BUSINESS PLAN
BANANA CUP CAKES
Makalah
Disusun Guna untuk Memenuhi Tugas UAS
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan, SE.MM
OLEH :
SITTA WURI HANDAYANI
NIM : 212474
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH/MBS
2015
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Usaha
Bisnis makanan memang tidak ada habisnya
bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.Berbagai macam
jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan
unik.Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan
nilai jual tinggi. Salah satunya adalah cup cakes yaitu salah satu jenis makanan yang merupakan
hasil olahan dari tepung terigu.
Rasanya yang enak dan variasi bentuknya
yang lucu mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah produk
dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung terigu
berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cup cakes ini
ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya
rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, blueberry, strawberry,
vanilla, melon, anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai
setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat
dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan
inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun
tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah,
perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.
Oleh karena itu saya tertarik untuk
membuka usaha yaitu “Banana Cup Cakes” untuk dijual karena tidak hanya
dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai
diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi
moment istimewa yang mereka miliki.
BAB
II
ASPEK
MANAJEMEN
A.
Nama Unit Usaha
Usaha produk kami akan kami beri
nama D’bananas cafe n’ Resto. Pemilihan nama tersebut berdasarkan pada produk
yang akan kami tawarkan karena menu-menunya berbahan dasar dari pisang, tidak
hanya menu-menu hidangan dessert tetapi juga terdapat menu-menu hidangan utama.
Dengan penamaan demikian bertujuan agar konsumen dapat cepat memberi sugesti
pada produk kami bahwa rumah makan kami memiliki ciri khas dari menu-menunya
yang identik dengan pisang. Dengan demikian akan mempermudah konsumen dalam
mengingat nama rumah makan kami.
Nama Pemilik :
Sitta Wuri Handayani
Alamat : Jl. Pucakwangi- Winong Km. 04
Ds. Pekalongan Winong Pati
Nomor Tlp. : 087833466270
B.
Organisas
a. Bagan
Organisasi
Dalam sistem managerial, pemilik cafe n’ resto
membawahi semua karyawan yang ada dibawahnya. Cafe & Resto ini memiliki 11
karyawan yang terdiri dari 1 orang Manager yang membawahi 5 bidang, yaitu
bidang pemasaran, bidang logistik, bidang keuangan, bidang produksi dan bidang
pelayanan konsumen. Pada gambar 3. menunjukkan bagan dari struktur Manajemen
D’bananas Cafe n’ Resto.
b.
Tingkat Jabatan
·
Manajer
·
Kepala
bagian
·
Karyawan
/ staf
c.
Tingkat balas jasa
Tingkat balas
jasa berupa Gaji, jenjang karir, bonus prestasi dan THR.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
A.
Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha
harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui
analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan produk Banana Cup Cakes ini ialah :
Potensi
lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Cup Cakes
dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan
usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin
sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan
usaha cupcakes yang lainnya yaitu rasa
yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2. Weakness (kelemahan)
Tidak
dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak
suka buah pisang dan coklat.
3. Oppurtinity (peluang)
Tempat
strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcake yang unik dan dibuat sesuai
selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang
konsumtif, di Pati khususnya di km 04 Winong banyak belum ada yang menjual cupcakes
sehingga Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan
yang sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Banyak
saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen, harga bahan
baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cupcakes
yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
B.
Analisis Kelayakan Pemasaran
Studi kelayakan ini bertujuan untuk
memastikan bahwa usaha atau bisnis kami memiliki prospek yang baik, karena
memiliki beberapa aspek yang mendukung seperti aspek ekonomi, aspek teknis,
aspek hukum, aspek sosial, dan aspek pasar.
ü Aspek
Ekonomi : Sangat berpotensi karena banyaknya SDA pisang di Indonesia yang dapat
dimanfaatkan. Selain itu pisang merupakan buah paling populer ketiga di dunia
setelah apel dan jeruk, sehingga bisnis ini dapat menjadikan kuliner bagi
wisatawan mancanegara. Oleh karena itu usaha ini sangat berpotensi untuk
meningkatkan perekonomian.
ü Aspek
Teknis : Dalam aspek ini secara teknis mudah dilakukan karena banyak koki
handal di indonesia dan proses produksi makanannya pun cukup mudah dibuat. -
ü Aspek
Hukum : Dalam aspek hukum sangatlah mendukung karena bangunan yang digunakan
telah dilengkapi dengan IMB. Dan dalam memproduksi makanan sudah jelas halal
karena hampir semua bahan makanan yang digunakan halal. -
ü Aspek
Sosial : Dalam bisnis cafe n’ resto ini tidak mengganggu dalam aspek sosial
Karena dalam proses pembuatan makanan tidak menimbulkan kebisingan dan
pembuangan limbah pun tidak mengotori lingkungan sekitar. -
ü Aspek
Pasar : Dalam aspek pasar, buah pisang banyak disukai banyak orang, mulai dari
bayi sampai orang dewasa menyukai pisang, sehingga bisnis ini memiliki aspek
pasar yang bagus karena sasarannya untuk semua kalangan umur. Selain itu hampir
semua orang mengetahui keberadaan buah pisang, sehingga buah ini cukup familiar
di masyarakat.
BAB IV
ASPEK
PRODUKSI
Dalam aspek produksi ini akan dijelaskan mulai dari bahan
baku yang digunakan dan bersumber dari daerah mana, kemudian akan dijelaskan
diagram alur dari proses produksi ini, menjelaskan rencana waktu usaha yang
akan dilaksanakan serta menjelaskan layout dari D’BANANAS Cafe n’ Resto.
BAB V
ASPEK
KEUANGAN
A.
Biaya Awal
Biaya
Variabel :
Keterangan
: masing –masing jumlah x 4 minggu (1 bulan )
Biaya
Tetap :
B.
Harga Per unit
Harga jual 1 Cup Cakes Rp 5.000 untuk
ukuran medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small.
Target penjualan Banana Cup Cakes per
hari adalah 10 box. Dalam 1 (satu) box terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium
dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per box Rp 30.000
C.
Modal Awal
Total
Biaya Awal
=
Rp 1.634.000 + Rp 11.254.324 = Rp 12.888.324
D.
Analisis
Keuntungan
Waktu
berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut
rinciannya :
1) Pendapatan Harian = Rp 5.000 x 6 pcs x
10 box = Rp 300.000
2) Pendapatan bulanan = Rp 300.000 x 30
hari = Rp 9.000.000
Jika
diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
a) Pendapatan yang akan dicapai = Rp 9.000.000 x 12 = Rp 108.000.000
b) Dan dengan biaya variabel = Rp 1.634.000
x 12 = Rp 19.608.000
Maka
laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
=
Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000
E.
Pengembalian Modal
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 12.888.324 : Rp 9.000.000 = 1,4
bulan (34 hari)
Tahap
keputusan : berdasarkan data, informasi, dan perhitungan di atas, maka dapat
dikatakan usaha banana cupcakes ini layak untuk dijalankan.
BAB VI
PENUTUP
Usaha Banana Cup Cakes ini termasuk usaha yang cukup
menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena
wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual cup cakes
pisang.Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya
dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.
No comments:
Post a Comment