Halaman

Monday, March 18, 2019

bisnis plan usaha karaoke


USAHA KARAOKE
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis (SKB)
Dosen pengampu : Danang Kurniawan,SE,MM



Disusun Oleh :
M. MIFTAHUL ULUM         : 212454



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH / MBS
TAHUN 2015


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
          Perkembangan pemikiran manusia menuntut gaya bermain atau hiburan bagi setiap individu yang stres akin pekerjaan yang setiap hari mereka lakukan, karena adanya keinginan dari para pekerja yang menginginkan hiburan yang mengikuti perkembanagan zaman maka ada peluang usaha usaha didalamnya. Salah satu peluang usaha yang bertujuan untuk hiburan maka saya akan membuka hiburan karaoke.
       Saya berniat membuka bisnis ini karena permintaan dari masyarakat yang berpikir secara modern yang sesuai pada kondisi sekarang. Di dalamnya mengedepankan pada kenyamanan dan kebersihan .

B.  Gambaran Umum Industri
Usaha yang akan diberi nama”MPK KARAOKE” yang berlokasi di jepara yang tepatnya di daerah saya bugel. Usaha yang bergerak dalam  bidang usaha Musik dengan  mengedepankan jasa tempat karaoke (tempat bernyanyi) untuk keluarga.


BAB II
ASPEK MANAJEMEN, YURIDIS DAN SEMBER DAYA MANUSIA

A.    Nama Unit Usaha
Unit usaha ini di beri mama “ MPK KARAOKE” yang bergerak pada usaha karaoke.
Nama organisasi                      : MPK KARAOKE
Pemilik                                    : M Miftahul Ulum
Alamat                                    : JL maju modern bugel jepara


B.     Legalitas Usaha
            Legalitas usaha ini telah mendapat perijinan dari pemerintah maupun masyarakat yang di sertai dengan dokumen lengkap.
C.     Organisasi
1.     1 orang manajer
2     2 orang wanita penerima tamu
3.      4 orang pelayan
4.      1 orang teknisis
5.      3 orang office boy

  1. Pemasaran
Pembagian brosur dan pamflet di sekitar lokasi usaha, menjadi salah satu strategi pemasaran. Bila perlu lakukan promosi dengan memasang iklan di beragai media massa, sehingga masyarakat luas mengetahui keberadaan bisnis saya.
Strategi pemasaran juga dapat dicoba dengan memasang papan nama dengan ukuran besar disekitar lokasi. Sehingga orang yg melewati kawasan tersebut mengetahui adanya bisnis karaoke tersebut. Namun jika anda menghendaki banyak orang mengatahui bisnis anda secara langsung, bisa dilakukan dengan cara mengadakan lomba karaoke dengan hadiah tertentu. Sehingga masyarakat luas khususnya yang mengikuti lomba tersebut mengenali bisnis tersebut.

  1. Analisis SWOT
STRENGHT (kekuatan) dalam usaha ini adalah :
-         Tempat yang nyaman dan fasilitas yang lengkap.
-         Bisa menjadi tempat hiburan keluarga.
-         Harga sewa yang relatif murah.
 WEARNESS (kelemahan) dalam usaha ini adalah :
-         Memb utuhkan modal yang cukup banyak.

 OPORTUNITY (peluang) dalam usaha ini adalah :
-         Tidak menutup kemungkinan memiliki banyak pelanggan.
-         Bisa jadi usaha ini dapat berkembang.
 THREAT (ancaman) dalam usaha ini adalah :
-         Adanya tanggapan negatif dari masyarakat
-         Adanya pesaing yang membuka usaha yang sama.

  1. Penawaran
Permintaan dari masyarakat yang menginginkan hiburan baru di wilayah bugel jepara menjadikan keinginan saya untuk membangun bisnis ini. Berbeda dengan bisnis yang lainbisnis karaoke ini akin meningkatkan mutu pelayanan dan juga kenyamanan bagi setiap pelangan.  Peluang bisnis ini tidak ada matinya mengingat semakin banyaknya manusia yang menginginkan hiburan.


BAB III
ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI

  1. Rencana Pengembangan
a.       lokasi usaha
Lokasi usaha yang akin saya bangun ini berada di : JL maju modern bugel jepara.
b.      Sarana Prasarana
            Sarana yang akin kami berikan ruanagan yang berisikan alat alat cangih yang menunjang karaoke kelas atas.
c.       Bangunan dan tata letak
            Bangunan yang akin saya dirikan inidi atas tanah1000 m2 di mana luas tanah untuk mendirikan bangunan 750m2 dan sisanya sebagai tempat parkir.

2. Rencana pengoperasian  usaha
a         Proses orerasi
            Proses operasi perusahaan meliputirencana pemasaran, rencana pelayanan pelangan, rencana penjadwalan dan pengajian, pengawasan biaya pendapatan.
b        Kebutuhan Bahan Orerasi
            Masing masing bagian akin di kelola oleh manajer yang kreatifitasnya akin di terapkan dengan sebaik baiknya.
c         Kegiatan pelayanan
            Agar pelangan nyaman tentunya adanya tempat yang bersih maka setiap selesai di pergunakan akin ada yang selalu membersihkan tempat selesai di pergunakan.

BAB IV
ASPEK KEUANGAN

1.                  Aspek Modal Usaha
Modal awal :           Rp210.000.000.,-
Bangunan: Rp 150.000.000
Pendukung: Rp 60.000.000
Biaya Tetap :
Nama Barang
Harga/Unit
Banyak@
Jumlah Total
Komputer
Rp. 1.500.000
6
Rp    9.000.000
AC
Rp. 1.000.000
6
Rp    6.000.000
Sofa
Rp. 1.000.000
6
Rp    6.000.000
Microphone
Rp. 50.000
12
Rp       600.000
LCD
Rp. 2.500.000
6
Rp  15.000.000
Meja
Rp. 200.000
6
Rp    1.200.000
Sound
Rp. 1.000.000
6
Rp    6.000.000
Dekorasi
Rp. 5.000.000
-
Rp    5.000.000
Pemasaran
Rp. 500.000
-
Rp        500.000
J U M L A H
Rp   50.300.000
         
Biaya Variabel
No.
Jenis
Biaya/ Bulan
1
Listrik
Rp      600.000
2
Snack, Makanan Dan Minuman
Rp   3.000.000
3
Gaji karyawan
Rp   10.000.000
J U M L A H
Rp  13.600.000
                       
PERENCANAAN KEUANGAN
A.   Penentuan Harga Sewa
Berdasarkan fasilitas yang tersedia, saya menentukan harga sewa dari jasa karaoke /jam nya sebesar Rp 35.000,- dan itu belum termasuk makanan dan minuman yang akan dipesan.
B.   Analisis Pendapatan
Omset perhari :
-         Pendapatan Dari karaoke :
Rp 35.000,-/jam × 5jam × 6 ruangan
                                      = Rp 1.050.000,-
-         Pendapatan dari makanan/minuman saya perkirakan perhari mencapai Rp 100.000
Omset per bulan :
(Rp 1.050.000,-/hr × 30hr)+(Rp 100.000×30hr)
                                      = Rp 31.500.000+3000.000
                                     =Rp 34.500.000





C.    Perencanaan Laba – Rugi
Laba = pendapatan – biaya variabel
          = Rp 34.500.000 – Rp 13.600.000
          = Rp 21.000.000,-
Laba bersih = laba kotor – biaya penyusutan
                   = Rp 21.000.000 – Rp 2.000.000
                   = Rp 19.000.000,- per bulan
Modal awal akin kembali pada bulan ke 11.

BAB V
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL

1)      Penambahan Devisa
Adanya investasidi dalam usaha mini market membawa dampak terhadap devisa negara melalui pajak hiburan yang harus di bayarkan kepada perintah.
2)      Penyerapan tenaga kerjanya
Usaha karaoke ini memberi kontribusi trhadap penyerapan tenaga kerja dan memperkecil angka penganguran di masyarakat.
3)      Dampak terhadap lingkungan masyarakat
·         Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan.
·         Adanya lowongan pekerjaan baru
·         Terbantunya orang yang ingin mencari hiburan dan kebahagiaan.





PENUTUP
KESIMPULAN

Dengan keterbatasannya kapasitas peluang pekerjaan yang ada di Indonesia, sebab itu saya berencana untuk membuka usaha karaoke ini guna untuk membuat tempat hiburan bagi keluarga dan masyarakat luas serta saya berharap semoga bisnis ini membantu msyarakat menghilangkan stres dan dapat mengurangi pengangguran.
Demikian usahal yang telah saya rencanakant. Semoga Bisnis ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan dan keinginan saya. Terima kasih

No comments:

Post a Comment