SUSU KEDELAI
Disusun Guna Memenuhi Tugas akhir smester
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan, SE.MM
Disusun Oleh :
Ubaidillah
212471
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN
SYARI’AH / MBS
2015
BAB I
PEMBAHASAN
1.
Tahap Penemuam Gagasan
Meski
bentuknya kecil, kedelai bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan,
salah satunya adalah susu kedelai. Komposisi susu kedelai hampir sama dengan
susu sapi, oleh karena itu susu kedelai bisa digunakan sebagai pengganti susu
sapi terutama bagi mereka yang alergi laktosa pada sususapi. Kelebihan lain
susu kedelai dibanding susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama
sekali. Meski demikian, menurut Prof. Dr. Made Astawan, penulis buku Kandungan
Gizi dan Aneka Bahan Makanan, kandungan kolesterol susu sapi masih
tergolong sangat rendah bila dibandingkan dengan bahan pangan hewani lainnya. Karena
itu tak perlu khawatir minum susu sapi. Mutu protein susu kedelai juga hampir
sama dengan mutu protein susu sapi. Protein eficiency ratio (PER) susu
kedelai adalah 2,3 sedangkan PER susu sapi adalah 2,5. PER 2,3 artinya setiap
gram protein yang dimakan akan menghasilkan pertambahan berat badan sebesar 2,3
gram. Dengan demikian, makin tinggi nilai PER mencerminkan makin baik mutu
protein tersebut.
Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2 dan niasin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI, serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang cukup banyak. Meski begitu, susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya, terutama kalsium, lebih sedikit daripada susu sapi. Oleh karena itu, biasanya susu kedelai yang diproduksi pabrik selalu ditambah dengan mineral dan vitamin.
Secara umum susu kedelai mengandung vitamin B1, B2 dan niasin dalam jumlah yang setara dengan susu sapi atau ASI, serta mengandung vitamin E dan K dalam jumlah yang cukup banyak. Meski begitu, susu kedelai tidak mengandung vitamin B12 dan kandungan mineralnya, terutama kalsium, lebih sedikit daripada susu sapi. Oleh karena itu, biasanya susu kedelai yang diproduksi pabrik selalu ditambah dengan mineral dan vitamin.
2.
Bahan, Alat
Dan Proses Pembuatan Susu Kedelai
Dalam produksi
kali ini perusahaan kami akan memproduksi susu kedelai murni sebanyak 100
bungkus dan rasa cokelat sebanyak 50 bungkus, dimana setiap 1kg kacang kedelai
dapat menghasilkan 10liter susu kedelai.
a. BAHAN
1) Kedelai 5 kg
2) Air panas 40 liter
3) Air dingin utk perendaman 15
liter
4) Gula pasir 500 gram – 1kg
5) Panili 10 gram
6) Coklat 75 gram (atau perasa
lainnya)
7) Garam 75 gram
b. ALAT
1) Panci
2) mesin penggiling
3) Kain Saring atau kain blacu
4) Tungku atau kompor
c. CARA PEMBUATAN
1.
Bersihkan kedelai dari segala
kotoran, kemudian cuci;
2.
Rebus kedelai yang telah bersih
selama kira-kira 20 menit, lalu rendam dalam air bersih selama kira-kira 12 jam
3.
Cuci sampai kulit arinya terkelupas.
4.
Masukan kedelai yang sudah di
bersihkan ke dalam mesin giling.
5.
Campur kedelai yang sudah halus
dengan air panas. Aduk-aduk campuran sampai rata;
6.
Saring campuran dengan kain saring,
sehingga diperoleh larutan susu kedelai;
7.
Tambakan gula pasir, panili, coklat
( untuk susu kedelai cokelat), dan garam ke dalam larutan susu, lalu aduk
sampai rata dan panaskan hingga mendidih.
C. Aspek-Aspek
Dalam Studi Kelayakan Bisnis
·Aspek Hukum
A. Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama COUMBAD, bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan susu kedelai.
Nama
organisasi : Pabrik Susu Kedelai COUMBAD
Jenis
Organisasi : Produksi susu kedelai
Pemilik : Ubaidillah
·Aspek sosial
ekonomi dan budaya
a. Dari sisi budaya
Dengan
adanya produk susu kedelai "Sulai" ini,kami mengharapkan masyarakat
menjadi lebih memperhatikan kesehatannya dengan cara mengkonsumsi produk yang
kami buat.
b. Dari sudut ekonomi
Dengan
adanya produk susu kedelai ini, dapat membuat pengeluaran masyarakat lebih
sedikit dari biasanya karena harga susu kedelai "Sulai" yang lebih
murah dari susu jenis lainnya,namu tidak mengurangi kualitas dari susu kedelai
tersebut. Selain itu dapat meningkatkan ekonomi rakyat.
c. Dari segi sosial
Dengan adanya proses produksi susu
kedelai "Sulai",maka akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk
masyarakat sekitar, walaupun kuantitasnya tidak banyak.Dengan demikian, dapat
membantu mengurangi tingkat pengangguran.
·Aspek
Pemasaran
1.
Segmentasi, Targeting dan
Positioning
1.
Segmentasi
Yang menjadi segmen dari usaha ini
adalah kalangan menengah kebawah.
2.
Targeting
Yang menjadi target market adalah
semua kalangan,baik anak-anak,remaja,dewasa dan orang tua.
3.
Positioning
Kami ingin menciptakan image produk
kami di masyarakat sebagai produk yang bersih,sehat,dan murah.
B. Program Pemasaran
a. Tingkat pelayanan
Dalam
memasarkan susu kedelai "Sulai", kami memberikan layanan yang
memuaskan melalui layanan pemesanan dan delivery.
b. Penetapan harga
Penetapan
harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat
keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga
dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
c. Kegiatan
promosi
Beberapa
kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi berupa
pamflet dan spanduk, serta promosi langsung dari pintu ke pintu.
4.
Kegiatan Distribusi
Untuk
kegiatan distribusi, kami menggunakan jasa 2orang tenaga kerja yang akan
memasarkan produk ke beberapa warung atau toko terdekat.
·Aspek teknis
dan teknologi
Untuk meminimalkan pengeluaran
biaya, kami memilih lokasi produksi susu kedelai "Sulai" ini di rumah
salah satu pemilik produk ini agar tidak perlu membayar biaya sewa
tempat.Sedangkan untuk mengolah susu kedelai, kami menggunakan mesin penghancur
kedelai dengan kapasitas 25 kg kedelai.
·Aspek
manajemen
Pemilik
proses produksi susu kedelai "Sulai" ada tiga orang dengan jumlah
prosentase kepemilikan yang sama.Sedangkan untuk jumlah tenaga kerja,kami
menggunakan jasa 3orang tenaja kerja dimana 1 orang melakukan proses pembuatan
susu kedelai,dan 2 lainnya memasarkan susu kedelai tersebut.
·Aspek
Keuangan
Perhitungan Modal Awal :
Keterangan
|
Harga
|
per satuan
|
Mesin penggiling
|
3.500.000
|
|
Tabung gas
|
600.000
|
|
Panci
|
150.000
|
|
Peralatan lain-lain
|
200.000
|
|
Kompor
|
360.000
|
|
Total aktiva tetap
|
4.810.000
|
|
Bahan baku
|
||
Kacang kedelai
|
250.000
|
Kg ( 5 x 50.000 )
|
Garam
|
1.000
|
sachet
|
Panili
|
5.000
|
box
|
Cokelat bubuk
|
12.000
|
box
|
Gula Pasir
|
10.000
|
kg
|
Plastik bening
|
2.500
|
ons
|
Kertas merk
|
2.000
|
100 lbr
|
Total bahan-baku
|
282.500
|
|
Total Modal Awal
|
5.092.500
|
Perkiraan laba :
Total bahan baku
|
282.500
|
Output susu kedelai
|
150
|
Harga pokok susu per bungkus
|
1.883
|
Mark Up
|
1.
32.76%
untuk susu murni.
2.
59.32%
untuk susu cokelat.
|
Harga Jual
|
1.
Rp 2.500
untuk susu murni
2.
Rp 3.000
untuk susu cokelat
|
Pendapatan
1.
susu
kedelai murni
Rp 2.500 x 100
1.
susu
kedelai cokelat
Rp 3.000 x 50
|
Rp 250.000
Rp 150.000
|
Laba
|
Rp 117.550
|
3. TARGET PASAR
Dalam dunia marketing
ada istilah STP (Segmentasi-Targeting-Positioning sebelum Anda
memasarkan produk susu kedelai Anda. Jadi, pada segmen pasar mana,
target/sasaran pasar yang mana susu kedelai hendak dipasarkan? Lalu, bagaimana
Anda memosisikan susu kedelai itu. Mau menjadi substitusi susu kaleng tapi
lebih murah agar terjangkau kelas ekonomi bawah? Dari
STP ini, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, paling tidak Anda dapat
membayangkan ke arah mana sasaran pemasaran Anda. Dalam hal ini, perusahaan
kami menargetkan ke kelas ekonomi menengah ke bawah.
Selain itu,
dikenal juga istilah bauran permasaran 4P (product, price, place, dan promotion).
Artinya, untuk product (produk), seperti apa produk susu kedelai Anda,
apa bedanya dengan susu yang lain, apa kelebihannya. Lalu P kedua price
(harga), berapa harganya, lebih murah apa lebih mahal dengan susu yanglain.
ketiga place (lokasi/tempat). Nah, ini yang dekat dengan tenaga pemasar
yang akan direkrut karena ini adalah bagian dari strategi distribusi pemasaran.
Yang
terakhir adalan promotion (promosi, yaitu bagaimana upaya Anda untuk
menjadikan produk susu kedelai Anda dikenal orang. Oleh karena itu kami
menggunakan orang-orang untung berkeliling ke pasar-pasar tradisional untuk
mendistribusikannya, atau bisa juga di tempatkan di tempat-tempat kebugaran
karena susu kedelai ini baik untuk kesehatan. Dalam hal harga kami juga
memberikan kisaran harga yang sangat terjangkau antara Rp 2.500 – Rp 3.000
setiap bungkusnya.
BAB II
PENUTUP
KESIMPULAN
Dari hasil perhitungan laba dan
aspek-aspek dalam studi kelayakan bisnis,maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
pembuatan dan penjualan produk susu kedelai "Sulai" ini layak untuk
dijalankan, karena memberikan keuntungan yang lumayan besar bagi
pemiliknya.Selain itu, dengan adanya proses produksi susu kedelai ini
kemungkinan dapat memberikan hal-hal yang positif bagi masyarakat sekitar.
Buat yang ingin mulai usaha, coba lihat juga nih Pinjaman UMKM
ReplyDelete