Halaman

Tuesday, March 19, 2019

bisnis plan BISNIS BROSS HANDMADE BONAMANA COLLECTION


STUDI KELAKAYAKAN BISNIS BROSS HANDMADE   BONAMANA COLLECTION

Makalah
Disusun guna memenuhi tugas UAS
Mata kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Danang Kurniawan, SE.MM


 










Disusun oleh:
Ema Rokhmawati                               (212 464)
 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN SYARI’AH DAN EKONOMI ISLAM/ MBS
TAHUN 2015

BAB l
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Semakin tingginya angka pengangguran di Indonesia selain karena kualitas sumber daya manusianya yang rendah juga disebabkan lebih sedikitnya jumlah lapangan pekerjaan dibandingkan jumlah tenaga kerja yang ada.
Untuk mengantisipasi masalah tersebut sebagai mahasiswa saya berpikir bahwa sudah saatnya setiap mahasiswa sudah harus mempersiapkan diri dari dini. Tidak ada salahnya menjadi mahasiswa sekaligus pengusaha, walaupun berskala kecil. saya berencana untuk membuat suatu usaha yang saya yakin memiliki prospek yang cerah nantinya yaitu usaha aksesoris bross handmade.
Wanita atau remaja putri memang selalu ingin tampil mempesona, modis dan cantik setiap suasana. Salah satunya yaitu dengan pemakaian aksesoris-aksesoris yang trendi dan kelihatan menarik. Aksesoris sifatnya hanya sebagai penunjang busana bagi wanita, akan tetapi menjadi sangat penting ketika wanita yang memakainya.
Apa lagi sekarang sudah banyak orang yang berhijab, trand hijabers juga semakin berkembang dengan pesat. model hijab dijaman sekarang juga bermacam-macam dan cantik, tidak seperti jaman dahulu yang modelnya itu-itu saja. Dan bross handmade ini, dengan berbagai model, warna dan bahan ini bisa mempercantik krudung yang mereka pakai.
Konsumen produk bross handmade ini sudah bisa ditebak, kebanyakan adalah para pelajar, mahasiswi, maupun para orang-orang dewasa yang tentunya berhijab. Sehingga sasaran utama  saya yang khususnya di tujukan ke para wanita ini adalah para pelajar dan mahasiswa yang dominan cenderung ingin memakai berbagai macam bross yang tidak biasa.
Untuk menjaga kelangsungan bisnis seperti ini, saya harus selalu mencoba untuk menghasilkan desain bross dengan kreatifitas baru dan unik. Sehingga para konsumen tidak cepat bosan dengan produk yang di hasilkan. Disamping itu untuk menjalankan bisnis bross handmade, sebaiknya kita jeli melihat minat pasar untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap produk yang desainnya selalu mengikuti model baru.
Usaha penjualan bross handmade yang merupakan peluang usaha yang menarik dikembangkan. Walaupun usaha ini sudah cukup banyak namun tidak menutup kemungkinan bisnis ini akan berhasil dengan didukung desain yang unik dan bahan yang berkwalitas produk ini dapat bersaing dengan produk yang ada diluaran sana.













BAB ll
ASPEKMANAJEMEN, YUDIRIS, DAN SUMBER DAYA MANUSIA
A.    Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama “BONAMANA Collection”
Nama organisasi : Bonamana Collection
Jenis organisasi    : ini merupakan bisnis rumahan
Pemilik                 : Ema rahmawati
Alamat                 : jln. Sulatan fatah no 11 demak (depan alun-alun demak)
Nomor  telp          : 089671972766
B.     Legalitas usaha
Dari segi legalitas usaha, beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar dikemudian hari adalah:
a.       Badan hukum
Karna BONAMANA hanya sekedar toko yang sifatnya merupakan usaha sendiri dengan modal sendiri , jadi BONAMANA tidak mempunyai badan hukum
b.      Tanda daftar usaha dan surat ijin usaha
Wajib daftar perusahaan, perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan / laba.
Bonamana memiliki ijin usaha berupa surat ijin peusahaan (SIUP) dengan nomor: 994/04.05/PK/X2015 dan tanda daftar perusahaan (TDP) Nomor: 11.04.5.94.00766
c.       NPWP
Sebagai unit bisnis, saya juga mendaftarkan nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas aktiva usaha saya ke departemen perpajakan setempat. NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksakan hak dan kewajiban perpajakan.
Adapun NPWP BONAMANA collection adalah : 04.667.978.1.406.001
d.      Ijin Domisili dan IMB
Karna BONAMANA Collection tidak mendirikan bangunan secara khusus, melainkan menyewa bangunan untuk usaha jadi BONAMANA tidak memerlukan ijin domisili maupun IMB.
e.       Bukti Diri
Karna BONAMANA Collection merupakan usaha yang baru berdiri dan merupakan usaha yang berskala kecil jadi tidak memerlukan bukti diri dengan membuat akte ke notaris.
C.    Organisasi
a.       Badan organisasi
Untuk masalah badan organisasi tidak memerlukan bagan organisasi yang rumit, karna badan organisasi di  toko BONAMANA ini hanya sebatas pemilik dan karyawan nya.
b.      Tingkat jabatan
- Pemilik bisa merangkap sebagai manajer
- karyawan
D.    Personalia
a.       Kebutuhan tenaga kerja
Agar kegiatan usaha berjalan dengan baik, maka BONAMANA memerlukan tenaga kerja dan tingkat kebutuhan sebagai berikut:
1.      Penjaga toko               1 orang
2.      Staf produksi              5 orang
Jumlah                         6 orang
b.      Tingka balas jasa
Tingkat balas jasa berupa gaji, jenjang karir, training, dan memberikan THR pada saat lebaran.
BAB lll
ASPEK PEMASARAN
A.    Segmentasi, targeting, dan positioning
a.       Segmentasi
Yang menjadi segmen dari bonamana adalah semua elemen masyarakat yang ada di daerah demak.
b.      Targeting
Target pemasarannya yaitu semua golongan usia mulai dari anak-anak, sampai orang tua, tapi saya lebih berfokus pada anak-anak muda. Sasaran saya adalah para pelajar dan mahasiswa yang mempunyai perekonomian menengah kebawah sampai menengah keatas, jadi mencakup semua golongan ekonomi mengingat produk saya mempunyai harga yang variatif dari yang murah sampai yang mahal.
c.       Positioning
Saya ingin menciptakan image atau citra sebagai toko yang memiliki kualitas dan mutu yang baik, tidak hanya itu saya juga ingin menciptakan citra terhadap masyarakat bahwa barang- barang yang saya produksi mempunyai harga yang bisa dijangkau semua kalangan.
B.     Permintaan
a.       Perkembangan permintaan saat ini
Semakin pesatnya perkembangan fashion hijabers pada saat ini berpengaruh pada minat masyarakat terhadap aksesoris-aksesoris hijab. Bayak masyarakat terutama bagi wanita yang berhijab mereka berlomba-lomba agar terlihat cantik dengan hijabnya. Karna itu minat kaum wanita yang berhijab terhadap aksesoris ini sangat tinggi.
b.      Prospek permintaan dimasa yang akan datang
Melihat begitu pesatnya perkembangan fashion hijaber pada saat ini, peluang untuk bross ini mempunyai peluang yang menjajikan. Banyak sekali permintaan akan produk-produk yang unik dan berkualitas dengan harga yang terjangkau, Dan karna ini merupakan produk handmade jadi modelnya tidak sama dengan yang beredar yang disaran, jadi ini menambah nilai plus untuk produk ini, karena beda denga yang lain.
C.    Penawaran
a.       Perkembangan penawaran saat ini
Perkembangan penawaran disektor ini, khususnya pada aksesoris hijab tersebar disemua wilayah indonesia. Mulai dari paasar, mall, toko semuanya memiliki produk yang serupa. Tetapi dengan inovasi-inovasi dan ide-ide yang kreatif dari saya, dan dengan memberikan kualitas yang bermutu dengan harga yang terjangkau BONAMANA Collection optimis untuk dapat memberikan penawaran yang terbaik dibanding dengan toko-toko yang lain yang ada diwilayah-wilayah lain khususnya di demak.
b.      Prospek penawaran dimasa yang akan datang
Mengingta adanya peluang yang cukup menjanjikan dalam usaha bisnis ini pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan bagi penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi penawaran yang inovatif untuk menarik konsumen.
D.    Analisis kelayakan pemasaran
Dalam melakukan analisis permintaan, saya menggunakan model matrik pembobotan berskala 1-5
Keterangan :
Sangat lemah   : 1
Lemah             : 2
Sedang                        : 3
Kuat                : 4
Sangat kuat      : 5
No
Item yang dinilai
Kriteria penilaian
Sangat lemah
lemah
sedang
kuat
Sangat kuat
1
SDM



ü   

2
Pesaing



ü   

3
Konsumen




ü   
4
Teknologi




ü   
5
Model / tren




ü   
6
Harga



ü   

7
Promosi



ü   

8
Mutu produk




ü   
9
Lingkungan bisnis





10
Bahan baku


ü   


11
Rencana pemasaran



ü   

12
Margin laba



ü   

13
Ketersediaan Modal



ü   

14
Pangsa pasar


ü   


Total Bobot
         0
   0
    6
  21
        20
           
            Interval = nilai tertinggi dari interval – nilai terendah interval
                                                            Jumlah kelas
                        =
                   = 0,8
1,00-1,80 = sangat tidak layal
1,81-2,60 = tidak layak
2,61-3,40 = sedang
3,41-4,20 = layak
4,21-5,00 = sangat layak
Untuk mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan rumus :
Kelayakan usaha =
                      =
                      = 3,35
Berdasarkan hasil yang diperoleh sebesar 3,35 maka usaha Bonamana dari sisi pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 3,41- 4,20.
E.     Program pemasaran
a.       Tingkat pelayanan
Kepuasan pelanggan sangat ditentukan oleh bagaimana kita memberikan pelayanan yang memenuhi harapan mereka, dengan prinsip “ costomer is the king ‘n Queen” karyawan dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik yang dapat memenuhi harapan costomer.
b.      Penetapan harga
Penetapan harga yang akan saya lakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat kesulitan pembuatan dan bahan apa saja yang dipakai. Adapun kisaran harganya yaitu mulai dari Rp.5.000 sampai ratusan ribu rupiah.
c.       Pelayan pembelian lewat online
Karna Bonamana Collection juga membuka pesanan secara online, jadi para konsumen yang tinggalnya diluar kota demak juga bisa memesan secara online dengan berkunjung di sosial media yang Bonamana buat, misalnya di FB, Twitter, web dan lainnya.
d.      Membership atau Dropship
Yaitu pembeli atau pelanggan yang melakukan pendaftaran untuk menjadi member Bonamana Colletion. Beberapa kelebihan menjadi member adalah mendapatkan diskon 10% setiap pembelian minimal 10 pcs. Dan untuk dropship akan mendapatka potongan harga setiap pembelian satu lusin model, ini menguntungkan sekali karna dapat dijual kembali oleh member. Jadi member bisa juga menjadi reseller produk kami dengan potongan harga yang ditentukan pada setiap reseller.
e.       Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang akan dilakukan adalah dengan brosur-brosur dan sejenisnya. Tapi mengingat perkembangan media sosial yang sangat pesat, saya akan menfokuskan kegiatan promosi secara on line melalui Facebook, Twitter, BBM dan WEB.
f.       Kegiatan distribusi
Untuk kegiatan distribusi saya tidak prlu kendaraan atau apapun, karna tempat pembuatannya terletak jadi satu ditoko, jadi setelah barang jadi langsung ditata ditoko ddan sisanya disimpan digudang.










BAB IV
ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI
A.    Rencana pengembangan
a.       Evaluasi lokasi
Lokasi yang saya pilih untuk mendirikan usaha ini yaitu terletak di jln. Sulatan fatah no 11 demak (depan alun-alun demak).
b.      Sarana dan prasarana
Sarana yang akan saya gunakan untuk menunjang kegiatan usaha saya adalah dengan menfaatkan barang yang ada ditoko dengan semaksimal mungkin. Karna Bonamana merupaka toko yang berskala kecil mungkin barang-barang yang bisa dimanffatkan yaitu barang-barang sederhana misalnya TV, kipas angin, meja,kursi dll.
Sedangkan untuk prasarananya saya menggunakan gedung seluas 5x10 meter.
c.       Tenaga ahli dan tenaga biasa
Tenaga ahli yang saya pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha saya adalah ibu-ibu rumah tangga atau anak muda yang memiliki keahlian dibidang menjahit atau merancang bross.
d.      Bahan-bahan utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan bisnis ini yaitu berbagai macam produk yang ada ditoko bahan matrial kain atau paied-paiaed. Dengan bahan yang berkualitas sedang sampai bahan-bahan yang berkualitas tinggi.
e.       Bangunan dan tata letak bangunan
Berkaitan dengan bangunan yang digunakan untuk usaha ini yaitu sebuah ruko yang berukuran 5x10 meter yang terletak di jln.Sulatan fatah no 11 demak (depan alun-alun demak). Bentuk bangunan dibentuk dengan 2 ruang yang terpisah yang depan untuk memajang barang-barang yang telah kami produksi, sedangkan dibagian belakang yaitu untuk tempat para karyawan bekerja membuat bross.
f.       Jadwal pelaksanaan
BONAMANA Collection akan memproduksi barang-barnang yang akan dijual dan diperkenalkan pada konsumen atau masyarakat mulai tanggal 17 juni 2015. Dan akan mulai operasional penjualannya pada saat setelah lebaran yaitu pada tanggal 27 juli 2015.
B.     Rencana pengoprasian usaha
a.       Proses operasi usaha
Proses operasi usaha meliputi rencana penjualan, rencana persediaan barang atau produk, penjadwalan pegawai dan sistem penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
b.      Kebutuhan bahan operasi
Kebutuhan bahan operasi Bonamana Collection dikelola oleh masing-masing bagian dan nantinya dikoordinasikan denga seya selaku pemilik usaha mengenai kebutuhan bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk, model produk, kualitas produk serta kegiatan pemasaran.
c.       Kegiatan perawatan mesin
Karna saya bergerak di bidang bisnis bross handmade yang semua kegiatan produksi dilakuan denga cara manual, jadi saya tidak mempunyai mesin yang memerlukan perawatan  khusu. Haya saja cukup menyimpan barang dengan baik agar tidak terkena debu dan berkarat.







BAB V
ASPEK KEUANGAN
A.    Kebutuhan dana investasi
a.       Dana aktiva tetap
No
Jenis
jumlah
harga
1
Rak
2
140.000
2
Lem tembak
5
175.000
3
Gunting
5
30.000
4
Wadah mote-mote
6
180.000
5
Jarum
1 wadah
5.000
Total
530.000

b.      Biaya produksi per bulan
Karna ini merupakan produk handmade, jadi untuk pembilian bahan bakunya dilakukan sebulan sekali dengan rincian:
Renda 80  meter                                                    700.000
Renda bunga putih                                                2 50.000
Mutiara 10 warna                                                   450.000
Pita 10 warna                                                         270.000
Peniti bross 10  pak                                                100.000
Benang 10 warna                                                     25.000
Bunga varias                                                         250.000
Mata-mata 10 pak                                                    75.000
Kain satin 12 warna                                               300.000
Kain kertas 10 meter                                              100.000
kain kaca 12 meter                                                300.000
Kain branjangwarna                                               150.000
Plastik kemasan 10 pak                                             50.000  +
    Rp. 3.020.000
c.       Biaya operasional per bulan
Biaya bahan baku              Rp. 3.020.000
Gaji karyawan                   Rp. 5.400.000
Internet dan prommosi       Rp. 100.000
Jadi total biaya operasional per bulan yaitu Rp. 8.120.000
d.      Modal kerja
Biaya aktiva tetap                         Rp.530.000
Biaya bahan baku                           Rp. 3.020.000
Gaji karyawan                               Rp. 5.400.000
Internet, listrik dan promosi          Rp.100.000
Sewa gedung 1 tahun                   Rp.6.000.000
Jadi total kebutuhan dana adalah  Rp. 14.650.000
B.     Struktur pembiayaan ( sumber dana )
a.       Modal sendiri
Modal sendiri = 14.650.000
C.    Proyeksi keuangan
a.       Proyeksi pendapatan
Ø  Pendapatan per                  Rp. 560.000
Ø  Pendapatan per bulan        Rp. 16.800.000
Ø  Pendapatan per tahun        Rp. 201.600.000
b.      Proyeksi biaya per tahun
Ø  Pengadaan barang dagang                        Rp.36.240.000
Ø  Gaji karyawan                               Rp.64.800.000
Ø  Biaya listrik                                   Rp.1.200.000
Ø  Perlengkapan kebersihan               Rp.50.000
Ø  Sewa bangunan                             Rp.6.000.000
Jumlah                                           Rp. 108.290.000
c.       Proyeksi tugi / laba
Investasi                                                    Rp.14.650.000
Pendapatan                                               Rp.201.600.000
Biaya operasional                                      Rp.108.290.000
Pajak                                                         Rp.10.080.000
Aliran kas bersih
d.      Penilaian kelayakan investasi
·         Metode payback period
Akhir tahun ke
Aliran kas masuk
Investasi awal
Sisa investasi
0
-
14.650.000
14.650.000
1
104.160.000
14.650.000
0

Jadi investasi akan kembali dalam watu kurang dari setahun atau lebih tepatnya investasi akan kembali dalam waktu sebulan.
·         Metode Average Rate of Return (ARR)
AAR = Rata-rata net cash flow / investasi
ARR = 104.160.000 / 14.600.000
ARR = 7,10
Investasi layak diterima karna nilai Average Rate of Return (ARR) nya lebih besar dari 0 atau 7,10 %









BAB Vl
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
A.    Penambahan devisa
Tidak adanya investasi dalam bisnis ini, karna saya menggunakan modal sendiri jadi bisnis ini tidak membawa dampak terhadap devisa negara. Hanya saja pendapatan pemerintah bisa meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibayarkan oleh Bonamana.
B.     Penyerapan tenaga kerja
Usaha bonamana ini memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 6 orang dan tentunya dapat memperkecil angka pengangguran di masyarakat sekitar.
C.    Dampak terhadap lingkungan masyarakat
a.       Adanya peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pada karyawan.
b.      Adanya lapangan pekerjaan baru.
D.    Dampak terhadap industri lain
Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.













BAB Vll
KESIMPULAN
A.    Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, teryata Bonamana mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan, tingkat persaingan diwilayah demak yang belum terlalu kompetetitif bahkan bisa dikatakan belum ada sebuah toko yang khusus membuat bross handmade , memberikan peluang yang baik untuk dijadikan peluang usaha.
Peluang tersebut memberikan rasa optimis terhadap saya untuk menjalankan usaha ini.
B.     Saran
Dalam menjalankan usaha bross handmade ini, yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga stabilitas produk yang kami buat, menjaga dan mengontrol kualitas dengan baik dan mencari segmen yang tepat. Penentuan lokasi juga sangat berpengaruh dalam bisnis ini.

No comments:

Post a Comment