BAKSO DAN MI AYAM ATANA
MAKALAH
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas
Mata
Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan, SE., MM.
![]() |
Disusun
Oleh :
AHMAD MUTA’AFIF[212460]
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN
SYARIAH / MBS SYARIAH
2015
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat
memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melnda bangsa Indonesia membuat banyak
masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran. Banyak para remaja
yang putus sekolah dan menjadi pengangguran.Sebagai warga Negara kreatif kita
tidak boleh putus asaataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang
serba sulit kita harus berusaha, kreatif, inovatif dan berani mengambil suatu
keputusanserta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak
harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus
berusaha semaksimal mungkin.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi
pengangguran yaitu dengan berwirausaha. Dengan kita berwirausaha kita bisa
belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung
kita sudah membantu banyak orang.
Usaha ini berawal dari kecintaan saya terhadap makna bakso. Setiap
saya makan bakso rasanya cumc itu itu saja kemudian saya berinsiatif untuk
membuka warung bakso yang berbeda dengan warung warung bakso lainnya. Dari
informasi-informasi yang saya peroleh dan menurut pandangan saya usaha ini akan
mencapai kesuksesan dan maju. Dalam menjalankan usaha ini membuthukan
kemantapan dan keuletan dalam menjalankanya.Saya juga akan bersungguh-sungguh
dalam mengelola usaha ini.
B. Gambaran Umum Potensi Usaha
Bakso merupakan salah satu makanan yang terbuat dari
daging sapi atau ikan dan dikenal sebagai makanan jajanan dengan tingkat
permintaan yang tinggi. Kenyataan tersebut menjadikan usaha bakso terus
mengalami peningkatan, karena dengan modal yang tak begitu besar dapat
mendirikan usaha bakso.
Usaha membuat warung Bakso dan mi
ayam merupakan salah satu lahan usaha yang sangat menjanjikan, karena kebutuhan
manusia terhadap makanan sangat tinggi dan karena mayoritas masyarakat
disekitar daerah itu sangat menyukai makanan tersebut. Melihat kebutuhan
manusia terhadap kebutuhan pangan yang kian hari kian meningkat, makanan yang
berinovasi dan rasanya pun bisa diterima di lidah masyarakat, menjadikan hasil
yang diperoleh akan baik. Melihat kebutuhan masyarakat pada bidang makanan ini
cukup tinggi, maka usaha makanan mempunyai pangsa pasar yang prospektif dan
tidak pernah surut. Oleh karena itu peluang usaha di bisnis ini cukup
menjanjikan.
C.
Gambaran umum industry
Persaingan dalam bisns bakso
memang sangat kompetitif, banyak sekali kita jumpai diberbagai tempat. Untuk
dapat bersaing dalam usaha yang bersangkutan, salah satu cara yang dilakukan
adalah dengan melakukan pemilihan segen yang tepat, potensial dan belum banyak
digarap oleh pihak lain, kemudian menawarkan keunggulan dan nilai lebih bai
konsumen yang menjadi segme usaha kita.
BAB II
ASPEK
MANJEMEN, YURIDIS DAN SUMBER DAYA MANUSIA
A.
Nama unit usaha
Unit usaha ini diberi nama bakso dan mi
ayam atana dikarenakan dalm usaha ini menghadirkan bakso sebagai makanan yang sangat disukai
masyarakat
Nama organisasi : bakso dan mi
ayam atana
Pemilik : ;pepy
Alamat : dekat bambu kuning desa wedarijaksa,
pati
Nomor Telp : 0247513884
B.
Legalitas usaha
Dari segi legalitas usaha, beberapa dokumen bada hukum untuk melaksanakan
usah bisnis sebagi bekal agar usaha yang dilaksanakan berjaln dengan lancer di
kemudian hari.
1.
Badan hukum
Badan hukum usaha bakso dan mi ayam atina berbentuk perseorangan karena usaha yang kami lakukan berbentuk perusahaan perseorangan secara
resmi tidak ada, tetapi dalam masyarakat perdagangan bentuk perusahaan
perseorangan diterima masyarakat.
2.
Ijin domosili
dan IMB
Untuk keperluan
pendirian bangunan, maka bakso dan mi ayam atina telah mengurus ijin pendirian
bangunan (IMB) ke dinas tat kota pati yang dilampiri dengan surat ijin domosili
dari ketua wilayah di wedarijaksa, pati.
3.
Bukti diri
Unit usaha kami
juga mempunyai bukti diri mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang
berhubungan dengan bakso dan mi ayam atina yang dibuktikan dengan akte notaris
Agus al fikri, SH dengan nomor 12012.a/BH/PAD/KWK.II/IX/2010.
C.
Oranisasi
1.
Badan organisasi

![]() |
2.
Tingkat jabatan
·
pemilik
·
bagian produksi
·
bagian marketing
·
bagian administrasi
D.
Personalia
a.
Kebutuhan tenaga kerja
Agar kegiatan usaha bekerja dengan baik, maka baksodan
mi ayam atina memerlukan tenaga dengan tingkat kebutuhan sebagai berikut:
1.
Bagian produki koki 2
orang
2.
Bagian marketing 1 orang
3.
Bagian administrasi 1 orang
4.
Karyawan/pelayan 2 orang
Jumlah 6
orang
b.
Tingkat balas jasa
Tingkat balas jasa
berupa gaji, training, bonus prestasi dan THR.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A.
Segmentasi, targeting
dan positioning
1.
Segmentation
Yang
menjadi segmen dari bakso dan mi ayam atina adalah semua elemen masyarakat yang
ada di wilayah kecamatan wedarijaksa.
2.
Targeting
Dengan
membuat warung bakso dan mi ayam ini, kami mengarah
target konsumen kita dari masyarakat
sekitar wedarijaksa dan orang yang melewati warung kami karena penasaran dan ingin mencoba
dengan konsep tempat yang sesuai dengan selera masyarakat masa kini.
3.
Positioning
Melihat
produk ini di pasarkan di lokasi yang dekat pertigaan
bambu kuning wedarijaksa maka daya jual dari produk ini akan sangat bagus.
a. Kondisi
persaingan
Walaupun
sudah banyak warung bakso yang mempunyai kekhasan yang beraneka ragam tetapi
kami optimis kalau produk kita mampu bersaing di
pasaran.
b.
Sikap, perilaku, dan kepuasan
konsumen
Di aspek ini
usaha kami mementingkan kepuasan pelanggan dengan cara memberi kepuasan
pelayanan dan harga yang cocok untuk kantong para remaja dan warga masyarakat
menengah kebawah.
B.
Permintaan
1. Perkembangan
permintaan saat ini
Perubahan
pola hidup masyarakat yang cenderung mencari dan menyukai bakso dan mi ayam menjadikan makanan ini sering dicari
oleh masyarakat,seperti halnya bakso dan mi ayam atina yang ada di wedarijaksa
ini.
2. Prospek
permintaan di masa yang akan datang
Seiring
dengan perubahan pola hidup seseorang yang cenderung simpel dan praktis pada
kehidupan masyarakat yang mayoritas orang menyukai makanan bakso dan mi ayam,
menjadikan permintaan terhadap kebutuhan bakso dan mi ayam tidak akan
kehilangan pangsa pasar di masa yang akan datang.
C. Penawaran
1.
Perkembangan penawaran saat ini
Mengenai
perkembangan di bakso dan mi ayam atana ini yang relatif ketat mengingat banyak
munculnya para pesaing di luar sana. Kami selalu melakukan inovasi-inovasi baru dan membuat resep yang baru yang tak
dimiliki oleh warung bakso lain. Sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk
membeli ke tempat kami.
2.
Prospek penawaran di masa yang akan
datang
Mengingat
adanya peluang yang besar dalam usaha bisnis ini untuk masa yang akaan datang,
maka perlu adanya penawaran yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi
konsumen yaitu dengan cara melakukan inovasi-inovasi produk serta rasa yang
tiada tandingnya yang beda dengan para pesaing serta memberikan pelayanan yang
sangat memuaskan sehingga konsumen akan kembali untuk membeli lagi.
D. Analisis kelayakan pemasaran
Dalam melakukan analisis permintaan,
kami menggunakan model matriks pembobotan berskala 1-5.
Keterangan:
Sangat lemah :1
Lemah :2
Sedang :3
Kuat :4
Sangat kuat :5
No
|
Item Yang Dinilai
|
Kriteria
Penilain
|
||||
Sangat Lemah
|
Lemah
|
Sedang
|
Kuat
|
Sangat
Kuat
|
||
1
|
SDM
|
![]() |
||||
2
|
Pesaing
|
![]() |
||||
3
|
Konsumen
|
![]() |
||||
4
|
Teknologi
|
![]() |
||||
5
|
Armada
Pemasaran
|
![]() |
||||
6
|
Harga
|
![]() |
||||
7
|
Promosi
|
![]() |
||||
8
|
Distribusi
|
![]() |
||||
9
|
Produk Dan
Lini Produk
|
![]() |
||||
10
|
Mutu
Produk
|
![]() |
||||
11
|
Lingkunagn
Bisnis
|
![]() |
||||
12
|
Ketersediaan
Bahan Baku
|
![]() |
||||
13
|
Rencana
Pemasaran
|
![]() |
||||
14
|
Penyimpanan
Produk
|
![]() |
||||
15
|
Margin
Laba
|
![]() |
||||
16
|
Ketersediaan
Modal
|
![]() |
||||
17
|
Pangsa
Pasar
|
![]() |
||||
18
|
Manajemen
Pemasaran
|
![]() |
||||
Total
Bobot
|
0
|
2
|
15
|
36
|
15
|
Interval = Nilai tertinggi dari interval –
nilai terendah dari interval
Jumlah
kelas
= 5 – 1
5
= 0,8
1,00 – 1,80 =sangat tidak layak
1,81 – 2,60 = tidak layak
2,61 – 3,40 =sedang
3,41 - 4,20 =layak
4,21 – 5,00 = sangat layak
Untuk mengetahui layak atau tidaknya
dari seg pemasaran maka dapat dicari dengan rumus:
Kelayakan
usaha = total bobot
.
Jumlah item yang dinilai
= 68 /18
= 3,78
Berdasarkan hasil yang diperoleh
sebesar 3,78 maka usaha Bakso dan Mi Ayam Atina dari segi pemasaran dikatakan
layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.
E. Analisis persaingan
Untuk melakukan analisis terhadap
kondisi persaingan pada usaha bakso dan mi ayam atana, mak kami menggunakan
analisis matriks persainagn, yaitu dengan cara:
1.
Membandingkan usaha satu dengan
usaha lain yang sejenis pada faktor persaingannya, semakin bagis maka semakin
tinggi skornya. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5.
2.
Dengan membandingkan tingkat
kepentingan dari masing-masing faktor. Semakin penting, maka skornya semakin
tinggi. Skala penilain yang digunakan adalah skala 1 - 5.
Tabel
matriks analisis tingkat persaingan
Faktor
Persaingan
|
Pasar
|
pedagang
kaki lima
|
Bakso Dan
Mi Ayam Atina
|
||||||
A
|
B
|
A.B
|
A
|
B
|
A.B
|
A
|
B
|
A.B
|
|
Harga
|
4
|
3
|
12
|
4
|
3
|
12
|
4
|
5
|
20
|
Kualitas
|
3
|
2
|
6
|
4
|
5
|
20
|
4
|
5
|
20
|
Promosi
|
2
|
2
|
4
|
5
|
5
|
25
|
4
|
5
|
20
|
Jasa
Khusus
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
16
|
5
|
5
|
25
|
Pelayanan
|
2
|
3
|
6
|
5
|
4
|
20
|
5
|
5
|
25
|
Suasana
|
1
|
2
|
2
|
5
|
4
|
20
|
5
|
5
|
25
|
Lokasi
|
2
|
2
|
4
|
4
|
5
|
20
|
4
|
4
|
16
|
Kekuatan
Relatif
|
38
|
133
|
151
|
Berdasarkan pada tabel matrik
analisis tingkat persaingan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha bakso dan mi
ayam atana menduduki pada peringkat teratas untuk kekuatan kompetitifnya,
sedangkan pesaing yang paling besar adalah pedagang kaki lima. Kelemahan dari
bakso dan mi ayam atina terletak pada lokasi ynag kurang menguntungkan
dibandingkan dengan lokasi dari swalayan. Oleh karena itu harus ada pembenahan
dan evaluasi terhadap lokasi bakso dan mi ayam atina agar nantinya mudah
dijangkau oleh konsumen.
F. Program pemasaran
1. Tingkat
pelayanan
Kepuasan
konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana kita memberikan pelayanan yang
memenuhi harapan mereka. Setiap karyawan dituntut untuk memberikan pelayanan
yang baik yang dapat memenuhi harapan konsumen.
2. Penetapan
harga
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah menetapkan harga berdasarkan tingkat
keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntngaan yang relatif sehingga
dapat menjalankan usaha secar kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar. Dalm
hal ini, kita membandrol harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan. Dengan
harga relative murah, kami berharap akan dapat menjangkau hati konsumen untuk
membeli produk ini.
3.
Membership
Membership
adalah pembeli yang melakukan pendaftaran untuk menjadi member bakso dan mi
ayam atina, beberapa kelebihan menjadi membership adalah apabila membeli bakso
atau membeli mi ayam sebanyak 10 mangkok akan mendapat gratis tidak membayar 1
mangkok.
4.
Kegiatan promosi
Beberapa
kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui media promosi yang akan
digunakan adalah dengan memberitahu kepada teman, saudara atau masyarakat
sekitar, membuat spanduk yang akan diletakan di depan warung makan serta dengan
menggunakan media promosi facebook.
Serta mengadakan promosi dengan memberikan diskon, hadiah makan gratis dengan
menukarkan kupon atau voucher yang diberikan di saat pembelian.
5.
Kegiatan distribusi
Untuk
kegiatan distribusi ini kami menggunakn armada distribusi sendiri.
BAB IV
ASPEK TEKNIK
DAN TEKNOLOGI
A.
Rencana
pengembangan
1. Evaluasi
lokasi
lokasi
yang kami pilih cukup strategis yang juga merupakan pusat keramaian yaitu dekat
pertigaan bambu kuning wedarijaksan pati.
2. Sarana dan
prasarana
Sarana
yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan
memanfaatkan mechine teller, kipas angin, toilet, meja kursi, dll. Sedangkan
prasarana kami menggunakan gedung seluas 15 m/segi.
3. Tenaga ahli
dan tenaga biasa
Tenaga
ahli yang kami pekerjakan untuk menujang kelancaran usaha bakso dan mi ayam
kami adalah tenaga pemasaran, keuangan, produksi. Sedangkan untuk tenaga biasa
yang kami gunakan adalah pelayan /
karyawan yang dapat memberikan dan melakukan pelayanan terhadap konsumen dengan
baik.
4. Bahan-bahan
utama
Akses
bahan baku sangat diperlukan bagi kelangsungan produksi setiap usaha. Bahan
baku utama yang diperlukan dalam pembuatan mi yaitu tepung terigu protein
tinggi, tepung mocaf, minyak sayur, garam, air, CMC (pengikat dari pati-patian),
Natrium Carbonat (pengenyal mi dan melenturkan mi).
5. Bangunan dan
tata letak bangunan
Berkaitan dengan bangunan dan tat
letak bangunan, bakso dan mi aym atana akan didirikan di atas tanah seluas 1,5
m/segi. Yang terdiri dari 6 m tempat produksi dan 9 m tempat pemasaran dan
tempat konsumen menikmati bakso dan mi ayam.
6. Waktu pelaksanaan
Bakso
dan mi ayam atana ini mulai didirikan
pada tanggal 9 februari 2010. Sedangkan waktu pelaksanaan bakso dan mi ayam atana
ini direncanakan mulai pad pukul 09.00 – 22.00 WIB, dengan ketentuan yang telah
disepakati bersama. Kecuali pemesanan ynag bisa dilakukan kapan saja.
B.
Rencana
pengoperasian usaha
1. Proses
operasi usaha
Proses
operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencan persediaan produk,
penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya
penjualan dan pemesanan.
2. Kebutuhan
bahan operasi
Kebutuhan
bahan operasi bakso dan mi ayam atana dikelola oleh masing-masing bagian dan
nantinya dikoordinasikan dengan pemilik mengenai bahan operasi yang meliputi
pendanaan, jumlah produk dan kegiatan pemasaran.
3. Kegiatan
perawatan usaha
Penentuan
teknologi yang diterapkan sangat tergantung kepada skala unit usaha yang
didirikan. Beberapa pedoman umum yang dapat digunakan dalam pemilihan
teknologi, yaitu: seberapa jauh derajat mekanisasi yang diinginkan dan manfaat
ekonomi yang diharapkan, keberhasilan pemakaian teknologi di tempat lain, serta
kemampuan tenaga kerja dalam pengoperasian teknologi tersebut. Dalam kegiatan
perawatan mesin kami menggunakn tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin-mesin
yang kami gunakan. Misalmya mesin teller, kendaraan. Perawatan kipas angin,dll.
Perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakn tenaga
ahli dari mitra kerja kami.
BAB V
ASPEK
KEUANGAN
A. Kebutuhan dana investasi
1.
Dana aktiva
Dana aktiva mencapai Rp 22.396.000,00 yang meliputi:
no
|
Aktiva
|
Harsat X Qty
|
Jumlah
|
1
|
Sewa
bangunan
|
1 unit x
Rp10.000.000,00
|
Rp 10.000.000,00
|
2
|
Meja makan
|
10 unit x
Rp200.000,00
|
Rp 2.000.000,00
|
3
|
Kursi
makan
|
10 unit x
Rp130.000,00
|
Rp 1.300.000,00
|
4
|
Kompor
|
3 unit x
Rp150.000,00
|
Rp 450.000,00
|
5
|
Gerobak
meja
|
1 unit x
Rp3.000.000,00
|
Rp 3.000.000,00
|
6
|
Kipas
angin
|
4 unit x Rp145.000,00
|
Rp 580.000,00
|
7
|
Mangkok
|
10 lusin x Rp100.000,00
|
Rp 1.000.000,00
|
8
|
Gelas
|
10 lusin x Rp80.000,00
|
Rp 800.000,00
|
9
|
Sendok
|
10 lusin x Rp45.000,00
|
Rp 450.000,00
|
10
|
Garpu
|
10 lusin x Rp40.000,00
|
Rp 400.000,00
|
11
|
Lap
|
10 unit x Rp6.000,00
|
Rp 60.000,00
|
12
|
Tabung gas
3 kg
|
3 unit x
Rp 90.000,00
|
Rp 270.000,00
|
13
|
Ember cuci
|
4 unit x
Rp5.000,00
|
Rp 20.000,00
|
14
|
Meja kasir
|
1 unit x
Rp125.000,00
|
Rp 125.000,00
|
15
|
Kursi
kasir
|
1 unit x
Rp 90.000,00
|
Rp 90.000,00
|
16
|
Tempat sendok
|
10 unit x Rp 5.000,00
|
Rp 50.000,00
|
17
|
Lampu
|
4 unit x Rp 8.000,00
|
Rp 32.000,00
|
18
|
Pisau
|
5 unit x Rp 15.000,00
|
Rp 75.000,00
|
19
|
Panci
|
4 unit x Rp 40.000,00
|
Rp 120.000,00
|
20
|
Spanduk
|
1 unit x Rp 50.000,00
|
Rp 50.000,00
|
21
|
Gayung
|
3 unit x Rp 18.000,00
|
Rp 54.000,00
|
22
|
Kalkulator
|
1 unit x Rp 30.000,00
|
Rp 30.000,00
|
23
|
Toples
|
10 unit x Rp 10.000,00
|
Rp 100.000,00
|
24
|
Penggiling daging
|
1 unit x Rp 1.250.000,00
|
Rp 1.250.000,00
|
25
|
Tampan
|
3 unit x Rp 5.000,00
|
Rp 15.000,00
|
26
|
Ember besar
|
3 unit x Rp 15.000,00
|
Rp 45.000,00
|
27
|
Batu ulek
|
1 unit
xRp30.000,00
|
Rp 30.000,00
|
Jumlah
|
Rp 22.396.000,00
|
2.
Modal kerja
Modal kerja
digunakan untuk membiayai seluruh aktiva mencapai Rp66.834.400,00 yang terdiri
dari:
Uraian
|
Satuan
|
H/U
|
Subtotal
|
Frek
|
total
|
daging sapi
|
10 kg
|
75.000
|
750.000
|
26
|
19.500.000
|
tepung kanji
|
10 kg
|
6.500
|
65.000
|
26
|
1.690.000
|
bawang putih
|
0.2 kg
|
27.000
|
5.400
|
26
|
140.400
|
garam
|
0,2 kg
|
20.000
|
4.000
|
26
|
104.000
|
merica
|
0,2 kg
|
20.000
|
4.000
|
26
|
104.000
|
seledri
|
0,2 kg
|
10.000
|
2.000
|
26
|
52.000
|
keju standart
|
5 kg
|
35.000
|
175.000
|
26
|
4.550.000
|
cabai ijo
|
10 kg
|
45.000
|
450.000
|
26
|
11.700.000
|
telur puyuh
|
5 kg
|
15.000
|
75.000
|
26
|
1.950.000
|
sedotan
|
10 set
|
5.000
|
50.000
|
26
|
1.300.000
|
gula
|
3 kg
|
12.000
|
36.000
|
26
|
936.000
|
the
|
5 set
|
4.500
|
22.500
|
26
|
585.000
|
es batu
|
10 balok
|
500
|
5.000
|
26
|
130.000
|
jeruk
|
5 kg
|
3.500
|
17.500
|
26
|
455.000
|
tahu
|
5 kg
|
5.000
|
25.000
|
26
|
650.000
|
bakmi
|
5 kg
|
7.000
|
35.000
|
26
|
910.000
|
plastik
|
3 set
|
1.500
|
4.500
|
26
|
117.000
|
sabun cuci
|
5 set
|
2.000
|
10.000
|
26
|
260.000
|
saus
|
10 botol
|
6.000
|
60.000
|
26
|
1.560.000
|
kecap
|
10 botol
|
6.000
|
60.000
|
26
|
1.560.000
|
penyedap rasa
|
3 set
|
1.000
|
3.000
|
26
|
78.000
|
kerupuk
|
300 bungkus
|
500
|
150.000
|
26
|
3.900.000
|
pangsit
|
300 bungkus
|
500
|
150.000
|
26
|
3.900.000
|
tas plastik
|
1 set
|
3.500
|
3.500
|
26
|
91.000
|
isi ulang gas
|
3 buah
|
4.000
|
12.000
|
26
|
312.000
|
gaji karyawan
|
6 orang
|
850.000
|
5.100.000
|
1
|
5.100.000
|
listrik
|
200.000
|
1
|
200.000
|
||
biaya promosi
|
5.000.000
|
5.000.000
|
|||
jumlah
|
12.474.400
|
66.834.400
|
Total
kebutuhan dana adalah Rp 89.230.400,00(delapan puluh sembilan juta dua ratus
tiga puluh ribu empat ratus rupiah)
B. Struktur pembiayaan
Dalam pembiayaan ini, modal yang
digunakan untuk beroperasi berasal dari modal sendiri sebesar Rp89.230.400,00.
C. Proyeksi keuangan
1.
Proyeksi pendapatan
Uraian
|
Satuan
|
Harga
|
Subtotal
|
Bakso
|
150
mangkok
|
Rp8.000,00
|
Rp 1.200.000,00
|
Bakso keju
|
150
mangkok
|
Rp8.000,00
|
Rp 1.200.000,00
|
Bakso urat
|
200
mangkok
|
Rp10.000,00
|
Rp 2.000.000,00
|
Mi ayam
|
125
mangkok
|
Rp6.000,00
|
Rp 750.000,00
|
Es teh
|
200 gelas
|
Rp1.500,00
|
Rp 300.000,00
|
Es jeruk
|
150 gelas
|
Rp2.000,00
|
Rp 300.000,00
|
Sup buah
|
100 gelas
|
Rp5.000,00
|
Rp 500.000,00
|
Krupuk
|
250
bungkus
|
Rp1.000,00
|
Rp 250.000,00
|
Pendapatan
per hari
|
Rp 6.500.000,00
|
||
Pendapatan
per bulan Rp6.500.000 x 26 hari
|
Rp 165.000.000,00
|
||
Pendapatan
per tahun Rp165.000.000 x 12 bulan
|
Rp1.980.000.000,00
|
2.
Proyeksi biaya per
tahun
Uraian
|
Biaya
|
Pengadaan barang dagangan
|
Rp 64.834.000,00
|
Gaji karyawan
|
Rp 57.600.000,00
|
Biaya listrik
|
Rp 1.800.000,00
|
Biaya telephon
|
Rp 500.000,00
|
Perlengkapan kebersihan
|
Rp 200.000,00
|
Pbb
|
Rp 10.000.000,00
|
Dep bangunan 5 tahun
|
Rp 10.000.000,00
|
Depresiasi
|
Rp 17.300.000,00
|
Jumlah
|
Rp 162.234.000,00
|
c. Proyeksi rugi / laba
Uraian
|
Biaya
|
Investasi
|
Rp 89.230.400,00
|
Pendapatan
|
Rp 1.980.000.000,00
|
Biaya operasional
|
Rp 1.900.000.000,00
|
Depresiasi
|
Rp 27.300.000,00
|
EBT
|
Rp 52.700.000,00
|
Pajak
|
Rp 10.000.000,00
|
EAT
|
Rp 42.700.000,00
|
Depresiasi
|
Rp 27.300.000,00
|
Aliran kas bersih
|
Rp 70.000.000,00
|
d. Penilaian kelayakan investasi
v Metode payback period
Akhir Tahun Ke
|
Aliran Kas Masuk
|
Investasi Awal
|
Sisa Investasi
|
0
|
Rp -
|
Rp89.230.400,00
|
Rp 89.230.400,00
|
1
|
Rp 70.000.000,00
|
Rp89.230.400,00
|
Rp 19.230.400,00
|
2
|
Rp 70.000.000,00
|
Rp19.230.400,00
|
Rp -
|
3
|
Rp 70.000.000,00
|
Rp -
|
Rp -
|
4
|
Rp 70.000.000,00
|
Rp -
|
Rp -
|
Investasi akan kembali
dalam waktu 1 tahun 9 bulan
v Metode net present
value
Akhir tahun ke
|
Cash flow
|
DF 10 %
|
|
DF
|
PV cash flow
|
||
1
|
Rp 70.000.000,00
|
0,909
|
Rp 63.630.000,00
|
2
|
Rp 70.000.000,00
|
0,826
|
Rp 57.820.000,00
|
3
|
Rp 70.000.000,00
|
0,751
|
Rp 52.570.000,00
|
4
|
Rp 70.000.000,00
|
0,683
|
Rp 47.810.000,00
|
5
|
Rp 70.000.000,00
|
0,621
|
Rp 43.470.000,00
|
jumlah PV cash flow
|
Rp 265.300.000,00
|
||
jumlah PV investasi
|
Rp 89.230.400,00
|
||
jumlah NPV
|
Rp 176.069.600,00
|
NPV = Rp
176.069.600,00 X 100%
Rp
89.230.400,00
=
1,97 / 197 %
Investasi layak diterima karena
nilai net present valuenya lebih besar dari 0 atau 197 %, juga berarti dengan
menggunakn discount factor 10 % 5 tahun kemudian kekayaan bakso dan mi ayam atana
akan bertambah sebanyak Rp176.069.600,00.
v Metode profitability
index
PI = PV aliran kas
bersih
PV Investasi
PI = Rp 265.300.000,00
Rp
176.069.600,00
= 1,5
Investasi layak diterima karena
nilai provitability index nya lebih besar dari 1 atau 1,5 %
v Metode average rate of
return (ARR)
ARR = Rata-rata net
cash flow
Investasi
ARR = Rp 70.000.000,00
Rp176.069.600,00
=
0,39
Investasi layak diterima karena
nilai average rate of return (ARR) nya lebih besar dari 0 atau 0,39 %
v Metode internal rate of
return (IRR)
BAB VI
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
A.
Penambahan devisa
Adanya investasi di
dalm usah bakso dan mi ayam atana ini membawa dampak terhadap devisa negara
indonesia melalui bea cukai pajak. Sedangkan pendapatan pemerintah meningkat
melalui pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh bakso dan mi ayam atana.
B.
Penyerapan tenaga kerja
Usaha bakso dan mi ayam
atana ini memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 6
orang dan mengurangi angka pengangguran di masyarakat.
C.
Dampak terhadap lingkungan masyarakat
1. Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan
2. Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru
3. Peningkatan makanan yang sehat dan enak bagi masyarakat
4. Mengembangkan kuliner khas indonesia
D.
Dampak terhadap industri lain
Bagi usaha yang sejenis
tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
BAB VII
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari analisis beberapa
faktor, ternyata bakso dan mi ayam atana mapu memberikan hasil yang baik dan
dapat dikatakan layak untuk dijalankan, tingkat persaingan di wilayah
wedarijaksa pati yang belum terlalu kompetitif memberikan peluang yang baik
untuk dibidik dijadikan peluang usaha. Dan peluang tersebut memberikan rasa
optimis untuk menjalankan usaha ini.
B.
Saran
Dalam menjalankan usaha
bakso dan mi ayam, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana
menjaga kualitas rasa yang tiada tandingnya dengan para pesaind dan mencari
segmen yang tepat. Serta penentuan lokasi juga menentukan dalam hal ini.
Sangat Bermanfaat, Ide Bisnis Pernikahan, untuk yang ingin memulai usaha
ReplyDeletenumpang promote ya min ^^
ReplyDeletebuat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||