Halaman

Tuesday, March 19, 2019

bisnis plan BANANA CUP CAKES


BUSINESS PLAN
BANANA CUP CAKES


Makalah
Disusun Guna untuk Memenuhi Tugas UAS
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan, SE.MM


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/0/03/Logo_STAIN_Kudus_Jawa_Tengah.jpg


OLEH :
SITTA WURI HANDAYANI
NIM : 212474



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH/MBS
2015






BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Usaha
Bisnis makanan memang tidak ada habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik.Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah cup cakes  yaitu salah satu jenis makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung  terigu.
Rasanya yang enak dan variasi bentuknya yang lucu mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung terigu berkualitas tinggi yang mudah di dapatkan. Selain itu usaha cup cakes ini ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, blueberry, strawberry, vanilla, melon, anggur serta rasa green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah, perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.
Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu “Banana Cup Cakes” untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa yang mereka miliki.










BAB II
ASPEK MANAJEMEN
A.    Nama Unit Usaha
Usaha produk kami akan kami beri nama D’bananas cafe n’ Resto. Pemilihan nama tersebut berdasarkan pada produk yang akan kami tawarkan karena menu-menunya berbahan dasar dari pisang, tidak hanya menu-menu hidangan dessert tetapi juga terdapat menu-menu hidangan utama. Dengan penamaan demikian bertujuan agar konsumen dapat cepat memberi sugesti pada produk kami bahwa rumah makan kami memiliki ciri khas dari menu-menunya yang identik dengan pisang. Dengan demikian akan mempermudah konsumen dalam mengingat nama rumah makan kami.

Nama Pemilik : Sitta Wuri Handayani
Alamat            : Jl. Pucakwangi- Winong Km. 04
                          Ds. Pekalongan Winong Pati
Nomor Tlp.      : 087833466270
B.     Organisas
a.       Bagan Organisasi
Dalam sistem managerial, pemilik cafe n’ resto membawahi semua karyawan yang ada dibawahnya. Cafe & Resto ini memiliki 11 karyawan yang terdiri dari 1 orang Manager yang membawahi 5 bidang, yaitu bidang pemasaran, bidang logistik, bidang keuangan, bidang produksi dan bidang pelayanan konsumen. Pada gambar 3. menunjukkan bagan dari struktur Manajemen D’bananas Cafe n’ Resto.
https://html1-f.scribdassets.com/32ibbblshs3he814/images/10-b12ff4fe0d.jpg

b.      Tingkat Jabatan
·         Manajer
·         Kepala bagian
·         Karyawan / staf
c.       Tingkat balas jasa
Tingkat balas jasa berupa Gaji, jenjang karir, bonus prestasi dan THR.











BAB III
ASPEK PEMASARAN
A.    Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.      Strength (kekuatan)
Kekuatan  produk Banana Cup Cakes ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Cup Cakes dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha cupcakes yang lainnya yaitu  rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2.      Weakness (kelemahan)
Tidak dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak suka buah pisang dan coklat.
3.      Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan tampilan cupcake yang unik dan dibuat sesuai selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Pati khususnya di km 04 Winong banyak belum ada yang menjual cupcakes sehingga Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.      Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga cupcakes yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

B.     Analisis Kelayakan Pemasaran
Studi kelayakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa usaha atau bisnis kami memiliki prospek yang baik, karena memiliki beberapa aspek yang mendukung seperti aspek ekonomi, aspek teknis, aspek hukum, aspek sosial, dan aspek pasar.
ü  Aspek Ekonomi : Sangat berpotensi karena banyaknya SDA pisang di Indonesia yang dapat dimanfaatkan. Selain itu pisang merupakan buah paling populer ketiga di dunia setelah apel dan jeruk, sehingga bisnis ini dapat menjadikan kuliner bagi wisatawan mancanegara. Oleh karena itu usaha ini sangat berpotensi untuk meningkatkan perekonomian.
ü  Aspek Teknis : Dalam aspek ini secara teknis mudah dilakukan karena banyak koki handal di indonesia dan proses produksi makanannya pun cukup mudah dibuat. -
ü   Aspek Hukum : Dalam aspek hukum sangatlah mendukung karena bangunan yang digunakan telah dilengkapi dengan IMB. Dan dalam memproduksi makanan sudah jelas halal karena hampir semua bahan makanan yang digunakan halal. -
ü  Aspek Sosial : Dalam bisnis cafe n’ resto ini tidak mengganggu dalam aspek sosial Karena dalam proses pembuatan makanan tidak menimbulkan kebisingan dan pembuangan limbah pun tidak mengotori lingkungan sekitar. -
ü   Aspek Pasar : Dalam aspek pasar, buah pisang banyak disukai banyak orang, mulai dari bayi sampai orang dewasa menyukai pisang, sehingga bisnis ini memiliki aspek pasar yang bagus karena sasarannya untuk semua kalangan umur. Selain itu hampir semua orang mengetahui keberadaan buah pisang, sehingga buah ini cukup familiar di masyarakat.





BAB IV
ASPEK PRODUKSI
Dalam aspek produksi ini akan dijelaskan mulai dari bahan baku yang digunakan dan bersumber dari daerah mana, kemudian akan dijelaskan diagram alur dari proses produksi ini, menjelaskan rencana waktu usaha yang akan dilaksanakan serta menjelaskan layout dari D’BANANAS Cafe n’ Resto.





BAB V
ASPEK KEUANGAN

A.    Biaya Awal
Biaya Variabel :
Keterangan : masing –masing jumlah x 4 minggu (1 bulan )







Biaya Tetap :
B.     Harga Per unit
Harga jual 1 Cup Cakes Rp 5.000 untuk ukuran medium dan Rp 2.500 untuk ukuran small.
Target penjualan Banana Cup Cakes per hari adalah 10 box. Dalam 1 (satu) box terdiri dari 6 pcs untuk ukuran medium dan 12 pcs untuk ukuran small cup cakes dengan total harga per box Rp 30.000

C.     Modal Awal
Total Biaya Awal
= Rp 1.634.000 + Rp 11.254.324 = Rp 12.888.324

D.     Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut  rinciannya :
1)      Pendapatan Harian = Rp 5.000 x 6 pcs x 10 box = Rp 300.000
2)      Pendapatan bulanan = Rp 300.000 x 30 hari = Rp 9.000.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
a)      Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 9.000.000 x 12 = Rp 108.000.000
b)      Dan dengan biaya variabel = Rp 1.634.000 x 12 = Rp 19.608.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
= Rp 108.000.000 – Rp 19.608.000 = Rp 88.392.000

E.     Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 12.888.324 : Rp 9.000.000 = 1,4 bulan  (34 hari)
Tahap keputusan : berdasarkan data, informasi, dan perhitungan di atas, maka dapat dikatakan usaha banana cupcakes ini layak untuk dijalankan.























BAB VI
PENUTUP
Usaha Banana Cup Cakes ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual cup cakes pisang.Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.

No comments:

Post a Comment