PAGAR
KAWIS
(PERMEN AGAR-AGAR KAWIS)
Makalah
Disusun Guna Memenuhi Tugas UAS
Mata Kuliah : Study Kelayakan Bisnis
D osen Pengampu : Danang
Kurniawan, SE, MM
Disusun Oleh:
Arum Dwi Nastiti Hidayati (212461)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH / MBS
TAHUN 2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Agar-agar merupakan makanan dengan bahan
dasarnya rumput laut yang sangat bermanfaat dan berkasiat untuk kesehatan
terutama kesehatan pencernaan. Dengan terus tumbuhnya kreatifitas, sehingga
agar-agar dapat dibuat permen yang cukup simpel pembuatannya. Permen Agar-agar dengan aneka
rasa buah-buahan sangat disukai anak-anak dan orang dewasa, karena rasanya yang
manis dan teksturnya yang kenyal dibandingkan permen jenis permen yang keras
sehingga aman saat dikonsumsi, tidak melukai langit-langit mulut seperti saat
mengkonsumsi permen jenis permen yang bertekstur.
Buah kawis yang sebelumnya hanya diolah menjadi
sirup kawista dan dodol, kini akan ada inovasi olahan buah ini, yaitu permen
agar-agar kawis (pagar kawis). Karena bubuk agar-agar rasa kawis juga belum
ada, jadi usaha ini menggunakan agar-agar biasa kemudian ditambah dengan sari
buah kawis. Rasa dari buah kawis akan dominan daripada rasa agar-agarnya
sendiri.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana Penemuan Ide
Usaha Pagar Kawis ?
2.
Apa Tujuan Usaha Pagar
Kawis ?
3.
Bagaimana Analisis Aspek
Pemasaran Pagar Kawis ?
4.
Bagaimana Analisis Aspek Produksi
Pagar Kawis ?
5.
Bagaimana Analisis Aspek Manajemen
Pagar Kawis ?
6.
Bagaimana Analisis Aspek Financial
Pagar Kawis ?
7.
Bagaimana Analisis Aspek Lingkungan
Pagar Kawis ?
BAB II
PEMBAHASAN
Profil
usaha
Nama Usaha :
Pagar Kawis (Permen Agar-Agar
Kawis)
Jenis Organisasi : Usaha Mikro
Bidang Usaha : kuliner/ makanan ringan
Pemilik :
Arum Dwi Nastiti Hidayati
Alamat Usaha :
Desa Mojorembun
Kecamatan Kaliori
Kabupaten Rembang
No Telp :
085643715232
Email :
arumnastiti23@gmail.com
Visi
Untuk menganekaragaman hasil olahan makanan
khususnya permen yang mempunyai nilai tambah bagi konsumen sebagai salah satu
makanan alternatif pengganti cemilan yang nikmat dan sehat.
Misi
1.
Memperkenalkan buah kawis
sebagai buah khas Rembang sehingga kota produksi juga lebih dikenal.
2.
Memproduksi varian permen
baru dengan memanfaatkan agar-agar dan buah kawis sebagai bahan baku.
3.
Membuat produk permen yang
berkualitas dan inovatif sehingga diminati semua lapisan masyarakat dimanapun
berada
4.
Menjadikan pagar kawis
sebagai oleh-oleh khas Rembang
Memperkenalkan Buah Kawis
Kawis merupakan tumbuhan yang mampu hidup di daerah
bertanah kering dan identik dengan kota Rembang meskipun sebenarnya pohon
kawis ini berasal dari India bagian selatan. Pohon
ini menyukai daerah kering, batangnya relative kecil dan bisa mencapai tinggi hingga12
meter dengan cabang dan ranting yang ramping dan biasanya ditumbuhi duri. Buah
kawis berbentuk bulat, berkulit keras, bersisik dan berwarna coklat putih.
Daging buahnya berbau harum berwarna coklat kehitaman. Buah kawis yang relah
cukup masak akan jatuh dengan sendirinya. Karena kulit buahnya keras, meskipun
jatuh buah ini tidak akan rusak.
Buah kawis dapat dimakan langsung atau diolah menjadi
berbagai komoditas seperti sirup, dan dodol. Selain itu, buah kawis yang matang
dipercaya dapat menjadi obat turun panas, sakit perut dan sebagai tonikum.
Kulit batang dapat menjadi campuran jamu untuk mengatasi haid, mual-mual bahkan
luka akibat gigitan serangga.
A.
Penemuan
Ide Pagar Kawis
Sebagai seorang yang cinta akan tanah air
Indonesia, pemanfaatan sumber daya alam dari negeri sendiri sangat ditekankan
terutama dari tanah kelahirannya atau yang sering disebut sebagai sesuatu yang
khas. Hal tersebut untuk memberikan suatu apresiasi terhadap kekayaan di
tanah kelahiran. Seperti halnya dengan
olahan buah kawis yang merupakan buah khas Rembang.
Buah kawis yang sebelumnya hanya diolah menjadi
sirup kawista dan dodol, kini akan ada inovasi olahan buah ini, yaitu permen
agar-agar kawis. Karena bubuk agar-agar rasa kawis juga belum ada, jadi usaha
ini menggunakan agar-agar biasa kemudian ditambah dengan sari buah kawis. Rasa
dari buah kawis akan dominan daripada rasa agar-agarnya sendiri.
Permen Agar-agar sangat disukai anak-anak dan
orang dewasa, karena rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal dibandingkan
jenis permen yang keras sehingga aman saat dikonsumsi, tidak melukai
langit-langit mulut seperti saat mengkonsumsi permen yang bertekstur keras.
Dengan inovasi permen agar-agar ini diharapkan
menarik perhatian seluruh kalangan masyarakat sehingga bukan hanya buah kawis
yang dikenal, namun juga daerah produksi permen agar-agar kawis.
B.
Tujuan Usaha
Pagar Kawis
1.
Mendapatkat
keuntungan atau laba
2.
Melakukan
inovasi pada buah kawis yang merupakan buah khas Rembang. Buah kawis akan
terekspose ke masyarakat luas sehingga semakin banyak yang mengenal buah berbau
harum ini bukan hanya sebagai sirup tapi sebagai permen agar-agar.
3.
Meningkatkan
perekonomian keluarga
4.
Memenuhi
kebutuhan masyarakat
5.
Membuka
usaha mikro baru
C.
Analisis
Aspek Pemasaran Pagar Kawis
1)
Analisis
Marketing Mix (4P)
a.
Product (Produk)
Produk
permen agar-agar sangat cocok untuk makanan cemilan, disamping itu, tidak
menggunakan pengawet dan aman untuk dikonsumsi. Produk permen agar-agar berbentuk
segi panjang dengan garis bergelombang. Makanan permen ini dikemas dan
disajikan menarik, praktis dan siap makan.
b.
Price (Harga)
Harga
jual produk disesuaikan dengan harga pasar yaitu sebesar Rp. 5.000/bungkus
dengan isi 20 butir. Dengan rasa dan kemasan menarik permen
agar-agar ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya
akan serat serta baik untuk kesehatan terutama pencernaan.
c.
Place (Tempat)
Dikarenakan
pagar kawis ini adalah usaha rumahan, maka yang dijadikan tempat usaha ini
adalah rumah saya sendiri di Mojorembun Kaliori Rembang. Dalam hal distribusi, pagar
kawis menggunakan jalur distribusi di warung-warung sampai pasar tradisional yang tersebar merata di
sekitar daerah produksi. Usaha ini juga menerima pesanan dan juga bisa
membeli di tempat produksi.
d.
Promotion (promosi)
Promosi permen
agar-agar kawis dilakukan dengan mendatangi distributor dan konsumen
secara langsung yaitu dengan menawarkan produk tersebut ke warung makanan,
pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, dan tempat lainnya. Promosi juga
terjadi dari mulut ke mulut dan juga dilakukan melalui media social.
2)
Analisis
STP
a.
Segmentasi
Segmentasi
ditujukan untuk semua pasar dan semua
lapisan masyarakat mulai dari kalangan bawah, menengah sampai atas di seluruh pelosok Indonesia yang dimulai dari kota
Rembang. Karena produk ini dipasarkan dengan harga yang
relatif murah sehingga cocok untuk semua kalangan.
b.
Targeting
Target dari Kawisku adalah yang menyukai permen, rasa agar-agar yang berbeda, harum dan praktis untuk semua usia mulai anak-anak
(usia 9 sampai 12 tahun), remaja (usia 13 sampai 18 tahun) dan dewasa baik pria
dan wanita dari semua kalangan masyarakat.
c.
Positioning
Pagar
kawis merupakan satu-satunya permen agar-agar dengan rasa kawis. Rasa kawis
didapat dari sari buah kawis asli.
Sementara agar-agar-agar berbagai warna
dengan rasa yang berbeda-beda berfungsi memberikan warna pada permen, tanpa
menambahkan pewarna makanan. Rasa asli dari agar-agar sendiri akan kalah dengan
rasa buah kawis yang unik dan harum. Produk pagar kawis menempati posisi yang
unik, lezat dan kreatif bagi masyarakat. Produk ini adalah produk yang tidak
bahaya bahkan baik untuk kesehatan. Hal ini menambah keunggulan
kompetitif dari kawis.
Aspek kedepan
Meningkatkan produksi penjualan, meningkatkan status
perusahaan, menambah jenis produk ,dan memperluas wilayah pemasaran.
D.
Analisis Aspek Produksi
Pagar Kawis
1. Lingkungan Tempat Produksi
Tempat produksi permen agar-agar ini berada di
desa Mojorembun kecamatan Kaliori kabupaten Rembang. Lokasi produksi jauh dari
jalan raya namun hal tersebut bukan suatu penghalang pemasaran produk.
Keberadaan tempat produksi ini tidak menyebabkan polusi baik dalam bentuk debu,
suara maupun limbah karena tidak menggunakan peralatan mesin yang bisa
menimbulkan kebisingan sehingga keberadaan tempat produksi ini dapat diterima
baik oleh penduduk. Walaupun agak jauh dari sumber bahan baku buah kawis, namun
usaha ini akan tetap lancar karena ada kepercayaan antara kedua belah pihak.
2.
Bahan dan Alat Produksi
Usaha pembuatan permen agar-agar membutuhkan
bahan baku berupa agar-agar bubuk berbagai warna. Bahan baku tersebut
tersedia cukup melimpah dan mudah untuk didapatkan. Sementara buah kawis
didapat dari daerah Lasem Rembang. Berikut bahan dan alat produksinya:
Kompor dan gas (1), loyang (10), panci (2),
pisau gelombang (3), gelas (8), irus (3), plastic (24 pack), tali pembungkus (4
roll), blender (1), saringan (2), sendok (4), baskom (3).
Agar-agar bubuk (8 bungkus), gula pasir (2 kg),
buah kawis (8 buah), air (16 gelas).
3. Pesediaan Bahan Baku
Dalam
kegiatan produksi, bahan baku yang digunakan adalah bahan yang tahan lama.
Karena bahan baku yang dibutuhkan sudah ada di pasaran, jadi dalam kegiatan
produksi ini tidak harus menyediakan stok yang berlebih.
4. Cara Pembuatan
a)
Rebus 8
bungkus agar-agar kering dengan 16 gelas air sari buah kawis sehingga mendidih.
b)
Masukkan
gula pasir masak sambil di aduk-aduk sampai gulanya hancur dan adonan menjadi
kental.
c)
Tuang di
loyang datar, tebalnya kira-kira 1 jari. Sebagian dituang dalam cetakan.
d)
Dinginkan,
lalu potong persegi-persegi kecil. Lebih baik dipotong dengan pisau berombak.
Jemur sampai kering dan berkristal.
e)
Balik-balikan
agar-agar supaya rata keringnya. Proses ini mungkin mengambil waktu 8 sampai 10 hari.
f)
Setelah
kering, simpan di tempat tertutup.
Kapasitas
Produksi
Kapasitas produksi yang direncanakan adalah sebanyak 40 bungkus
setiap 1 kali produksi atau per
hari
E.
Analisis Aspek Manajemen
Pagar Kawis
1.
Kepemilikan dan Tenaga
Kerja
Bentuk kepemilikan
usaha tergantung pada banyak faktor seperti ukuran dari bisnis, keuangan,
luas pertanggung jawaban, dll. Bentuk kepemilikan usaha pembuatan permen
agar-agar ini adalah usaha milik sendiri, dengan pemilik usaha adalah
saya sendiri yang nantinya juga akan merangkap sebagai sekretaris dan bendahara
usaha.
Tenaga kerja yang dibutuhkan dalam proses produksi adalah
tenaga kerja produktif di lingkungan sekitar sehingga diharapkan dengan adanya
usaha ini dapat membantu penyerapan tenaga kerja yang sebelumnya tidak memiliki
aktivitas. Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 2 orang semuanya
perempuan di bagian produksi dan marketting.
Struktur organisasinya yaitu: pemilik (owner), bagian
produksi dan bagian pemasaran.
2.
Analisis SWOT
a)
Strength / Kekuatan
Harga jual yang relative
murah dan disesuaikan dengan harga pasar Permen agar-agar dikemas dan disajikan
menarik, praktis, dan siap dimakan.
Pagar kawis juga tanpa pemanis
buatan (menggunakan gula murni)
b)
Weakness / Kelemahan
Pesaingan, Fakor cuaca dan
Daya tahan produk
c)
Opportunities /
Kesempatan
Pagar kawis memiliki
peluang yang cukup besar karena selain memiliki cita rasa yang unik dan harum,
juga memiliki kandungan gizi yang memadai karena dilihat dari bahan bakunya
yaitu agar-agar dan buah kawis.
d) Threat / Ancaman
Banyak pesaing yang meniru bentuk agar-agar cantik.
Selian itu Factor cuaca juga menjadi ancaman karena proses pengeringannya
dengan cara menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, tentunya di tentukan
oleh faktor cuaca. Kalau musim hujan tiba, mungkin produksi pembuatan agar-agar
kering ini akan mengalami hambatan.
F.
Analisis Aspek Financial Pagar Kawis
Modal awal yang dibutuhkan adalah Rp.
4.544.000. modal diperoleh dari uang sendiri sebanyak Rp. 1.500.000 dan pinjam
teman sebanyak Rp. 3.044.000. biaya pagar kawis per hari adalah sekitar Rp.
112.000
Biaya Tetap
No
|
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Harga
|
1
|
Kompor
|
1 buah
|
Rp. 250.000
|
Rp. 250.000
|
2
|
Gas
|
1 buah
|
Rp. 150.000
|
Rp. 150.000
|
3
|
Panci
|
2 buah
|
Rp. 75.000
|
Rp. 150.000
|
4
|
Baskom
|
3 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 30.000
|
5
|
Pisau
bergelombang
|
3 buah
|
Rp. 7.000
|
Rp. 21.000
|
6
|
Loyang
|
10 buah
|
Rp. 5.000
|
Rp. 50.000
|
7
|
Gelas
|
8 buah
|
Rp. 5.000
|
Rp. 40.000
|
8
|
Blender
|
1 buah
|
Rp. 350.000
|
Rp.350.000
|
9
|
Sendok
|
4 buah
|
Rp. 2.500
|
Rp. 8.000
|
10
|
Saringan
|
2 buah
|
Rp. 4000
|
Rp. 8.000
|
11
|
Irus
|
3 buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 30.000
|
12
|
Biaya
lain-lain
|
Rp. 110.000
|
||
Jumlah
|
Rp. 1.197.000
|
Biaya Variabel
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Harga Satuan
|
Total Harga
|
1
|
Agar-agar
bubuk (8x30)
|
240 bungkus
|
Rp. 2.500
|
Rp. 600.000
|
2
|
gula pasir (2x30)
|
60 kg
|
Rp. 9.000
|
Rp. 540.000
|
3
|
buah kawis
(8x30)
|
240 buah
|
Rp. 3.500
|
Rp. 840.000
|
4
|
Isi ulang
gas
|
1 gas
|
Rp. 21.000
|
Rp. 21.000
|
5
|
Air
|
8 galon
|
Rp. 4.500
|
Rp. 36.000
|
6
|
Plastic
pembungkus
|
24 pack
|
Rp. 10.000
|
Rp. 240.000
|
Tali
pembungkus
|
4 roll
|
Rp. 5.000
|
Rp. 20.000
|
|
7
|
Gaji
karyawan
|
2 orang
|
Rp. 600.000
|
Rp.
1.200.000
|
8
|
Biaya
transportasi
|
Rp. 15.000
|
Rp. 450.000
|
|
Jumlah
|
Rp.
3.347.000
|
Proyeksi keuntungan pagar
kawis
Prndpatan perhari = 40 bungkus x Rp. 5.000 = Rp. 200.000
Laba kotor per bulan = 30 x Rp. 200.000 = Rp. 6.000.000
Laba bersih per bulan = Rp. 6.000.000 – Rp. 3.347.000
= Rp.2.653.000
Perlatan baru akan dilakukan dengan harga Rp. 2.500.000
dengan umur ekonomisnya adalah 2 tahun. Sementara peralatan lama diperkirkan
masih bisa digunakan selama 1 tahun dan jika dijual dengan harga Rp. 547.000
Proceeds = laba bersih + penyusutan
= 2.653.000
– 547.000
= 3.200.000
= 3,2 juta
Jadi jumlah proceeds adalah 3,2 juta pertahun selama 2
tahun umur ekonomis peralatan.
Peralatan baru/umur ekonomis = Rp.2.500.000/2 = 1.250.000 (1,25 juta)
Rp. 2.500.000 – Rp. 1.250.000 = Rp. 1. 250.000
PP = 0.39 kalau
dibulatkan (0,4)
Jadi payback period atau kembalinya modal akan terjadi
pada 4 bulan.
G.
Analisis
Aspek Lingkungan Pagar Kawis
1.
Dampak
social
Dengan adanya rencana bisnis ini akan membuka
peluang untuk menyerap tenaga kerja langsung di sekitar lokasi pendirian
usaha., sehingga dapat meningkatkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.
2.
Aspek
ekonomi
Dengan adanya bisnis ini diharapkan dapat
meningkatkan perekonomian pribadi dan membantu melahirkan jiwa kewirausahaan di
lingkungan sekitar.
numpang promote ya min ^^
ReplyDeletebuat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||