Halaman

Tuesday, March 19, 2019

bisnis plan SAUNG MILKFISH’EM


SAUNG MILKFISH’EM

Bussines Plann
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah: Study Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan SE.MM.






Disusun Oleh:
Siti Murniyati              212475

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH / MBS
TAHUN 2015




BAB I
PENDAHULUAN
A.  latar belakang
            Banyak orang mengatakan bahwa ide atau gagasan mahal harganya. Namun, tentunya tidak sembarang ide, tetapi ide yang mempunyai nilai komersial dan ide itu ditulis dalam suatu rencana usaha atau rencana bisnis. Sebenarnya banyak orang mempunyai ide cemerlang, ide yang hebat-hebat serta mempunyai nilai komersial tinggi tetapi ide itu tetaplah hanya sekedar ide, bahkan hanya sekedar impian yang numpang lewat, karena ide yang hebat tapi tidak pernah ditulis atau dikomunikasikan kepada pihak lain untuk direalisasikan.
            Tulisan ini mencoba mengupas tentang kelayakan business plan, dengan harapan dapat digunakan sebagai pengetahuan ataupun menyiapkan langkah awal bagaimana untuk menggali, menumbuhkan ataupun menjaring ide-ide atau gagasan bisnis dan sekaligus menuangkannya dalam sebuah rencana bisnis.
            Perencanaan bisnis sangat berguna untuk menilai apakah bisnis yang akan kita tekuni dikatakan layak, profitable dan berjangka panjang. Dengan perencanaan bisnis yang matang, juga sangat berguna apabila kita ingin mengajak mitra bisnis, investor ataupun calon kreditor untuk merealisasi impian kita agar jadi kenyataan.
            Dalam tulisan ini, penulis akan menjelaskan rancangan bisnis yang akan dibuat oleh penulis yaitu bisnis aneka olahan ikan bandeng.










B.  Gambaran Umum Usaha
            Indonesia adalah penghasil ikan bandeng terbesar di Asia, namun jumlah konsumsi ikan bandeng di Indonesia terhitung rendah, hal tersebut biasanya disebabkan oleh banyak duri yang ada pada ikan bandeng, selain itu banyak yang tidak mengetahui kandungan gizi yang ada pada ikan bandeng yaitu mengandung omega-3 enam kali lebih banyak dibandingkan ikan salmon yang bisa membantu perkembangan otak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol.
             Tipe masyarakat sekitar adalah menyukai sesuatu makanan yang praktis. Disinilah saya mendapatkan sebuah ide yaitu dengan membuat bisnis rumah makan berkonsep restoran. Namun persaingan dalam bisnis rumah makan memang sangat kompetitif, untuk dapat bersaing dalam usaha yang bersangkutan, cara yang saya lakukan adalah dengan memanfaatkan kelemahan ikan bandeng menjadi sebuah yang digemari banyak konsumen yaitu membuang rasa jengkel seseorang ketika makan ikan bandeng yang penuh duri dengan tawaran berbagai menu yang berbahan dasar dari bandeng dan tentunya tanpa duri.
            Rumah makan yang saya buat merupakan rumah makan yang menggunakan ikan bandeng atau milkfish sebagai bahan utama dari menu makanan yang disajikan yang dipadukan dengan menu-menu potensial dari seluruh daerah indonesia.                               

C. Tujuaan
Tujuan dari pembuatan bisnis ini adalah :
1.    Memasyarakatkan ikan bandeng sebagai komoditas lokal yang bergizi tinggi
     untuk dikonsumsi masyarakat
2.    Menciptakan sesuatu yang unik bagi para customer sehingga mendapatkan
     pengalaman baru dalam menyantap makanan
3.    Meningkatkan penghasilan nelayan bandeng

BAB II
ASPEK MANAJEMEN, YURIDIS, DAN SUMBER DAYA MANUSIA

A.  Nama unit usaha
            Usaha ini diberi nama “Saung Milkfish’em” dikarenakan bergerak dalam usaha rumah makan atau restoran. Pengambilan nama restoran yaitu Saung Milkfish’em karena saya ingin menonjolkan hasil alam daerah kelahiran saya yaitu Pati Jawa Tengah yang terkenal dengan hasil ikan bandengnya  dan juga terkenal dengan salah satu bahasa khasnya yaitu “-em” yang artinya “mu (kepunyaan)”. Jadi, Saung Milkfish’em artinya adalah restoran bandeng milikmu, dalam arti supaya konsumen merasa nyaman ketika makan di tempat tersebut dan merasa berada di tempatnya sendiri sehingga merasa nyaman dan tidak ada kecanggungan antara pihak restoran dengan konsumen (solidaritas).
Nama organisasi          : Saung Milkfish’em
Pemilik                        : Siti Murniyati
Alamat                        : Jalan Pandanaran Semarang
Nomor telepon            : 082220224946

B.  Legalitas usaha
            Pada aspek hukum, hal yang perlu dianalisis adalah bentuk badan hukum usaha yang dijalankan serta izin usaha yang diperoleh perusahaan.

a.    Bentuk Badan Usaha
Bentuk badan usaha Saung Milkfish’em dapat dikategorikan sebagai badan usaha perseorangan. Karena sesuai dengan ciri-ciri perusahaan perseorangan yaitu modal usaha yang digunakan berasal dari 1 orang yaitu pemilik perusahaan, seluruh modal yang digunakan untuk menjalankan kegiatan pembuatan bandeng isi ini juga berasal dari pemilik perusahaan. Keuntungan dari bentuk usaha ini adalah pemilik perusahaan dapat menikmati seluruh keuntungan yang diperoleh perusahaan. Sedangkan kelemahannya adalah segala bentuk kerugian atau beban perusahaan harus ditanggung sendiri oleh pemilik perusahaan.

b.    Izin Usaha
Dalam menjalankan kegiatan usaha pembuatan bandeng  ini, tidak ada hambatan dalam perolehan izin usaha. Saung Milkfish’em telah memperoleh izin usaha dari Dinas Kesehatan setempat yaitu berdasarkan P. IRT No. 802320401509. Selain dari Dinas Kesehatan setempat usaha ini juga telah mendapat izin dari LP. POM No. 01031026620907 dan juga sertifikasi halal dari MUI, sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir untuk mengkonsumsi produk bandeng isi karena produk ini aman dan halal untuk dikonsumsi.

c.    NPWP
            Sebagai unit usaha, kami juga mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak atas aktiva usaha ke Departemen Perpajakan Setempat. NPWP merupakan nomor yang diperikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Adapun NPWP Saung Milkfish’em  adalah 18.995.211.0.521.005.

d.   Ijin domisili dan IMB
            Untuk keperluan pendirian bangunan Saung Milkfish’em, maka telah diurus untuk ijin pendirian bangunan ke Dinas Tata Kota Kotamadya Semarang yang dilampiri dengan surat ijin domisili dari ketua wilayah Semarang.

C.  Organisasi dan Manajemen
1.      Bagan organisasi
            Untuk memudahkakn tanggung jawab kepemimpinan organisasi dan dalam pembagian pekerjaan sesuai dengan divisi masing-masing, maka telah dibentuk bagan organisasi Saung Milkfish’em sebagai berikut :

2.      Personalia
Berikut adalah tenaga kerja yang diperlukan oleh Saung Milkfish’em :
No.
Jabatan
Jumlah
1.
General manajer
1
2.
Marketting crew
2
3.
Accounting crew
2
4.
Head chef
2
5.
Waiter
8
6.
Security
4 orang ( 2 shift )
7.
Chef
8 orang ( 2 shift )
8.
Delivery courier
3



3.      Manajemen
a.    Supplier bahan baku
1.    Supplier milkfish
     Untuk pasokan milkfish dapat didapat dari berbagai tempat, mengingat banyak penambakan milkfish yang ada di indonesia. Untuk supplier yang akan dilakukan akan diambil dari beberapa suplier dengan lokasi yang berbeda atau tidak berada dalam satu daerah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko apabila terjadi bencana alam atau gagal panen di daerah yang bersangkutan yang bisa menyebabkan supply ikan terganggu, berikut adalah daftar beberapa supplier milkfish pada Saung Milkfish’em :
a)    Supplier bandeng dari daerah Semarang
b)   Supplier bandeng dari Demak
c)    Supplier bandeng  Juwana dan daerah penghasil ikan bandeng lainnya

2.    Supplier bahan bahan lainnya (beras, sayuran, dan lainnya)
     Untuk pasokan bahan-bahan makanan seperti beras, sayuran dan lainnya akan dilakukan pengecekan dan supply kembali selama tiga hari sekali dalam seminggu dan menyesuaikan dengan sisa persediaan yang ada di restoran. Pada saat kontrak kerja dengan supplier bahan baku makanan ada bebrapa ketentuan yang harus disepakati antara lain mengenai masalah kerusakan bahan baku yang diterima akan menjadi tangggung jawab supplier dan pihak fishmilk’em restaurant berhak meminta ganti rugi terhadap bahan baku yang rusak tersebut.
     Chef akan selalu melakukan pengecekan bahan baku yang tersisa setiap selesai jam operasional dan melakukan pencatatan. Jika stok bahan baku sudah mencapai batas minimal, maka akan dilakukan pengorderan bahan baku kepada supplier.



b.   Manajemen kualitas
     Quality control sangat diperlukan pada Saung Milkfish’em untuk menjamin kualitas makanan yang akan dihidangkan kepada customer.
Quality control akan dilakukan pada saat :
1.    Pembelian bahan baku
     Supplier yang diajak kerjasama harus mempunyai bahan baku sesuai kriteria Saung Milkfish’em dan sipplier dapat bertanggung jawab atas kualitas dan penyediaan barang. Bagian pembelian juga harus mengetahui jadwal pembelian, kualitas barang, dan kuantitsa barang yang harus dibelinya sebelum melakukan pembelian tersebut.
2.    Penerimaan barang
     Pada saat penerimaan barang dari supplier, chef mengecek apakah barang yang diterima seseuai dengan pesanan (kualitas dan kuantitas).
3.    Penyimpanan barang
     Penyimapanan barang akan berperan penting pada kualitas makanan yang akan dihidangkan nantinya. Penyimpanan barang harus dilakukan ditempat yang sesuai dengan standart bagaimana barang-barang ini harus disimpan. Misalnya, ikan bandeng harus dibersihkan sebelum dimasukkan ke dalam box berisi es batu dengan suhu yang sesuai.
4.    Pengolahan makanan
     Pada saat pengolahan makanan, diperlukan sebuah takaran standart yang tepat agar dapat menghasilkan makanan yang baik dan lezat. Pengetahuan memasak, kerja sama staff dibagian dapur, kecepatan dalam memasak, penggunaan bahan-bahan dapur, dan kebersihan peralatan dan perlengkapan memasak juga akan dikontrol agar menghasilkan suatu makanan yang bersih, lezat, dan sehat.
5.    Penyajian makanan
     Pegawai yang bertugas menyajikan makanan pada konsumen harus dapat menjaga kualitas makanan yang dibawanya. Penampilan mereka juga harus tetap dijaga.

BAB III
ASPEK PEMASARAN

A.  Marketing mix
1)   Produc
            Saung Milkfish’em menjual makanan olahan dengan bahan utama ikan bandeng, dimana ikan bandeng memilikki gizi yang tinggi dan mengandung kadar omega 3 tertinggi dari segala jenis ikan. Milkfish juga sudah melalui proses pencabutan duri sehingga lebih mudah diolah dan lebih enak dikonsumsi oleh konsumen. Olahan milkfish akan disajikan dengan racikan menu-menu yang berbeda dan unik yang belum dtemukan ditempat makan biasa. Milkfish juga akan disajikan dengan menyatukan potensi masakan dari daerah-daerah ke dalam satu tempat, orang-orang yang ingin menikmati masakan potensi suatu daerah tidak perlu pergi ke daerah tempat masakan tersebut berasal.
Beberapa menu makanan yang ditawarkan oleh Saung Milkfish’em antara lain :
a)    Bandeng presto khas juwana
b)   Sate bandeng khas banten
c)    Bandeng bumbu bali khas bali
d)   Bandeng rica-rica khas manado
e)    Bandeng dalam sangkar
f)    Bandeng steak
g)   Brengkes waleran bandeng
h)   Otak – otak bandeng
i)     Bakso bandeng
j)     Abon duri bandeng
k)   Krupuk kulit bandeng
            Saung Milkfish’em juga menyediakan menu makanan dengan bahan dasar lainnya. Menu ini diperuntukkan konsumen yang tidak suka makan ikan atau alergi terhadap ikan.

2)   Place
            Saung Milkfish’em berlokasi di daerah yang ramai dengan lalu lintas yaitu daerah yang dekat dengan area perumahan, pusat perbelanjaan dan memang berada di tempat sekitar tujuan kuliner yaitu di daerah Semarang Jalan Pandanaran. Pertimbangan yang diambil dari pemilihan lokasi berdasarkan potensi jumlah target konsumen, harga sewa, dan kebersihan. Dengan mengambil pertimbangan lokasi yaitu :
a)    Lokasi dapat dicapai kendaraan pribadi, baik roda 2 maupun roda 4. Selain itu dapat diakses dengan kendaraan umum.
b)   Lokasi ini merupakan kawasan pemukiman, perkantoran, tujuan kuliner, dan pusat perbelanjaan sehingga ramai dengan lalu lintas sehingga dapat mencapai potensi konsumen yang tinggi.

3)   Price
            Dengan mengambil target konsumen dari semua kalangan, maka harga rata-rata dari produk yang disajikan di Saung Milkfish’em adalah :
1.    Kategori makanan : Rp 15.000 – Rp 35.000
2.    Kategori snack : Rp 5.000 – Rp 20.000

4)   Promotion
            Kegiatan promosi yang akan dilakukan untuk memperkenalkan Saung Milkfish’em ke masyarakat akan dilakukan melalui berbagai media sehingga dapat mencapai target konsumen. Sarana promosi yang akan digunakan antara lain :
a.    Word of mouth
b.    Advertising (iklan) : iklan majalah, stiker, brosur
c.    Diskon hari tertentu
d.    Interaktif marketing : sosial media
e.    Grand opening


BAB IV
ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI

A.  Rencana pengembangan
1.      Evaluasi lokasi
            Lokasi yang akan saya pilih untuk mendirikan bangunan untuk mendirikan usaha adalah di jalan Pandanaran Semarang.
2.      Tenaga kerja
            Kami memperkerjakan tenaga ahli dan tenaga biasa. Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha kami adalah tenaga ahli pemasaran, keuangan, dan chef. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah untuk waiters, kurir dn cleaning service.
3.      Jadwal pelaksanaan
            Saung milkfish’em mulai didirikan pada tanggal 07 Februari 2012 Untuk rencana pembangunan gedung dan kegiatan operasional lainnya. Dan Saung Milkfish’em akan beroperasi setiap hari mulai hari senin sampai minggu mulai pukul 08.00 – 21.00. Jadwal untuk pegawai terbagi menjadi 2 shift, yaitu 07.00 – 14.00 dan 14.00 – 21.00.

B.  Rencana pengoprasian usaha
1.      Proses operasi usaha
            Proses operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
2.      Kebutuhan bahan operasi
            Kebutuhan bahan operasi Saung Milkfish’em dikelola oleh masing-masing bagian divisi dan dikoordinasi dengan masing-masing manajer mengenai kebutuhan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan pemasaran.

BAB V
ASPEK KEUANGAN

A.  Sumber dana
Untuk pendanaan pada bisnis milkfish ini, ada 3 alternatif yang dapat digunakan yaitu :
1.    100% dana berasal dari owner
Sumber Dana
Jumlah
Total
Ekuitas pemilik
100%
Rp 177.300.000

2.    Dana berasal dari owner dan pinjaman bank
Sumber dana
Jumlah
Total
Ekuitas pemilik
60%
Rp 106.380.000
Hutang bank
40%
Rp 70.920.000
Total sumber dana
100%
Rp 177.300.000

3.    Dana berasal dari owner, investor, dan pinjaman bank
Sumber Dana
Jumlah
Total
Ekuitas pemilik
30%
Rp 53.190.000
Investor
30%
Rp 53.190.000
Hutang bank
40%
Rp 70.920.000
Total sumber dana
100%
Rp. 177.300.000

Dari ketiga alternatif tersebut, saya lebih memilih alternatif kedua, yaitu pendanaan berasal dari owner dan pinjaman Bank. Pada alternatif pertama, dimana semua dana berasal dari owner mustahil dilakukan karena akan sangat sulit untuk mengeluarkan uang sebesar Rp 177.300.000 secara pribadi untuk memulai suatu bisnis yang benar-benar baru. Penggunaan investor juga dikesampingkan karena dengan begitu, keuntungan yang didapat akan dibagi lagi dengan investor untuk seterusnya.
Dengan meminjam bank, pengeluaran owner untuk dana awal dapat berkurang dengan sisanya menggunakan pinjaman dari bank. Pinjaman dari bank hanya perlu membayar bunga sampai hutang dengan bak itu dilunasi, sehingga keuntungan akan didapat seluruhnya oleh owner setelah pinjaman dari bank selesai dilunasi.

B.  Rincian pendanaan
Berikut adalah rincian pendanaan pada saung milkfish’em :
a.    Variable cost
Barang
Harga per @
Jumlah Harga
Ikan bandeng
13.000
27.300.000
Minyak
15.000
900.000
Bumbu Dapur

9.000.000
Sayuran dan bahan lainnya

15.000.000
Tabung gas
150.000
300.000
Biaya lain-lain

2.000.000


54.500.000

b.   Fixed cost
Nama barang
Jumlah
Harga per @
Jumlah harga
Sewa tempat


60.000.000
Kipas
5
300.000
1.500.000
Mesin kasir


3.000.000
Karpet


2.000.000
Kulkas/frezer box
2
2.500.000
5.000.000
Kompor gas
3
500.000
1.500.000
Meja
5
600.000
3.000.000
Peralatan masak lengkap


8.000.000
Peralatan makan lengkap


3.000.000
Gaji karyawan / 15


30.000.000
Listrik/air


3.000.000
Promosi


800.000
Perawatan


2.000.000



122.800.000

Jadi keseluruhan modal awal adalah sebesar 177.300.000

C.  Analisis BEP
Terhitung bahwa :
VC      = 54.500.000
FC       = 122.800.000
P          = 35.000
Q         = 3.000
Jadi, dapat diperkirakan perhitungan BEP sebesar :
= FC / (penjualan-VC)
= 122.800.000 / (105.000.000-55.500)
= 2,43
Jadi titik BEP pada 2 tahun 4 bulan mendatang.




BAB VI
ASPEK DAMPAK SOSIAL DAN LINGKUNGAN
A.  Dampak sosial
   Bisnis ini memberi peluang kerja bagi masyarakat sekitar, apalagi ketika ada pesanan banyak maka pihak perusahaan merekrut karyawan tambahan (sementara) agar permintaan tetap terpenuhi.
B.  Dampak lingkungan
Bisnis ini memiliki dampak positif terhadap lingkungan Masyarakat umum yaitu masyarakat dapat dengan mudah mencari makanan yang unik, higenis, dan bergizi. Selain itu bisnis ini limbahnya tidak masyarakat karena seluruh bagian ikan akan dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan. Dan hanya menyisakan insang ikan dan akan dijadikan makanan ikan pada kolam yang sudah disediakan.

BAB VII
PENUTUP

A.    Kesimpulan
            Dari hasil analisis beberapa faktor, Saung Milkfish’rm mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan, tingkat persaingan bisnis kuliner di daerah Pandanaran menjadikan pebisnis untuk lebih kompetitif dan inovatif dalam persaingan.

B.     Saran
            Dalam menjalankan usaha rumah makan, yang diperlukan adalah bagaimana menjaga kualitas produk yang dijual.

2 comments:

  1. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui Email (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete