STUDY KELAYAKAN BISNIS KONVEKSI PAKAIAN MUSLIM
Disusun Guna
Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Study
kelayakan bisnis
Dosen Pengampu :
Danang kurniawan SE,MM
Disusun
Oleh :
Ricah
Naimatul Afidah 212450
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARIAH / MBS
2015
BAB
I
PENDAHULUAN
- LATAR BELAKANG
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah
(UMKM) di Indonesia merupakan salah satu unsur penting dalam menopang
perekonomian nasional secara menyeluruh. UMKM telah lama menjadi pondasi yang
kokoh sekaligus penggerak dinamika dari sistem ekonomi kita. Di tengah badai
krisis ekonomi yang melanda, UMKM justru mampu untuk bertahan karena usahanya
yang bergerak di sektor riil tidak terlalu banyak terpengaruh dibandingkan
dengan sektor moneter. UMKM juga sangat berperan dalam membantu program
pemerintah dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus mengurangi
tingkat pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Hal ini dengan
jelas menunjukkan bahwa UMKM memegang peranan yang sangat penting dalam hal
penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi tingkat pengangguran dan melebihi
sektor industri besar. Pada dasarnya, keberadaan UMKM tidak lepas dari usaha
pemiliknya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup. Pola fikir
(mindset) pelaku usaha kecil dan menengah adalah selalu ada keuntungan selama
usaha masih dapat berjalan serta sangat mengandalkan intuisi atau insting
bisnis dalam menjalankan usaha. Ada banyak faktor yang bisa menentukan usaha
itu dapat sukses atau tidak diantaranya peluang pasar, kondisi persaingan,
trend bisnis, dan lain-lain. Agar UMKM dapat lebih bersaing dan memiliki
prospek perkembangan yang bagus, maka sebelum mendirikan UMKM
sebaiknya dilakukan studi kelayakan bisnis terlebih dahulu. Hal ini berguna
untuk memperhitungkan kemungkinan apakah usaha dapat bersaing dan bertahan
diantara para kompetitornya sekaligus melihat kemungkinan pengembangan usaha di
masa depan dilihat dari berbagai aspek/sudut pandang.
- RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimana
tahap penemuan ide usaha konveksi ?
2.
Bagaimana
tahapan memformalisikan tujuan usaha bisnis konveksi ?
3.
Bagaimana
analisis usaha konveksi meliputi :
a.
Aspek pasar
b.
Aspek teknik
produksi
c.
Aspek
manajemen
d.
Aspek
financial
e.
Aspek
lingkungan
4.
Bagaimana
keputusan terhadap usaha konveksi ?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
TAHAP PENEMUAN IDE
Studi kelayakan dalam bisnis sangat
dibutuhkan untuk keberhasilan suatu usaha. Apalagi di era globalisasi seperti
yang terjadi pada saat ini, pertumbuhan ekonomi seringkali terjadi perubahan.
Kita sebagai pebisnis harus selektif dalam membangun suatu bentuk usaha. Banyak
sekali pebisnis yang bermunculan dengan segala macam bentuk usaha yang
dijalani, namun kebanyakan mereka sulit untuk bertahan selama 5 tahun.
Dengan menggunakan studi kelayakan
dan memperhatikan pasar sekarang ini, pertumbuhan butik khususnya butik busana
muslim pertumbuhannya semakin menunjukkan prospek yang cemerlang. Butik busana
muslim "IKHA" akan menyediakan koleksi busana muslim dengan merk yang
menonjolkan sisi feminitas dan terbatas karena busana yang tersedia bukan
produk masal artinya tidak ada yang sama satu sama lain. Satu item barang akan
menyediakan 3 ukuran dengan motif yang berbeda sehingga memberikan variasi
pilihan busana muslim yang tidak akan sama dengan yang lain.
Kami memberikan penawaran terbaik
tentang selera kaum perempuan kalangan menengah keatas yang menggunakan busana
muslim yang suka tampil cantik dan menarik dengan menggunakan baju-baju dengan
model terbaru dan tidak ada yang menyamai serta tampil beda dibandingkan dengan
sesamanya.
Jenis produk yang dijual dibutik
busana muslim "IKHA" adalah busana muslim untuk kalangan mahasiswa,
eksekutif muda dan ibu rumah tangga. Dilengkapi pula dengan aksesoris penunjang
antara lain jilbab, sepatu, sandal, tas, dompet dan aksesoris penunjang
penampilan lainnya yang memenuhi selera perempuan terhadap busana-busana model
terbaru. Bisnis ini tahan krisis, karena memenuhi selera perempuan yang berkaitan
dengan kepuasan batinnya.
2.
TUJUAN
Penulis mempertimbangkan studi
kelayakan yang sebaik-baiknya untuk pelaksanaan usaha butik busana muslim
"IKHA" ini. Dengan menggunakan studi kelayakan menjadikan kegiatan
usaha ini sangat efektif dalam perencanaan usaha yang akan penulis lakukan,
sehingga dapat memperkecil resiko usaha bahkan mungkin memperbesar sumber
penghasilan. Karena jika setiap orang dapat memperhatikan sektor-sektor usaha
yang ada, terutama butik busana muslim tersebut, usaha akan berjalan dengan
lancar, bahkan lebih berkembang dibanding usaha lain yang tidak memperhatikan studi
kelayakan yang ada.
Sehingga studi kelayakan yang dibuat
bisa menjadi pertimbangan pengaplikasian usaha menjadi layak untuk dilaksanakan
atau tidak layak untuk dilaksanakan.
3.
TAHAP ANALISIS
A.
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Pendirian butik busana muslim IKHA
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan produk busana muslim serta aksesoris
penunjangnya bagi mahasiswa, eksekutif muda dan ibu rumah tangga.
1.
Segmentasi pasar.
Batasan usia: 17 - 40 tahun
Sasaran: mahasiswa, ekskutif muda wanita, dan ibu rumah tangga.
Ekonomi: Menengah keatas
Model Pakaian: chic & colorfull.
Sasaran: mahasiswa, ekskutif muda wanita, dan ibu rumah tangga.
Ekonomi: Menengah keatas
Model Pakaian: chic & colorfull.
2.
Calon pelanggan potensial
Semua penduduk Kudus yang berjenis
kelamin perempuan dan beragama Islam. Karena mereka berpotensi memakai busana
muslim. Mahasiswi IAIN yang 100% menggunakan busana muslimah.
3.
Konsumen alternatif
Walaupun masyarakat di daerah Kudus
adalah target pasar utama, namun tidak tertutup bagi daerah-daerah sekitar jika
ingin berbelanja di butik busana Muslim kami yang pada perkembangannya akan
menjadi pelanggan.
a.
Harga
Daftar harga produk menggunakan
metode markup di mana setiap produk yang diperoleh akan dinaikkan harga jualnya
menjdi 25% - 35% sehingga kami bisa mendapatkan keuntungan.
Daftar harga produk di butik busana muslim "IKHA":
Blus: Rp. 75.000 – Rp. 1.000.000.
Gamis: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
T-shirt muslim: Rp. 45.000 – Rp. 250.000
Blezer: Rp. 250.000 - Rp. 1.000.000
Jaket: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
Celana panjang kain dan jins: Rp. 45.000-Rp. 500.000.
Rok panjang: Rp. 45.000 - Rp. 200.000.
Jilbab: Rp. 25.000 – Rp. 200.000.
Tas: Rp. 75.000 – 500.000.
Dompet: Rp. 25.000 – Rp. 250.000.
Sandal: Rp. 35.000 – Rp. 250.000.
Sepatu: Rp. 80.000 – Rp. 1.000.000.
Aksesoris: Rp. 10.000 – Rp. 200.000.
Daftar harga produk di butik busana muslim "IKHA":
Blus: Rp. 75.000 – Rp. 1.000.000.
Gamis: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
T-shirt muslim: Rp. 45.000 – Rp. 250.000
Blezer: Rp. 250.000 - Rp. 1.000.000
Jaket: Rp. 150.000 – Rp. 1.000.000.
Celana panjang kain dan jins: Rp. 45.000-Rp. 500.000.
Rok panjang: Rp. 45.000 - Rp. 200.000.
Jilbab: Rp. 25.000 – Rp. 200.000.
Tas: Rp. 75.000 – 500.000.
Dompet: Rp. 25.000 – Rp. 250.000.
Sandal: Rp. 35.000 – Rp. 250.000.
Sepatu: Rp. 80.000 – Rp. 1.000.000.
Aksesoris: Rp. 10.000 – Rp. 200.000.
b.
Promosi.
• Dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet
• Promosi dari mulut ke mulut
• Memberikan diskon kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar.
• Pada saat grand opening memberikan diskon kepada pelanggan sebesar 10%.
• Dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet
• Promosi dari mulut ke mulut
• Memberikan diskon kepada pembeli yang membeli dalam jumlah besar.
• Pada saat grand opening memberikan diskon kepada pelanggan sebesar 10%.
B.
ASPEK TEKNIK PRODUKSI
1.
Disain produk.
Seluruh produk yang ada di butik
busana muslim "IKHA" tidak kami produksi sendiri, tapi kami mencari
produk sesuai dengan tema butik kami. Ada juga beberapa produk yang dibuat oleh
desainer namun desainnya berasal dari kami. Walaupun tidak memproduksi sendiri
produk-produk kami, tapi tetap menjaga kualitas produk agar tidak mengecewakan
konsumen. Butik kami akan menonjolkan keseluruhan produk dengan warna-warna
yang cerah, hitam dan putih. Produk kami tidak bersifat masal, jadi satu jenis
produk hanya memiliki tiga jenis ukuran dengan warna yang berbeda. Contoh
produk yang kami tawarkan antara lain:
1)
Aneka Baju Muslimah dan Jilbab
2)
Aneka jenis Tas
3)
Aneka jenis sepatu
2.
Quality control.
Walaupun kita tidak membuat atau
memproduksi sendiri produk-produk kami namun saat kita membeli atau memesan
produk dari disainer, kami selalu memperhatikan kualitas bahan yang digunakan
dan memperhatikan kerapian jahitan.
3.
Lokasi usaha.
Butik busana muslim "IKHA"
berlokasi di daerah Kudus tepatnya di Jl. Kudus-Pati. Dengan memperhatikan
beberapa faktor:
·
Faktor pertama, karena banyak terdapat perumahan dengan
mayoritas penduduk beragama Islam sehingga mereka berpotensial memakai busana
muslim.
·
Faktor kedua, terdapat perguruan tinggi Islam Negeri yang
100% mahasiswinya menggunakan busana muslimah.
·
Faktor ketiga, belum banyak butik busana muslim.
·
Faktor keempat, transportasi mudah karena berada di pinggir
jalan raya yang
dilewati oleh semua orang
C.
ASPEK MANAJEMEN
Struktur Organisasi :
Pada gerai butik busana muslim
"IKHA" dipimpin oleh pemiliknya langsung dan memiliki dua orang
karyawan sebagai pramuniaga yang merangkap sebagai kasir.
1.
Direktur/pemilik
·
Mengatur dan mengambil seluruh keputusan untuk memajukan butik
busana muslim "IKHA".
·
Mengatur seluruh keuangan, baik uang masuk maupun uang
keluar.
·
Pemburu busana-busana menarik diberbagai kota, busana-busana
tersebut dibeli kemudian dijual kembali dibutiknya.
·
Mengawasi kinerja karyawan.
·
Memberikan pelayanan terbaik kepada karyawan.
2.
Pramuniaga merangkap kasir.
·
Menawarkan produk terbaru yang ada di butik kepada
pelanggan.
·
Membantu pelanggan dalam mencari dan mengepas produk.
·
Mengawasi atau menjaga produk agar tidak hilang atau rusak.
·
Melayani pembeli melakukan pembayaran.
Kualifikasi tenaga kerja
·
Pendidikan minimal SMU/SMK sederajat
·
Status single atau belum menikah
·
Usia maksimum 24 tahun
·
Bisa mengoperasikan komputer
·
Ulet dan jujur
·
Mudah beradaptasi dan berpenampilan menarikTinggal di
sekitar Kudus.
Proses Rekrutmen :
·
Membuat informasi lowongan pekerjaan melalui pamflet dan
dari mulut ke mulut
·
Seleksi administrasi. Proses ini menyeleksi seluruh surat
lamaran yang masuk dan dipilih orang-orang yang masuk dalam kriteria yang
ditentukan.
·
Wawancara. Dilakukan untuk mengetahui latar belakang
keluarga, pendidikan dan pekerjaan sebelumnya, juga fisik langsung si pelamar.
Selain itu untuk mengetahui apa saja yang diinginkan oleh si pelamar dari
perusahaan jika ia nanti bergabung.
·
Tes ketrampilan. Pelamar yang lolos seleksi administrasi dan
wawancara menjalani tes ini agar perusahaan tahu sejauh mana ketrampilan yang
dimiliki oleh si pelamar mengenai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan dan
kemampuan mengoperasikan komputer.
·
Penandatanganan kontrak. Bagi pelamar yang sudah lolos
seluruh penyeleksian dan diterima bekerja segera datang dan melaporkan diri untuk
penandatanganan kontrak.
·
Kompensasi. Sebagai kompensasi atas kerja dari karyawan kami
memberikan gaji sebesar Rp. 1.000.000 perbulan.
D.
ASPEK FINANSIAL
Investasi awal :
Biaya sewa tempat usaha Rp. 13.000.000
Biaya renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000
Beli meja kursi administrasi Rp. 1.000.000
Beli komputer Rp. 2.000.000
Beli rak dan etalase Rp. 7.000.000
Beli produk untuk modal usaha awal Rp. 75.000.000
Total Rp. 100.000.000
Biaya operasional :
Biaya telpon Rp. 250.000
Biaya listrik dan air Rp. 250.000
Biaya transportasi Rp. 1.000.000
Biaya tenaga kerja 2 X Rp. 1.000.000 Rp. 2.000.000
Biaya promosi Rp. 200.000
Biaya grand opening Rp. 1.000.000
Biaya beli produk untuk bulan depan 80% X Rp. 60.000.000 Rp. 48.000.000
Total Rp. 52.700.000
Pendapatan perbulan berdasarkan target :
Penjualan produk perhari Rp. 2.000.000
Penjualan produk perbulan
30 X Rp. 2.000.000 Rp. 60.000.000
Data-data lainnya:
Investasi awal :
Biaya sewa tempat usaha Rp. 13.000.000
Biaya renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000
Beli meja kursi administrasi Rp. 1.000.000
Beli komputer Rp. 2.000.000
Beli rak dan etalase Rp. 7.000.000
Beli produk untuk modal usaha awal Rp. 75.000.000
Total Rp. 100.000.000
Biaya operasional :
Biaya telpon Rp. 250.000
Biaya listrik dan air Rp. 250.000
Biaya transportasi Rp. 1.000.000
Biaya tenaga kerja 2 X Rp. 1.000.000 Rp. 2.000.000
Biaya promosi Rp. 200.000
Biaya grand opening Rp. 1.000.000
Biaya beli produk untuk bulan depan 80% X Rp. 60.000.000 Rp. 48.000.000
Total Rp. 52.700.000
Pendapatan perbulan berdasarkan target :
Penjualan produk perhari Rp. 2.000.000
Penjualan produk perbulan
30 X Rp. 2.000.000 Rp. 60.000.000
Data-data lainnya:
1.
Penyusutan menggunakan metode garis lurus.
2.
Usia ekonomis perlengkapan butik 3 tahun.
3.
Tiap tahun pendapatan naik 5%.
4.
Tiap tahun FC dan VC naik 10%.
5.
Pajak 10% dan Df. 12%.
Langkah-langkah:
A.
Menyusun rencana estimasi arus kas, meliputi:
1.
Menyusun data investasi awal
2.
Menentukan depresiasi/penyusutan
3.
Menyusun arus kas
B.
Membuat penilaian investasi, meliputi:
1.
PBP
2.
NPV
3.
PI
A.1. Menyusun data investasi awal
Biaya sewa tempat usaha Rp. 13.000.000
Biaya renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000
Beli meja kursi administrasi Rp. 1.000.000
Beli komputer Rp. 2.000.000
Beli rak dan etalase Rp. 7.000.000
Beli produk untuk modal usaha awal Rp. 75.000.000
Total Rp. 100.000.000
Biaya sewa tempat usaha Rp. 13.000.000
Biaya renovasi tempat usaha Rp. 2.000.000
Beli meja kursi administrasi Rp. 1.000.000
Beli komputer Rp. 2.000.000
Beli rak dan etalase Rp. 7.000.000
Beli produk untuk modal usaha awal Rp. 75.000.000
Total Rp. 100.000.000
A.2. Depresiasi/penyusutan
Semua investasi awal kecuali biaya sewa tempat usaha.
( 2.000.000 + 1.000.000 + 2.000.000 + 7.000.000 + 75.000.000 ) : 3 = 87 : 3 = Rp. 29.000.000
( 2.000.000 + 1.000.000 + 2.000.000 + 7.000.000 + 75.000.000 ) : 3 = 87 : 3 = Rp. 29.000.000
A.3. Menyusun arus kas
Uraian Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3
Pendapatan 720.000.000 756.000.000 793.800.000
FC 25.000.000 27.500.000 30.250.000
VC 596.400.000 656.040.000 721.644.000
Depresiasi 29.000.000 29.000.000 29.000.000
EBIT 69.600.000 43.460.000 12.906.000
TAX 6.960.000 4.346.000 1.290.600
Net Income 62.640.000 39.114.000 11.615.400
Cash Flow 91.640.000 68.114.000 40.615.400
Uraian Tahun 1 Tahun 2 Tahun 3
Pendapatan 720.000.000 756.000.000 793.800.000
FC 25.000.000 27.500.000 30.250.000
VC 596.400.000 656.040.000 721.644.000
Depresiasi 29.000.000 29.000.000 29.000.000
EBIT 69.600.000 43.460.000 12.906.000
TAX 6.960.000 4.346.000 1.290.600
Net Income 62.640.000 39.114.000 11.615.400
Cash Flow 91.640.000 68.114.000 40.615.400
B.1. Penilaian investasi metode PBP
Tahun CF Df=12% PV CF Akumulatif
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66 136.121.490,1
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41 165.030.719,5
PBP = 1 tahun + 100.000.000 – 81.821.690,4
54.299.799,66
PBP = 1 tahun + 18.178.309,6
54.299.799,66
PBP = 1 tahun + 0,334 tahun
PBP = 1 tahun + 4 bulan + 2 hari
Tahun CF Df=12% PV CF Akumulatif
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66 136.121.490,1
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41 165.030.719,5
PBP = 1 tahun + 100.000.000 – 81.821.690,4
54.299.799,66
PBP = 1 tahun + 18.178.309,6
54.299.799,66
PBP = 1 tahun + 0,334 tahun
PBP = 1 tahun + 4 bulan + 2 hari
B.2. Penilaian investasi metode NPV
Tahun CF Df=12% PV CF
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41
Total PVCF 165.030.719,5
Investasi awal 100.000.000
NPV 65.030.719,5
Karena NPV > 0 = maka proyek layak secara bisnis
Tahun CF Df=12% PV CF
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41
Total PVCF 165.030.719,5
Investasi awal 100.000.000
NPV 65.030.719,5
Karena NPV > 0 = maka proyek layak secara bisnis
B.3. Penilaian investasi metode PI
Tahun CF Df=12% PV CF
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41
Total PV CF 165.030.719,5
Investasi awal 100.000.000
PI 1,650
Karena PI > 1 = maka proyek layak secara bisnis.
Tahun CF Df=12% PV CF
1 91.640.000 0,89286 81.821.690,4
2 68.114.000 0,79719 54.299.799,66
3 40.615.400 0,71178 28.909.229,41
Total PV CF 165.030.719,5
Investasi awal 100.000.000
PI 1,650
Karena PI > 1 = maka proyek layak secara bisnis.
E.
ASPEK LINGKUNGAN
a.
Dari segi sosial,
usaha ini sangat berguna dalam menambah kesejahteeraan masyarakat sekitar
terutama dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam mengolah keterampilan.
Dampak Sosial
Dengan adanya rencana pendirian
usaha ini akan membuka peluang untuk menyerap tenaga kerja langsung di sekitar
lokasi pendirian usaha bisnis ini. Selain itu juga meningkatkan kreativitas
anak muda baik di sekitar lingkungan bisnis maupun di luar lingkungan bisnis
karena usaha ini juga menerima tenaga magang dari siswa SMK. Hal ini juga
membantu program pemerintah dalam menanggulangi masalah keterbatasan lapangan
pekerjaan dan masalah mengenai keternagakerjaan serta meningkatkan pendapatan
dan kesejahteraan masyarakat.
Pendirian usaha ini akan membawa
perubahan tingkat pengetahuan dan perilaku kehidupan, baik bagi karyawan itu
sendiri maupun bagi masyarakat sekitar lokasi pendirian usaha ini. Perubahan
bagi karyawan dapat dilihat melaui kemahiran karyawan dalam mengelola bisnis,
mengoperasikan peralatan yang ada serta dapat menyalurkan kreativitas dari
masing-masing karyawan. Dengan adanya bisnis ini kemahiran penggunaan alat-alat
untuk membuat produk oleh karyawan
diharapkan bertambah sehingga secara
langsung dan tidak langsung, jasa ini dapat ikut serta dalam usaha meningkatkan
keterampilan masyarakat
b.
Dari segi ekonomipun demikian, usaha ini diharapkan dapat
meningkat perekonomian dan membantu menimbulkan jiwa kewirausahaan di
lingkungan sekitar.
Berdirinya butik busana muslim IKHA
akan membawa akibat secara khusus terhadap struktur ekonomi masyarakat di
lingkungan pendirian usaha ini, hal ini dapat dilihat dari peningkatan
penghasilan karyawan. Di mana pendapatan rata-rata pekerja akan meningkat
dengan gaji yang diterimanya ditambah bonus-bonus yang diberikan apabila jumlah
konsumen yang membeli produk kami lebih
banyak jumlahnya dari waktu-waktu biasanya.
4.
TAHAP PENUTUP
Berdasarkan perhitungan-perhitungan yang telah dilakukan maka bisnis
butik muslim IKHA layak untuk dijalankan.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dari analisis yang komprehensif perihal usaha aksesoris dan kado
dapat disimpulkan beberapa hal, yaitu:
1.
Mengingat
persaingan dengan usaha yang sejenis masih relative rendah karena sebagian
besar toko-toko terpusat di daerah pasar, maka masih terdapat pasar yang luas
bagi took-toko sejenis untuk membuka usahanya.
2.
Pemasaran
yang direncanakan oleh butik muslim IKHA ini telah sesuai dengan situasi dan
kondisi masyarakat kota Kudus. Selain itu toko ini dilengkapi dengan fasilitas
pemasaran lewat internet sehingga memudahkan bagi pelanggan atau calon
pelanggan terutama yang berada di daerah-daerah untuk membeli produk-produk sesuai
dengan selera pelanggan.
3.
Jika
memiliki latar belakang keuangan dan pemasaran kuat serta didukung oleh
administrasi dan sumber daya manusia yang berkualitas, pihak manajemen akan
dapat menjalankan usaha ini sebagaimana mestinya.
4.
Usaha
butik ini tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.
Dari keseluruhan aspek, yaitu aspek pasar dan pemasaran, teknis,
manajemen, fiansial, ekonomi, dan sosial, bisnis butik muslim ini dinyatakan
layak.
No comments:
Post a Comment