Halaman

Tuesday, March 19, 2019

bisnis plan TANI MART


LAPORAN STUDI KELAYAKAN BISNIS
TANI MART

Disusun Guna Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester
Mata Kuliah: Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu: Danang Kurniawan, SE.,MM















Oleh:
Muhammad Habib Fauzi
212480

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM / MBS
TAHUN 2015




I.         PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Usaha
Indonesia merupakan negara yang gemah ripah loh jinawe. Sebagai negara yang agraris kita harus ikut membantu pertanian. Dengan banyaknya petani maka akan meningkatkan pangan di Indonesia. Meningkatkan pertanian juga merupakan peluang untuk membuka usaha toko pertanian. dengan begitu kita juga membantu perekonomian Indonesia.
     Membuka usaha pertanian diperlukan kepedulian dan kecintaan akan dunia tanam menanam. Sangat bagus bila pengusaha pertanian mempunyai kepedulian akan petani dan dunia pertanian. Dengan begitu sebagai pengusaha pertanian kita juga akan membantu negara kita kembali sebagai negara yang agraris dan kita bisa mensuplay kebutuhan pangan dan buah negara sendiri, dan menjadikan Indonesia kembali sebagai negara swasembada pangan.
      Kebutuhan akan obat pertanian bagi masyarakat desa yang mayoritas berprofesi sebagai petani menggugah keinginan saya untuk mendirikan sebuah usaha yang menyediakan obat-obat pertanian sehingga usaha yang saya dirikan ini dapat membantu petani lebih mudah mendapatkan obat-obat pertanian yang diinginkan.
     Dengan permasalahan tersebut, saya memutuskan untuk mendirikan usaha toko pertanian yang menjual sebagian alat pertanian dan obat-obatan untuk pertanian.

B.     Gambaran Umum Usaha
Usaha yang akan saya dirikan ini adalah usaha yang bergerak dibidang penjualan obat-obatan maupun peralatan pertanian. Usaha yang akan saya dirikan ini akan saya beri nama TANI MART. Toko yang saya dirikan ini berada dilokasi yang sangat strategis di Desa Kedung Tulup Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang RT. 1 RW. 2 tepatnya disebelah barat Pasar Krikilan di depan pintu II pasar Krikilan.
     Usaha ini akan memjual obat-obatan pertanian maupun perlatan pertanian seperti jangkul, pompa air, golok dan lain-lain. Toko ini berbeda dengan toko lain karena konsumen bisa membeli sekaligus konsultasi tentang perkembangan tanaman  dengan begitu petani akan lebih mudah untuk memilih obat yang tepat.

C.    Manfaat Usaha
Dari gagasan usaha diatas, saya mengharapkan manfaat yang dapat dinikmati oleh petani yang membeli obat-obatan maupun peralatan pertanian. Manfaat tersebut diantaranya adalah :
1.      Mempermudah petani dalam memperoleh obat dan peralatan pertanian
2.      Mendapatkan keuntungan
3.      Dapat memberikan informasi bagi petani yang kesusahan dalam memantau tanaman
4.      Menambah wawasan petani tentang pertanian

II.      Analisa Aspek Hukum
A.   Bentuk Badan Usaha
        Bentuk usaha yang akan dijalankan ini adalah usaha yang menyediakan obat-obat pertanian dan bentuk usaha ini adalah bentuk perseorangan.
B.   Perizinan
        Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan perseorangan antara lain Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP), dan diperlukan juga adanya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Izin-izin yang diperlukan tersebut bisa didaftarkan di Pengadilan Negeri yang ada di kota Rembang.

III.   Analisa Aspek Lingkungan
A.  Lingkungan Operasional
1.    Pelanggan
Konsumen yang akan menjadi pelanggan toko TANI MART adalah petani yang berada disekitar toko diantaranya adalah petani dari desa tetangga seperti Desa KedungTulup Desa Krikilan Desa Sumber Agung Desa Logede yang  merupakan mayoritas penduduk berprofesi sebagai petani.
2.    Pemasok
Memilih supplier adalah bagian penting karena supplier berpengaruh terhadap harga, sehingga saya akan memilih suplior dari distributor dari kota porwodadi
3.    Kreditur
Dalam mendukung operasi toko saya di bidang pendanaan, saya memilih meminjam uang dari saudara saya karean bunga yang tidak begitu besar sehingga profit yang saya dapat bisa untuk mengembangkan usaha saya.
4.    Pegawai
Untuk menunjang bisnis yang saya dirikan ini saya hanya memiliki 2 karyawan yang melayani konsumen dan saya sendiri yang bertindak ebagai kasir.
B.  Lingkungan Industri
        Usaha toko TANI MART sangat diminati oleh petani karena tempat yang strategis dan mudah dijangkau memudahkan petani mendapatkan obat-obtan ataupun peralatan pertanian yang mereka butuhkan.
C.  Lingkungan Jauh
1.    Keadaan Ekonomi
Perekonomian masyarakat Kecamatan Sumber yang samakin maju karena hasil panen yang sangat memuaskan. Maka akan meningkatkan penjualan obat maupun alat pertanian dan hal itu merupakan peluang yang besar untuk mengembangkan usaha ini dikemudian hari.
2.    Keadaan Teknologi
Dengan teknologi yang semakin saya berhadap masyakat petani bisa menerima alat-alat yang modern yang semakin marak dan semoga dengan adanya toko TANI MART ini dapat membantu petani untuk mendapatkan alat-alat tersebut.
3.    Keadaan Ekologi
Usaha ini tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi lingkungan sekitar karena toko TANI MART hanya melakukan proses penjualan. Sehingga tidak ada dampak yang fatal yang akan dialami masyarakat.

IV.   Analisa Aspek Pemasara
A.  Potensi Pasar
        Melihat peluang yang sangat besar dalam bisbis penjualan obat-obat dan peralatan pertanian, saya harus mengetahui potensi bisnis ini. Hasil yang saya peroleh yang paling berpotensi adalah para masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan pegawai yang memiliki profesi pertanian sampingan. Dengan demikian pasar yang paling menjadi sasaran bisnis adalah para masyarakat yang merupakan profesi utamanya petani.
B.  Strategi Pemasaran
1.    Segmentasi, Sasaran dan Posisi Pasar
a.    Segmentasi
Segmentasi pasar untuk pelanggan toko TANI MART adalah kalangan masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Untuk segmentasi pasar yang tidak berpotensi adalah masyarakat yang hanya menganggap bertani adalah profesi sampingan.


b.   Sasaran
Target dari toko TANI MART ini adalah masyarakat yang berprofesi sebagai petani yang berada didesa sekitar toko di Kecamatan Sumber. Selain itu target sasaran akan diperluas di sekitar Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.
c.     Posisi Pasar
Target posisi pasar ini adalah masyarakat desa yang mana disekitar Kecamatan Sumber bagian selatan belum ada toko yang menyediakan obat-obatan maupun alat pertanian.
2.    Strategi Bauran Pemasaran
a.    Strategi Produk
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa TaniMart ini berapa di lokasi yang sangat strategis disebalah pasar sehingga konsumen akan lebih mudah mencarinya.
b.   Strategi Harga
Dalam menentuak harga toko TANI MART sebisa mungkin berbeda dengan toko lain, karena di toko TANI MART pelanggan bisa membeli dengan cara satuan maupun dengan cara grosir.
c.    Saluran Distribusi
Dalam pemasaran toko TANI MART ini memakai saluran distribusi langsung  yaitu dari produsen ke konsumen.
d.   Strategi Promosi
Strategi promosi yang saya berikan adalah dengan cara pembelian kelipatan 100.000 maka konsumen akan mendapatkan voucer yang berisi nama alamat dan nomer hp setelah konsumen mengisi voucer tersebut maka voucer tersebut dimasukkan kedalam kotak dan nantinya akan diundi bila beruntung akan mendapatkan hadiah manarik.



3.    Analisa SWOT
a.    Kekuatan
Toko yang saya dirikan ini berada dilokasi yang sangat strategis karena toko ini berada di jalan yang menghubungkan beberapa desa diantaranya adalah desa KedungTulup, desa Krikilan, desa Logung, desa Sumberagung. Tempat yang mudah diakses yaitu berada disebelah barat pasar krikilan sehingga memudahkan petani untuk mencari toko.
b.   Kelemahan
Toko ini memiliki kelemahan dalam bidang pelayanan karena masyarakat yang belum mengetahui cara pemakaian obat tersebut mengakibatkan karyawan kesulitan dalam memberikan Informasi dan pelayanan terhadap konsumen lainnya.
c.    Peluang
Bagi petani obat pertanian sangat dibutuhkan karena akan mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga petani harus membeli obat tersebut.
d.   Ancaman
Ancaman yang akan menjadi kendala adalah kurangnya informasi bagi petani untuk memakai obat-obatan yang sudah modern dan ketika itu juga petani masih menggandalkan pupuk atau obat-obatan tradisional.

V.      Analisa Aspek Teknis dan Teknologi
A.  Lokasi Usaha
          Lokasi yang saya rencanakan di daerah desa Kedung Tulup Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang RT 01 RW 02 sebelah barat pasar Krikilan yang menghubungkan dari beberapa desa diantaranya adalah Desa Krikilan DesaLogede Desa Sumber Agung.


B.  Teknologi Pendukung
          Teknologi pendukung yang saya gunakan di toko TANI MART adalah laptop untuk mengelola produk dan cctv untuk mengetahui segala aktivitas yang berjalan di toko TANI MART tersebut.

VI.   Analisa Aspek Manajemen dan Sumber Daya Manusia
A.      Manajemen Operasional Usaha
Pihak manajemen berfungsi sebagai pelaksana dan pengawas jalannya operasi usaha. yang saya laksanakan sendiri dengan melakukan hal-hal sebagai berikut :
1.    Menjaga dan mengawasi penerimaan uang setiap hari.
2.    Menekan biaya-biaya operasional yang tidak perlu.
3.    Mengawasi pekerjaan karyawan dalam melayani konsumen
4.    Melakukan kegiatan promosi
B.       Penjadwalan Usaha
Toko TANI MART ini beroperasi mulai jam 07.00 WIB sampai jam 14.00 WIB libur hanya hari besar saja. dan khusus hari jum’at toko buka sampai jam 11.30 WIB. Setiap hari karyawan beristirahat bergantian saat melakukan sholat dzuhur dan makan siang.
C.       Kebutuhan Tenaga Kerja
Usaha ini dikelola dan diatur oleh pemilik usaha itu sendiri yang berindak sebadai kasir dan dibantu oleh 2 karyawan. Dimana 2 orang karyawan sebagai bagian penjual dan melayani pelanggan.








D.      Rencana Struktur Organisasi                             


Tugas dan tanggung jawab
1.    Owner/manager (kasir) bertanggung jawab untuk mengatur jalannya penjualan
2.    Karyawan 1 bertanggung jawab melayani pelanggan
3.    Karyawan 2 bertanggung jawab pelayani pelanggan.

VII.     Analisa Aspek Sosial
Toko TANI MART menyediakan segala macam obat-obat pertanian dan sebagian peralatan pertanian. Dengan demikian adanya toko TANI MART ini sangat membantu petani untuk memperoleh obat-obatan maupun peralatan pertanian yang diinginkan.
Dalam memberikan tanggung jawab social kepada masyarakat sekitar toko TANI MART memberikan sponsor yang akan mengadakan event didesa sekitar seperti acara sedekah bumi maupun pengajian-pengajian yang akan diadakan didesa yang membutuhkan.
VIII.  Analisa Aspek Keuangan
A.   Kebutuhan Investasi

Sumber dana
Jumlah
Penggunaan dana
Jumlah
Modal
Rp 60.000.000
Pembelian obot pertanian
Rp 20.000.000
Alat pertanian
Rp 10.000.000
Pembelian laptop lengkap
Rp 4.000.000
Pembelian rak
2000.000x3
Rp 6.000.000
Cctv 750.000x2
Rp 1.500.000
Pembuatan ruko
Rp 10.000.000
Beban gaji 500.000x2
Rp 1.000.000
Beban listrik
Rp 300.000
Beban internet
Rp 100.000
Lain-lain
Rp 7.100.000
Total
Rp 60.000.000

Rp 60.000.000

1.    Pendapatan yang Diperkirakan Pada Tahun Pertama
Pendapatan 1 bulan     5.000.000 x 4              = Rp 20.000.000
Pendapatan 1 tahun    20.000.000 x 12          = Rp 120.000.000
2.    Biaya yang Diperkirakan Selama Tahun Pertama
Biaya Internet (100.000x 12 bulan)                           = Rp    1.200.000
Gaji 2 orang karyawan (Rp1000.000 x 12 bulan)      = Rp 12.000.000
Listrik (Rp300.000 x 12 bulan)                                  = Rp   3.600.000
Total biaya 1 tahun                                         = Rp 16.800.000

3.    Laba Sebelum Pajak Pada Tahun Pertama
Pendapatan  - Biaya
= Rp 120.000.000 – Rp 16.800.000
= Rp 103.200.000
4.    Pajak Yang Diperkirakan Pada Tahun Pertama
= 10% x Rp 103.200.000
= Rp 10.320.000
5.    Laba Setelah Pajak Yang Diperkirakan Selama Satu Tahun
Laba sebelum pajak – pajak
= Rp 103.200.000 – Rp 10.320.000
= Rp 92.880.000

B.  Pembiayaan
Pembelian Obat + Alat Pertanian                        Rp  30.000.000
Pembelian Laptop Lengkap                                 Rp    4.000.000
Pembelian Rak                                                     Rp    6.000.000
Pembelian Cctv                                                    Rp    1.500.000
Pembuatan Ruko                                                  Rp  10.000.000
Hadiah                                                                 Rp    2.000.000
Jumlah                                                                Rp  53.500.000

Laba Bersih Setelah Pembiayaan
Rp. 92.880.000 – Rp 53.500.000
= Rp 39.300.000
Jadi laba bersih yang diperoleh  selama setahun sebesar
Rp 39.300.000





C.  Rasio-rasio Keuangan
1.      Payback Period (PP)
Jika perusahaan diperkirakan memiliki kas bersih sama, maka:

PP =
      =  = 1.361 = 1 tahun, 4 bulan 11 hari
= 0,361 × 365 = 131,765
= 131,765 : 30 = 4,3921
= 0.3921 × 30 = 11,763
Jadi, payback periodnya adalah satu tahun, 4 bulan 11 hari

2.      Net Present Value (NPV)
NPV =
       =
       = - ( ) + ( ) + ( ) + ( )
      = - 53.500.000 + 35.727.727 + 32.479.338 + 29.526.671
      = - 53.500.000 + 97733736
      = 44.233.736
Karena NPV positif, maka usaha yang akan saya dirikan layak untuk dijalankan.



IX.   Kesimpulan dan Rekomendasi
A.  Kesimpulan
Dari laporan studi kelayakan usaha ini dapat disimpulkan bahwa membuka toko TANI MART sangat menguntungkan karena memiliki peluang yang sangat besar dalam jangka waktu panjang, mudah untuk dikembangkan karena produk yang dijual di toko TANI MART memiliki masa jangka waktu kadaluarsa yang panjang. tidak berbahaya jika melakukan sesuai dengan petunjuk.
B.  Rekomendasi
Dari analisis yang komprehensif perihal proyek bisnis TANI MART dapat direkomendasikan beberapa hal yakni:
1.    Dana yang dibutuhkan untuk investasi proyek toko TANI MART ini masih tergolong relatif kecil namun menghasilkan cashflow yang sangat baik mengingat pemilik modal hanya perlu menanamkan modalnya sekali saja, setelah itu cashflow yang dihasilkan akan mampu menutupi semua biaya yang diperlukan untuk pengambilan barang kembali dan membayar hutang.
2.    Memperluas toko mengingat semakin banyaknya produk yang akan dijual sehingga apabila toko tidak ada perluasan maka tempat tersebut tidak layak pakai.
3.    Meningkatkan pelayanan yang semakin baik dan memuaskan dengan menambah karyawan sehingga pelanggan tidak terlalu lama menunggu dan bisa konsultasi lebih lama.

3 comments:

  1. Promo Spesial :

    ★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x (dapat di Klaim Setiap Hari)
    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus 5% Deposit Setiap Hari
    ★ Bonus Cashback Mingguan 5% s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%

    Tersedia Permainan Judi Online :
    » Bola / Sportsbook
    » Sabung Ayam
    » Casino Live
    » Slot online
    » Togel Online
    » Bola Tangkas
    » Tembak Ikan
    » Poker
    » Domino
    » Dan Masih Banyak Lainnya.

    Situs Judi Online Deposit Ovo
    Situs Judi Online Deposit Gopay
    Situs Judi Online Deposit Linkaja
    Situs Judi Online Deposit Dana
    Situs Judi Online Deposit Sakuku
    Situs Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Situs Judi Online Deposit Bank BTPN
    Situs Judi Online Deposit Bank BTN
    Situs Judi Online Deposit Bank Permata

    Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete