Halaman

Tuesday, March 19, 2019

bisnis plan UNITED CAFE


UNITED CAFE
Proposal usaha
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan SE,MM



Disusun Oleh:
Danar Nurdiansyah              (212453)




 


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM/ MBS
TAHUN 2015



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Saat ini kampus STAIN kudus sedang dalam masa perkembangan yang pesat, total kurang lebih 10,000 mahasiswa berjuang menempa ilmu disini. Namun, meningkatnya jumlah mahasiswa STAIN kudus tidak diikuti dengan fasilitas tempat bersosialisasi antar mahasiswa yang memadai. Gedung-gedung, taman, perpustkaan, kantin yang semula menjadi tempat-tempat sosoalisasi ataupun diskusi antar mahasiswa, kini tak mampu menampung bertambahnya jumlah mahasiswa yang berada di STAIN.
Dengan melihat keadaan sekitar kampus STAIN Kudus yang semakin ramai dan tak disertai dengan ketersediaan tempat untuk bersosialisasi antar mahasiswa dan terbatasnya tempat tempat nongkrong atau diskusi yang asik, maka penulis mempunyai ide untuk membuat tempat nongkrong yang sekaligus asik untuk dibuat sebagai tempat sosialisasi/diskusi mahasiswa STAIN Kudus berupa cafe. Cafe tersebut akan diberi nama sesuai tujuan pendirian usaha Cafe ini yaitu menjadikan tempat berkumpul yang asik bagi mahasiswa, maka dari itu cafe ini saya beri nama “ United Cafe”.

Alasan memilih usaha cafe :
  1. Kurangnya tempat bersosialisasi bagi para mahasiswa
  2. Tidak tersedianya tempat yang nyaman untuk membahas kegiatan kampus
  3. Minimnya tempat nongkrong yang nyaman dan menyenangkan bagi mahasiswa yang ngekost di sekitar kampus



BAB II
PEMBAHASAN

  1. KONSEP USAHA DAN VISI/MISI

United Cafe akan didesain simple namun nyaman sehingga cocok sebagai tempat untuk nongkrong. Berbagai fasilitas disediakan di cafe ini seperti hotspot area, full music, tempat lesehan yang nyaman, dan yang tak ketinggalan tersedianya LED TV yang bisa dibuat nonton bareng. Karena status owner masih mahasiswa sehingga United cafe buka pada pukul 13.00 Р23.00. Pada jam ini biasanya mahasiswa sudah selesai kuliah, membahas tugas kuliah, nongkrong bersama teman-temannya ataupun masih membahas acara kampus. United caf̩ menerapkan sistem green marketing yang ramah lingkungan dalam pelaksanaan bisnisnya, sistem ini diimplikasikan secara konkrit melalui daur ulang sisa limbah produksi, misalnya : sisa bungkus kopi dijadikan kerajinan tangan untuk dibuat tempat sampah, sisa botol kecap dibuat asbak atau hiasan meja.
.
Sistem ini menjadi keunggulan United Café dibandingkan dengan usaha sejenis disekitar STAIN Kudus mengingat pada masa sekarang kesadaran mahasiswa akan lingkungan hidup semakin tinggi sehingga mempengaruhi proses pengambilan keputusan dalam memilih produk atau jasa yang akan digunakan.
VISI
Menyediakan tempat nongkrong yang nyaman dan murah sesuai dengan kantong mahasiswa

MISI
  1. Menyediakan menu makanan dan minuman dengan harga standar tapi kualitas maksimal
  2. Menyediakan tempat diskusi dan nongkrong bagi mahasiswa secara hemat
  3. Menjaga suasana cafe yang hommy serta nyaman untuk belajar

  1. ASPEK PASAR
    1. Analisis 4P
Product :



Makanan:
Gorengan Sambel
Gorengan Bakar
Snack ( macroni, stik keju,mie lidi, chiki)
Kentang goreng
Roti bakar
Mie instant
Nasi Goreng

Minuman:
Kopi khas
Kopi susu
Kopi jahe
Kopi hitam
Cappucino
Milk shake
Coklat
Es teh
Es jeruk



Price
MENU HARGA
Makanan
  1. Pisang Bakar                           Rp 3.000
  2. Kentang goreng                        Rp 5.000
  3. Mie instant (polos)       Rp 4000
  4. Mie instan special                    Rp 6.000
  5. Gorengan Sambel         Rp 3.500/porsi
  6. Snack                                       Rp. 1000- 5000
  7. Roti bakar                                 Rp 6.000-10.000
  8. Nasi goreng                             Rp. 5.000


Minuman
1.      Kopi susu                          Rp 3.500
2.      Kopi hitam                                    Rp 2.000
3.      Coklat                                            Rp 6.000
4.      Kopi joss                                       Rp 4.000
5.      Kopi jahe                           Rp 3.500
6.      Cappucino                         Rp 3.000
7.      Es teh                                                       Rp 1.500
8.      Es jeruk                                         Rp 2.000
9.      Milk shake                         Rp. 4000
10.  Minuman sachset               Rp. 2000-3500

Sesuai dengan visi misi United cafe yang memberikan produk dan pelayanan sesuai kantong mahasiswa. Maka harga-harga yang ditawarkan juga tidak terlalu besar. Untuk minuman harga dibawah Rp 5,000. Untuk makanan berkisar dua puluh ribuan, dan untuk cemilan dibawah Rp 10,000,-. Ini sangat pas untuk kalangan mahasiswa terutama para mahasiswa yang kos dan merantau.


Place
Karena sasaran dari United café ini adalah mahasiswa STAIN Kudus, maka tempatnya di sekitar kampus, . Selain itu juga memberikan suasana baru bagi kampus dan mahasiswa karena United cafe akan memberikan kenyamanan bagi mahasiswa. Dengan sasaran dan target mahasiswa aktif dan mayarakat yang tinggal di daerah STAIN kudus, maka letak cafe ini sangat strategis karena mudah dijangkau oleh mahasiswa.

Promotion
Promosi dilakukan dengan banyak cara:

Promosi Penjualan
  • Makanan dan minuman Berdiskon 20-30 % ( minggu pertama )
  • Memberikan vocer kepada pelanggan
  • Diskon dalam jumlah pembelian tertentu (diatas 30 ribu diskon 10%) berlaku setelah diskon minggu pertama

Promosi Iklan
  • Brosur dan daftar harga
  • Penyebaran pamlet di mading- mading kampus
  • Promosi melalui jejaring sosial ( bbm, facebook, twitter )

    1. Analisis STP
Segmenting
Segmenting United caf̩ berada dikota Kudus, tepatnya di sekitar daerah kampus STAIN kudus. Anak muda baik perempuan maupun laki Рlaki yang memiliki uang saku sekitar Rp 500.000,- per bulan la dilihat dari komponen psikografis, United caf̩ memiliki segmen dari semua kalangan khususnya kelas menengah ke bawah dengan memiliki gaya hidup yang suka nongkrong, suka membahas masalah kampus bersama teman- temannya.
Sedangkan bila dilihat dari komponen perilaku, manfaat yang dicari adalah kenyamanan, keceriaan, kesenangan. kuran segmen anakmuda menengah kebawah yang memiliki gaya hidup suka nongkrong, suka membahas masalah kampus bersama teman – temannya diprediksi akan bertambah dari tahun ke tahun khusunya di STAIN Kudus mengingat semakin diminatinya organisasi kemahasiswaan di lingkungan STAIN Kudus.

Targeting
Sasaran yang menguntungkan bagi United Café adalah mahasiswa, khususnya mahasiswa STAIN Kudus yang suka nongkrong dan mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan yang butuh tempat nyaman untuk membahas masalah.

Potitioning
keunggulan kompetitif yang ditawarkan :
  1. Kenyamanan suatu tempat untuk berkumpul yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, serta cemilan bagi para pengunjung yang hanya ingin bersantai. Serta memberikan fasilitas WiFi, full music dan TV.
  2. Pelayanan yang santai namun tetap bersahaja sehingga pengunjung puas.
  3. Tempat yang berada di dalam kampus Perbedaan harga dengan cafe-cafe lain yang menyediakan fasilitas sejenis membedakan United Cafe dengan cafe lainnya, karena harga di cafe ini sesuai standar kemampuan mahasiswa ( disesuaikan dengan porsi )
  4. United café mencoba menerapkan sistem green marketing yang ramah lingkungan dalam pelaksanaan bisnisnya, sistem ini diimplikasikan secara konkrit melalui daur ulang sisa limbah produksi, misalnya : sisa bungkus kopi dijadikan kerajinan tangan untuk dibuat tempat sampah, sisa botol kecap dibuat asbak atau hiasan meja,
  1. ASPEK MANAJEMEN DAN SDM
Manajemen
Karena United Cafe merupakan usaha yng baru di rintis, maka menggunakan manajemen skala industri rumahan. Dimana hanya ada pemilik yang menjabat sebagai direktur utama sekaligus manajer dan ada 3 pegawai( kasir, waitres, koki).
Aspek SDM
Karyawan yang bekerja di United Cafe setiap hari harus berhubungan langsung dengan konsumen sehingga harus memenuhi 5S (Sopan, Santun, Sapa, Senyum, dan Salam). Dan para karyawan diharuskan ramah dan memiliki kesabaran dalam melayani konsumen. Kriteria umum yang harus dimiliki oleh para karyawan QIBIL CAFE adalah :
  • Berpenampilan menarik
  • Mau bekerja keras
  • Memiliki loyalitas yang tinggi
  • Bertanggung jawab
  • Memiliki sopan santun dan ramah

Job Description Sumber Daya Manusia
Perlu adanya pembagian tugas (job description) yang jelas, agar para pegawai mampu melakukan tugas mereka masing-masing dengan baik.

Pembagian tugas (job description) di United Cafe antara lain.
  1. Kasir / waiter
  • Menerima pembayaran dari transaksi yang dilakukan dengan pelanggan
  • Mengatur pemasukan dan pengeluaran
  • Mencatat semua pesanan yang diinginkan konsumen Memastikan konsumen sudah mendapatkan pesanan mereka
  • Memastikan agar konsumen merasa puas dengan pesanannya
  • Mengantar pesanan konsumen ke meja konsumen

  1. Koki
  • membuatkan pesanan yang telah dipesan konsumen
  • mengatur kegiatan di dapur agar pesanan konsumen dapat terhidang tepat pada waktunya.

  1. Pemilik / Owner
  • merencanakan dan mengkoordinir kebutuhan SDM.
  • bertanggung jawab terhadap terselenggaranya peraturan perusahaan dengan baik.
  • melakukan perhitungan gaji.
  • melakukan hubungan instansi yang terkait untuk kepentingan bisnis perusahaan.
  • melaksanakan seluruh fungsi pencatatan keuangan dan akuntansi.
  • mengamankan system serta prosedur operasional dan harta perusahaan.
  • mengawasi hutang dan piutang yang telah jatuh tempo.
  • bertanggung jawab atas pelaksanaan system kerja di semua bagian.
  • bersama dengan koki melakukan percobaan-percobaan atas inovasi produk baru.
  • melakukan kontrol dan perbaikan- perbaikan atas kualitas produk.
  1. ASPEK KEUANGAN

    1. Modal Awal

PERALATAN CAFFE
Nama Barang
Jumlah
Harga
Total
Piring
5 lusin
Rp.90.000/lusin
Rp.450.000
Mug/cangkir
5 lusin
Rp.130.000/lusin
Rp.650.000
Gelas besar
5 lusin
Rp.120.000/lusin
Rp.600.000
Sendok
5 lusin
Rp.30.000/lusin
Rp.150.000
Garpu
5 lusin
Rp.30.000/lusin
Rp.150.000
Meja
10 buah
Rp.200.000
Rp. 2.000.000
Tikar
10 buah
Rp.40.000
Rp.400.000
Kompor gas
1 buah
Rp.300.000
Rp.300.000
Tisue
10 buah
Rp.7000
Rp.70.000
Tempat tisue
10 buah
Rp.10.000
Rp.100.000
Tv LED 32”
1 buah
Rp. 3.200.000
Rp. 3.200.000
Speaker Set


Rp. 1000.000
Kabel
30 meter
Rp.5000
Rp.150.000
Wifi


Rp.300.000
Pisau dapur
2

Rp. 50.000
Gunting


Rp 10.000
Meja kecil
10 buah
Rp. 75000
Rp. 750000



Rp. 10.330.000



BAHAN MAKANAN/MINUMAN
Nama Barang
Jumlah
Harga
Total
Kopi saset
1000
Rp.800
Rp.800.000
Kopi Tubruk


Rp.300.000
Susu
3 box
Rp.28.000
Rp.84.000
Gula
10 kg`
Rp.12.000
Rp.120.000
Beras
10 kg
Rp.10.000
Rp.100.000
Mie Instan
2 kardus
Rp.42.000
Rp.82.000
Bumbu dapur, sayur- sayuran


Rp.100.000
Kecap
3 botol
Rp.10,000
Rp.30.000
Saus
3 botol
Rp.10.000
Rp.30.000
Roti tawar
15
Rp.6000
Rp.90.000
Aneka Selai
7 buah
Rp.15.000
Rp.105.000
Coklat
2 box
Rp.24.000
Rp.48.000
Margarin
10 buah
Rp.7000
Rp.70.000



Rp.1.929.000


SEWA TEMPAT 1 thn Rp 7.000.000
GAJI KARYAWAN                Rp. 750.000 x 2 = Rp. 1.500.000
TOTAL MODAL AWAL                                = 12.259.000 + 7.000.000 + 1.500.00
                                                                                                = rp. 20.759.000
TOTAL MODAL INVESTASI Rp 20.759.000,



    1. Asumsi Keuntungan
Saya mengasumsikan, target rata-rata perhari produk yang terjual sebagai berikut:

Minuman ( kopi, teh, milk shake, coffe saset, dll) terjual      75 gelas
Aneka gorengan sambal                                                                                                        50  porsi
Mie instan dan nasi goreng                                                                                        50  porsi

Dengan rincian keuntungan rata-rata minuman ( rp.1500/gelas), aneka gorengan sambal ( rp. 1500/ porsi ), mie instan dan nasi goreng ( rp, 2000/ porsi) maka dapat diasumsikan keuntungan sebagai berikut:
Minuman
1000 @75
Rp. 75.000
Aneka gorengan
1000 @ 50
Rp.50.000
Mie instan dan nasi goreng
1500 @ 50
Rp. 75.000
Jumlah

Rp. 200.000

Omset per bulan rp. 200.000 @30 = rp. 6.000.000
Laba bersih/bulan = omset – ( gaji karyawan+ listrik+biaya wifi + b. Lain-lain)
                                                = 6.000.000 – ( 1.500.000+ 75.000 + 300.000 + 500.000)
                                                = Rp. 3.625.000






BAB III
PENUTUP
  1. Harapan Masa Depan
Semoga United Cafe ini dapat terus berkembang menjadi usaha yang mapan. Sebagai seorang wirausahawan, saya tidak akan membiarkan cafe ini berjalan statis, namun akan ada pengembangan-pengembangan berupa produk baru ataupun perkembangan tempat yang lebih baik supaya konsumen  United Cafe semakin bertambah.
  1. Kesimpulan
Usaha cafe dengan konsep ini di lokasi Stain kudus sangat menjanjikan dan kemungkinan besar akan cepat berkembang. Dengan pelayanan dan mutu yang baik saya yakin pendirian usaha cafe ini akan sangat menguntungkan

Demikian proposal ini saya susun dengan harapan permohonan pendirian usaha saya dapat dikabulkan. Semoga usaha ini dapat bermanfaat bagi banyak orang.

No comments:

Post a Comment