000 + 7.000.000 + 1.500.00
=
rp. 20.759.000
TOTAL MODAL INVESTASI Rp 20.759.000,
- Asumsi Keuntungan
Saya
mengasumsikan, target rata-rata perhari produk yang terjual sebagai berikut:
Minuman
( kopi, teh, milk shake, coffe saset, dll) terjual 75 gelas
Aneka
gorengan sambal 50 porsi
Mie
instan dan nasi goreng 50 porsi
Dengan
rincian keuntungan rata-rata minuman ( rp.1500/gelas), aneka gorengan sambal ( rp.
1500/ porsi ), mie instan dan nasi goreng ( rp, 2000/ porsi) maka dapat
diasumsikan keuntungan sebagai berikut:
Minuman
|
1000 @75
|
Rp. 75.000
|
Aneka gorengan
|
1000 @ 50
|
Rp.50.000
|
Mie instan dan nasi goreng
|
1500 @ 50
|
Rp. 75.000
|
Jumlah
|
Rp. 200.000
|
Omset per bulan rp. 200.000 @30 = rp.
6.000.000
Laba bersih/bulan = omset – ( gaji
karyawan+ listrik+biaya wifi + b. Lain-lain)
=
6.000.000 – ( 1.500.000+ 75.000 + 300.000 + 500.000)
=
Rp. 3.625.000
BAB III
PENUTUP
- Harapan Masa Depan
Semoga
United Cafe ini dapat terus berkembang menjadi usaha yang mapan. Sebagai
seorang wirausahawan, saya tidak akan membiarkan cafe ini berjalan statis,
namun akan ada pengembangan-pengembangan berupa produk baru ataupun perkembangan
tempat yang lebih baik supaya konsumen
United Cafe semakin bertambah.
- Kesimpulan
Usaha
cafe dengan konsep ini di lokasi Stain kudus sangat menjanjikan dan kemungkinan
besar akan cepat berkembang. Dengan pelayanan dan mutu yang baik saya yakin
pendirian usaha cafe ini akan sangat menguntungkan
Demikian
proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian usaha saya dapat
dikabulkan. Semoga usaha ini dapat bermanfaat bagi banyak orang.
No comments:
Post a Comment