Halaman

Tuesday, March 12, 2019

PERENCANAAN PRODUK: MANUFAKTUR DAN JASA


PERENCANAAN PRODUK:
MANUFAKTUR DAN JASA
Makalah

Disusun guna memenuhi tugas
Mata kuliah : Manajemen Operasional
Dosen Pengampu : Tina Martini, SE., M.Si




 











Disusun oleh:                        
Debby Shintia                         (212 446)
                    Ahmad Syahrul Mufid                             (212 468)
                    Ema Rahmawati                                      (212 464)        



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN MBS/ SYARI'AH
2014
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perekonomian Indonesia sedang mengalami masa-masa sulit akibat krisis yang terjadi pertengahan tahun 1997 dan sampai sekarang belum mengalami secara total. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena menderita kerugian dan tidak bisa bertahan dalam perekonomian seperti ini. Maka setiap perusahaan dituntut untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan, baik yang menyangkut perencanaan maupun pengendaliannya. Selain itu di zaman perdagangan bebas ini, setiap perusahaan harus siap untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan asing.
Setiap perusahaan, baik itu perusahaan jasa maupun perusahaan manufaktur selalu menjalankan aktivitas yang beragam. Setiap perusahaannya akan berbeda cara perhitungan, terutama perusahaan manufaktur yang memproduksi dari barang mentah sehingga menjadi barang jadi.
Kegiatan-kegiatan manajemen produksi dan operasi tidak hanya menyangkut pemrosesan (manufacturing) berbagai barang. Tetapi orang-orang juga melaksanakan kegiatan-kegiatan produksi dalam organisasi-organisasi yang menyediakan berbagai bentuk jasa. Dalam kenyataannya, akhir-akhir ini berkembang cukup pesat usaha-usaha produktif disektor jasa. Organisasi-organisasi penyedia jasa seperti bisnis perbankan asuransi, transportasi, hotel, dan restaurant memproduksi jasa (pelayanan) sebanding dengan perusahaan-perusahaan manufacturing memproduksi mobil, perabot, dan makanan dalam kaleng.
Desain produk dan jasa diproduksi oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.






1.2 Rumusan Permasalahan
1.2.1 Apa pengertian perencanaan produk: Manufaktur dan Jasa?
1.2.2 Apa saja karakteristik dari Manufaktur dan Jasa?
1.2.3 Apa perbedaan antara industri Manufaktur dan Jasa?
1.2.4 Apa saja contoh dari Industri Manufaktur dan Jasa?
1.2.5 Bagaimana strategi dalam perencanaan produk: Manufaktur dan Jasa?
1.2.6 Bagaimana desain perencanaan produk: Manufaktur dan Jasa?
























BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Perencanaan Produk: Manufaktur dan Jasa
Perencanaan strategis merupakan proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi. Dalam manajemen strategis harus:
1. Terarah, dengan pernyataan spesifik menyebutkan kondisi yang ingin dicapai
2. Batas waktu kapan tiap-tiap tujuan hendak diwujudkan jelas
3. Terukur, sehingga bisa dievaluasi sejauh mana tujuan dapat diwujudkan.[1]
Perencanaan produk adalah proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar.[2]
Langkah-langkah perencanaan:
1. Pemunculan gagasan,
2. Penyaringan gagasan,
3. Pembuatan dan pengujian,
4. Pembuatan rancangan akhir barang atau jasa.[3]
Manufaktur adalah suatu langkah atau proses yang terjadi dalam pengolahan bahan baku untuk dijadikan bahan jadi.[4] Perusahaan manufaktur (manufacturing bussines) adalah perusahaan yang kegiatannya membeli bahan baku kemudian mengolah bahan baku dengan mengeluarkan biaya-biaya lain menjadi barang jadi yang siap untuk di jual.
Tahapan-tahapan manufaktur:
1. Membuat rancangan sebuah produk,
2. Pemilihan material apa saja yg akan digunakan,
3. Tahapan terakhir dimana pembuatan produksi itu dilakukan.
Dari tahapan-tahapan tersebut harus melalui tahapan mesin dan operasi, dan harus mengikuti berbagai perencanaan yang dilakukan dengan baik dalam setiap langkahnya.[5]
Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud.[6]
Organisasi-organisasi jasa biasanya lebih fleksibel dan dapat merubah kegiatan-kegiatan mereka lebih cepat dibanding perusahaan-perusahaan manufaktur yang biasanya mempunyai investasi lebih besar dalam pabrik dan peralatan.[7]
Dalam dunia bisnis perencanaan merupakan suatu hal yang tidak boleh diabaikan, apalagi untuk pencapaian tujuan dalam dunia bisnis diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Peranan perencanaan ini sangat penting dalam kaitannya dengan upaya pencapaian suatu tujuan. Tanpa ada perencanaan atau perencanaan yang dibuat kurang baik, maka kemungkinan besar tujuan tersebut tidak tercapai atau tercapai tetapi dengan biaya yang sangat mahal. Apakah itu modal, tenaga, pikiran ataupun pengorbanan-pengorbanan yang lain. Sehingga dalam perencanaan bisnis hendaknya dilakukan secara cermat, akurat serta dapat meyakinkan.

2.2 Karakteristik: Manufaktur dan Jasa
Karakteristik Manufaktur:
1. Produk yang dihasilkan bisa dilihat secara kasat mata atau memiliki wujud.
2.                  Konsumen tidak memiliki peran dalam proses produksi sebuah perusahaan manufaktur.
3.                  Konsumen bisa menilai suatu produk saat belum menggunakan produk tersebut atau juga setelah menggunakan produk tersebut.
4.                  Untuk proses penyampaian pada konsumen, bisa dilakukan tanpa memerlukan kontak fisik.
5.                  Adanya ketergantungan konsumen untuk mencari produk yang ada. Sehingga, produsen memiliki kewenangan mutlak untuk menyediakan jumlah barang di pasaran.[8]

Karakteristik Jasa:
1.         Intangibility (tidak berwujud)
Jasa bebeda dengan barang. Bila barang merupakan suatu objek, alat, atau benda; maka jasa adalah suatu perbuatan, tindakan, pengalaman, proses, kinerja (performance), atau usaha. Oleh sebab itu, jasa tidak dapat dilihat, dirasa, dicium, didengar, atau diraba sebelum dibeli dan dikonsumsi. Bagi para pelanggan, ketidakpastian dalam pembelian jasa relatif tinggi karena terbatasnya search qualities, yakni karakteristik fisik yang dapat dievaluasi pembeli sebelum pembelian dilakukan. Untuk jasa, kualitas apa dan bagaimana yang akan diteriman konsumen, umumnya tidak diketahui sebelum jasa bersangkutan dikonsumsi.
2.                  Inseparability (tidak dapat dipisahkan)
Barang biasa diproduksi, kemudian dijual, lalu dikonsumsi. Sedangkan jasa umumnya dijual terlebih dahulu, baru kemudian diproduksi dan dikonsumsi pada waktu dan tempat yang sama.
3.                  Variability / Heterogeneity (berubah-ubah)
Jasa bersifat variabel karena merupakan non-standarized output, artinya banyak variasi bentuk, kualitas, dan jenis tergantung kepada siapa, kapan dan dimana jasa tersebut diproduksi. Hal ini dikarenakan jasa melibatkan unsur manusia dalam proses produksi dan konsumsinya yang cenderung tidak bisa diprediksi dan cenderung tidak konsisten dalam hal sikap dan perilakunya.
4.                  Perishability (tidak tahan lama)
Jasa tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan. Kursi pesawat yang kosong, kamar hotel yang tidak dihuni, atau kapasitas jalur telepon yang tidak dimanfaatkan akan berlalu atau hilang begitu saja karena tidak bisa disimpan.[9]
Dan untuk macam-macam jasa dapat dikelompokkan, yakni sebagai berikut: Personalized Services, Financial Services, Entertainment, dan Hotel Services.[10]

2.3 Perbedaan Antara Industri Manufaktur dan Jasa
Perbedaan diantara Industri Manufaktur dan Jasa, diantaranya yaitu:
-           Industri Manufaktur merupakan industri yang memproses bahan mentah menjadi bahan jadi yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen dan masyarakat. Sedangkan, Industri Jasa merupakan industri yang menyediakan pelayanan jasa kepada konsumen yang membutuhkan.
-           Industri Manufaktur kontak langsung dengan konsumen relatif kecil. Sedangkan, Industri Jasa melibatkan konsumen sehingga kontak langsung dengan konsumen relatif tinggi.
-           Produk Manufaktur bersifat tahan lama dan bersifat fisik ( berwujud ). Sedangkan, Industri Jasa tidak berwujud.
-           Output dari Industri Manufaktur bisa disimpan. Sedangkan, output dari Industri Jasa tidak bisa disimpan dengan kata lain hanya bisa dinikmati atau dirasakan.
-           Waktu dalam bekerja Industri Manufaktur relatif lama. Sedangkan, Industri Jasa relatif sebentar.[11]

2.4 Contoh Industri Manufaktur dan Jasa
Contoh dari industri Manufaktur diantaranya:
-           Industri Semen
-           Industri Obat – obatan
-           Industri Otomotif
-           Industri Elektronika
-           Industri Pakaian
-           Industri Makanan & Minuman
-           Industri Barang Kerajinan
-           Industri Peralatan Kantor
-           Industri Tekstil
-           Industri Sepatu
-           Industri Barang Keperluan Rumah Tangga

Contoh dari Industri Jasa diantaranya:
-           Asuransi
-           Bursa Efek
-           Perbankan
-           Transportasi
-           Pendidikan
-           Perawatan Kesehatan
-           Telekomunikasi
-           Pariwisata
-           Restoran atau Rumah Makan

Contoh Input dan Output Industri Manufaktur


Input
Output
Industri Pakaian
Fasilitas, Peralatan, Tenaga Kerja, Bahan Mentah ( Kain, Benang dll )
Pakaian
Industri Semen
Fasilitas, Peralatan, Tenaga Kerja, Bahan Mentah ( Pasir, Air dll )
Semen



Contoh Input dan Output Industri Jasa


Input
Output
Penerbangan
Pesawat, Fasilitas, Pilot, Awak Pesawat, Perawatan, Buruh & Tenaga
Transformasi dari satu tujuan ke tujuan lainnya
Perbankan
Kasir, Staff, Peralatan Komputer, Fasilitas, Tenaga
Jasa keuangan ( Pinjaman deposito, tabungan dll )[12]

2.5 Strategi dalam Perencanaan Produk: Manufaktur dan Jasa
Sebagai manajer operasi harus siap untuk mengembangkan produk baru, mereka harus siap untuk mengembangkan strategi untuk produk baru dan produk yang sudah ada. Pengujian berkala produk sangat perlu dilakukan, karena strategi berubah sejalan dengan perubahan produk melintasi siklus hidupnya.[13]
Strategi produk disusun dengan melakukan seleksi atas keinginan pelanggan, baik pelanggan tingkat lokal, regional maupun tingkat dunia yang sesuai dengan acuan patokan (benchmarking) yang ditetapkan perusahaan. Selanjutnya mendefinisikan produk yang akan dihasilkan ke dalam sistem manajemen operasional dan implikasinya, dilanjutkan dengan membuat desain produk yang akan diproduksi melalui manajemen operasional.
Contoh:
KFC mendesain produk siap saji (fast food) dengan bahan daging ayam yang berdasarkan budaya tiap-tiap Negara adalah daging yang tidak haram, seperti India, Indonesia, dan Malaysia, serta Timur Tengah. Selanjutnya produk dikembangkan dengan pelengkap minuman ringan yang bervariasi.[14]


2.6 Desain Perencanaan Produk: Manufaktur dan Jasa
-           Desain Produk Manufaktur
Desain ini menetapkan jenis bahan yang lebih baik digunakan untuk membuat suatu produk, menggambarkan penampilan dari produk, sekaligus menetapkan standar kinerja produk yang bersangkutan.[15]
Untuk mengembangkan sebuah sistem dan struktur organisasi yang efektif, telah ditambahkan beberapa teknik penting untuk merancang suatu produk.
Teknik-teknik tersebut adalah sebagai berikut:
a.         Desain yang tangguh
b.         Desain yang ramah lingkungan.[16]
-           Desain produk jasa
Desain ini menetapkan bentuk penampilan fisik, gaya, manfaat, kenikmatan, dan manfaat psikologis yang diterima oleh pelanggan yang memakai jasa brsangkutan.[17]
Terdapat produk yang nyata berupa barang, yakni produk, ada pula yang tidak nyata yakni jasa. Contoh produk jasa adalah: perbankan, keuangan, asuransi, transportasi dan komunikasi. Dalam merancang jasa merupakan tantangan, karena pada umumnya mempunyai karakteristik yang unik, salah satu alasan mengapa perbaikan produktivitas dalam jasa begitu rendah karena baik dari desain dan pengantaran produk jasa memasukkan adanya interaksi pelanggan.[18]
Suatu proses desain akan efektif jika:
ü  Karakteristik produk atau jasa selaras dengan persyaratan kebutuhan pelanggan,
ü  Pastikan bahwa persyaratan kebutuhan pelanggan dipenuhi secara paling sederhana dan paling murah,
ü  Kurangi waktu yang diperlukan untuk mendesain suatu produk atau jasa baru, dan
ü  Memperkecil revisi yang diperlukan untuk membuat suatu desain yang dapat dikerjakan.[19]



























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Dari paparan diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Perencanaan produk adalah proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar. Manufaktur adalah suatu langkah atau proses yang terjadi dalam pengolahan bahan baku untuk dijadikan bahan jadi. Dan Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud.
Salah satu karakteristik Manufaktur yaitu produk yang dihasilkan bisa dilihat secara kasat mata atau memiliki wujud. Sedangkan untuk jasa yaitu Intangibility (tidak berwujud).
Perbedaan antara industri manufaktur dan jasa salah satunya yakni: Output dari Industri Manufaktur bisa disimpan. Sedangkan, output dari Industri Jasa tidak bisa disimpan dengan kata lain hanya bisa dinikmati atau dirasakan.
Contoh dari industri manufaktur yakni: industri semen, industri elektronika, industri pakaian, dll. Sedangkan untuk contoh industri jasa diantaranya: perbankan, transportasi, pendidikan, dll.
Strategi produk disusun dengan melakukan seleksi atas keinginan pelanggan, baik pelanggan tingkat lokal, regional maupun tingkat dunia yang sesuai dengan acuan patokan (benchmarking) yang ditetapkan perusahaan.
Pada desain produk Manufaktur menetapkan jenis bahan yang lebih baik digunakan untuk membuat suatu produk, menggambarkan penampilan dari produk, sekaligus menetapkan standar kinerja produk yang bersangkutan. Sedangkan untuk desain Jasa menetapkan bentuk penampilan fisik, gaya, manfaat, kenikmatan, dan manfaat psikologis yang diterima oleh pelanggan yang memakai jasa brsangkutan.







DAFTAR PUSTAKA

M.Pardede Pontas, Manajemen Operasi dan Produksi, (Yogyakarta: Andi, 2005)
Handoko Hani, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, (Yogyakarta: BPFE, 2000)
Haming Murdifin, Mahfud Nurnajamuddin, Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)


[3] M.Pardede Pontas, Manajemen Operasi dan Produksi, (Yogyakarta: Andi, 2005), hlm. 47.
[7] Handoko Hani, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, (Yogyakarta: BPFE, 2000), hlm. 56
[15] Haming Murdifin, Mahfud Nurnajamuddin, Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), hlm. 181.
[17] Haming Murdifin, Mahfud Numajamuddin, Loc.Cit., hlm. 181.
[19] Haming Murdifin, Mahfud Numajamuddin, Loc.Cit., hlm. 182.

9 comments:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller Boiler evapko STP wwtp dll untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  2. Halo, nama saya SALSABILLA ZULFKAR memangsa hukuman di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp. 30.000.000 karena saya butuh modal besar Rp. 300.000.000, Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Perdagangan saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan anak dan ibu saya. Saya tidak tahan lagi dengan kejadian ini. Minggu lalu saya bertemu dengan seorang teman lama yang mengundang saya ke seorang ibu yang baik, Ms. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman sebesar Rp500.000.000,00

    Ibu yang baik, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk menerima ucapan terima kasih saya, dan semoga Tuhan terus memberkati ibu yang baik KARINA ROLAND dan teman saya. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberikan saran kepada orang Indonesia lainnya, ada banyak penipu di sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman dan keamanan dan siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus cepat, hubungi KARINA ROLAND melalui email karinarolandloancompany@gmail.com
    Anda masih dapat menghubungi ibu whatsApp nomor +1 (585) 708- 3478
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (salsabillazulfikar4@gmail.com). untuk informasi lebih lanjut.

    ReplyDelete
  3. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  4. semua berkat MRS KARINA ROLAND
    Nama saya ANNISA LOGAN, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet karena mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon saya mengatakan jika saya dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan mereka pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya meminta pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah detail saya setuju dalam waktu kurang dari 24 jam, bank rekening saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas kerja baik MOTHER KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 Anda dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk Pekerjaan menyenangkan dalam hidup saya dan keluarga saya.

    ReplyDelete
  5. Hari yang baik untuk semua warga negara Indonesia, nama saya Nurul Yudianto, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman pinjaman di internet

    Setelah beberapa waktu berusaha mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman secara online tetapi saya curang dan kehilangan Rp18,7 juta, kepada seorang wanita di saudi arabia dan Nigeria.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya Nyonya Rika Nadia (rikanadia6@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya kepada Lady Esther, manajer Cabang dari Access Loan Firm, sehingga teman saya meminta saya untuk mendaftar dari LADY ESTHER, jadi saya Menjerit dituangkan dan dihubungi LADY ESTHER. melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp250 juta dengan suku bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam uang pinjaman telah dimasukkan ke dalam rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah Rp250 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan telah menjawab doa-doa saya dengan buku pinjaman dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati LADY ESTHER untuk mewujudkan kehidupan yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) atas pinjaman Anda

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nurulyudianto2@gmail.com) Salam

    ReplyDelete
  6. LEMBAGA KEUANGAN INI BERADA PADA KEBAKARAN

    TINGKATKAN FILE FINANSIAL ANDA

    Saya Rizky Indah dan penduduk asli Indonesia dan saya di sini untuk memberi tahu Anda tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari pemberi pinjaman terpercaya ONE BILLION RISING FUND


             KONTAK PERUSAHAAN
    NAMA PERUSAHAAN: ONE BILLION RISING FUND
    GMAIL PERUSAHAAN: onebillionrisingfund@gmail.com
    NOMOR TEL: +1 267 526 5352
    NOMOR WHATSAPP: +1 267 526 5352


    Dalam pandemi ini hidup menjadi lebih sulit bagi saya dan keluarga saya dan pekerjaan saya hancur oleh pandemi Covid 19 ini dan Hidup nyaman adalah dambaan semua orang dan saya menginginkan yang terbaik untuk keluarga saya jadi saya memutuskan untuk meminjamkan uang dari bank dan bank mengubah saya turun berkali-kali sampai teman saya yang mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND memperkenalkan pemberi pinjaman kepada saya dan meyakinkan saya bahwa mereka dapat membantu saya secara finansial, saya sangat percaya kepada mereka karena teman saya baru saja mendapat pinjaman dari ONE BILLION RISING FUND jadi saya mendaftar dan mereka membawa saya melalui proses mereka yang memakan waktu beberapa hari dan yang paling mengejutkan saya, akun saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman
    Pengalaman yang saya dapatkan dari ONE BILLION RISING FUND ini telah mengubah hidup saya menjadi lebih baik dan sekarang saya memiliki perusahaan keramik
    Jika Anda tahu Anda membutuhkan pinjaman, saya akan menyarankan Anda menghubungi perusahaan keuangan dan saya sangat yakin bahwa mereka dapat membantu Anda dengan pinjaman


    Harap perhatikan pemberi pinjaman yang Anda hubungi secara online karena sebagian besar pemberi pinjaman keuangan online palsu dan mereka akan membuat hidup Anda lebih sulit dan mereka tidak berniat baik untuk membantu Anda karena mereka adalah penipu yang ingin mencari nafkah dari Anda.

                                  KONTAK SAYA
    Nama Saya ::: Rizky Indah
    Email :: indahrizky490@gmail.com
    Jumlah Pinjaman ::: $ 30.000.00
    WA saya ::: + 62858 8161 8874

    BIJAKLAH

    ReplyDelete
  7. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk biaya kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima uang di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)


    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah


      .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).
    `’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLRISINGFUND¨`».(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).(onebillionrisingfund@gmail.com) .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ). ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )...(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).  .(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ ).

    Perusahaan  Alamat Email:::onebillionrisingfund@gmail.com
    Nama Perusahaan :: ONE BILLION RISING FUND
    Jumlah Pinjaman ::: Rp.480.000.000.00 IDRPerusahaan
    Perusahaan WHATSAPP: +1 267 526 5352
    Nama Saya ::::: EFENDI QUEEN LISA
    Email Saya::::efendiqueenlisa@gmail.com
    Negara :::: Indonesia
    Perusahaan Terpercaya

    TARIMA KASIH

    ReplyDelete
  8. Dalam perencanaan produk memang perlu memperhatikan karakteristik perusahaan manufaktur karakteristik perusahaan manufaktur itu sendiri karena untuk barang dan jasa tentunya berbeda

    ReplyDelete